Selalu Bersyukur Dalam Keadaan Apapun, Kunci Bahagia Menjauhkanmu dari Gelisah

Hidup memiliki lika-liku hingga tekadang membuat seseorang menjadi sering mengeluh. Hal ini seringkali membuat orang sulit bersyukur. Padahal, selalu bersyukur dalam keadaan apapun dapat membuatmu semakin menikmati hidup, bagaimanapun keadaannya. Orang dengan rasa syukur yang tinggi lebih memiliki rasa tenang dan damai dibanding orang yang sulit bersyukur. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan orang menjadi sulit bersyukur, yaitu:

1 Sering membandingkan diri dengan orang lain

Melihat kehidupan orang lain seringkali membuat iri hati. Apalagi di jaman media sosial seperti sekarang ini yang memudahkan kita untuk melihat kehidupan serta aktiitas orang lain hanya daam genggaman tangan. Padahal hal ini bisa membuat kita makin sulit untuk mensyukuri kehidupan kita sendiri lho.

Pada saat membandingkan diri dengan orang yang keadaan hidupnya lebih baik dari kita, sebaiknya kita juga membandingkan diri dengan orang yang tidak seberuntung kita. Hal yang demikian akan membuat rasa syukur menjadi tumbuh dan mendatangkan kebaikan. Eits, tetap hati-hati dengan kesombongan akibat kehidupan yang lebih baik tersebut ya.

2 Meratapi keadaan terus menerus

Hampir semua orang tahu bahwa meratapi keadaan terus-menerus sangat tidak baik untuk kesehatan mental dan jiwa. Namun pada saat-saat tertentu manusia lupa akan bahayanya sikap yanag satu ini. Meratapi keadaan terus menerus sampai lupa mengucapkan kata kata bersyukur akan membuat kamu lupa bahwa tuhan telah menyiapkan banyak hikmah dan pelajaran di dalamnya. 

3 Merasa paling menderita

Diberi cobaan memang membuat hari-hari terasa berat dan terbebani. Merasa paling menderita seringkali membuat diri menjadi sulit bersyukur. Yang lebih parahnya,  sikap ini biasanya membuat seseorang menjadi  sulit menerima nasihat meskipun nasihat tersebut adalah nasihat yang baik.

4. Merasa harus berjuang sendirian

Ketika masalah datang seolah dunia menjauh tak ada yang peduli dengan keadaanmu, padahal bisa jadi kamu yang tidak bisa terbuka menceritakan masalahmu atau mungkin kamu belum menemukan orang yang tepat untuk bercerita, cobalah untuk meminta dukungan terlebih dahulu kelingkungan terdekatmu yaitu keluarga.

Bila kamu merasa berjuang sendirian ada hal yang harus kamu ingat, posisi seperti ini sebenarnya juga dialami oleh orang lain, keadaan seperti ini dimaksudkan agar kamu lebih mandiri dan bisa bangkit sendiri. Semoga dapat menyadarkanmu pada satu kenyataan pahit bahwa dunia ini tak selalu ramah seperti apa yang kita kira, tak ada satupun yang bisa menolong kamu kecuali dirimu sendiri.

5. terlalu sering memandang kejadian secara pesimis

Apa yang kita rasakan sekarang sebenarnya juga bergantung bagaimana cara pandang kita terhadap suatu kejadian, jika memandang kesulitan hidup hanya sebagai penghambatmu untuk bahagia tanpa mengambil pelajaran apa-apa maka kamu tidak akan berkembang dan tidak bisa melihat sisi baik dari keadaan tersebut. Kamu hanya sibuk mengutuk takdir tanpa bisa mengerti hal apa yang bisa kamu syukuri.

Tips dan cara menjadi orang yang selalu bersyukur dalam keadaan apapun

Selalu melihat sisi positif dari setiap kejadian

Memiliki ujian yang berat bukan berarti akhir dari segalanya. Sebab, dalam hidup ini bukan hanya ada cobaan, melainkan hal lain yang tetap bisa disyukuri. Misalnya, seseorang yang sedang diberi ujian dari sisi finansial hingga bangkrut dan jath miskin. Namun disaat itu sang keluarga tetap mendukung dan menyemangatinya. Pasti suasana hati dan otak kacau karena merasa meyesal dan tak berdaya. Padahal masih ada yang bisa disyukurinya yaitu memiliki keluarga yang mendukung dan ada di keadaan apapun.

Jika dilihat lebih dekat, banyak yang tidak seberuntung orang tersebut. Banyak yang ditinggal keluarganya karena masalah ekonomi. Ada istri yang memilih pergi dengan laki-laki lain, orang tua yang terus mencecar hingga menjadi beban, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, sebesar apapun masalah yang sedang kamu hadapi yakinlah bahwa tuhan punya rencana yang luar biasa baiknya. Ingatlah bahwa tuhan tak pernah salah atas semua rencana dan keputusan-Nya.  Yakinlah bahwa dengan mensyukuri pemberian-Nya dapat membuat tuhan semakin dekat dan semakin mengabulkan segala keingianmu.

Mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri memang terlihat mudah. Namun nyatanya kita sering iri kepada orang lain. Baik dari fisik yang selalu merasa kurang, pencapaian yang terasa belum maksimal, hingga takdir yang pada dasarnya tidak dapat diubah.

Bicara fisik, setiap manusia memiliki bentuk fisik impian. Mulai dari warna kulit, jenis rambut, beat badan, hingga hal yang spesifik seperti jenis kulit dan ukuran mata. Beberapa memang bisa diperbaiki dengan perawatan alami, bahan kimia, perawatan dokter hingga operasi. Sebagian berhasil mencapai bentuk fisik imiannya, sebagiannya lagi kecewa hingga ada yang merasa frustasi karena menjadi bahan ejekan di kelas.

Mencintai diri sendiri peru dilatih dengan cara tidak membandingkan diri dengan orang lain. Cukuplah bandingkan pencapaian hari ini dan kemarin, jika belum ada progres yang berarti, kamu bisa membandingkannya dua hingga tiga hari yang akan datang. Sebab, jika kamu saja gagal untuk mencintai diri sendiri, siapa lagi orang yang rela mencintai dirimu dengan penuh kesungguhan?

Menutup telinga dari pendapat negatif

Rendahnya pencapaian hidup seperti karir dan asmara juga seriingkali mengganggu pikiran dan membuat diri menjadi lupa akan bersyukur. Apalagi jika suka mendengar pendapat orang lain yang tidak sejalan dengan apa yang kamu lakukan, biasanya pikiran kacau dan hari-hari menjadi berantakan.

Bukankah kamu tenang-tenang saja jika melakukannya tanpa mendengar omongan mereka? Bukankah omongan mereka takkan ada habisnya sekalipun kamu terlihat baik dan punya segalanya? Jika iya, sudah pasti mendengar pendapat negatif dari mereka adalah hal yang sia-sia. Yuk tutup telinga dan mulailah mencintai diri sendiri dengan penuh rasa syukur.

Ingat pencapaian yang sudah kamu raih

Memang sudah menjadi sifat dasar manusia yang selalu merasa kurang, tapi pernahkah kamu meluangkan waktu sejenak untuk berpikir apa saja yang sudah kamu capai selama ini?

Jika kamu merasa kamu tidak pernah mendapat prestasi apapun selama hidup untuk dikenang, sebenarnya mengingat pencapaian tidak selalu untuk sesuatu yang besar, ambilah hal kecil sederhana yang sudah kamu lakukan sebagai penghibur hatimu, kamu sudah diberikan nikmat hidup dan kamu dapat bertahan sejauh ini juga sudah cukup, bersyukurlah dan ucapkan terima kasih untuk dirimu sendiri karna sudah berjuang.

Berbagi kebahagiaan

Jika kamu sudah menemukan apa yang membuatmu bahagia cobalah bagikan kebahagiaan itu dengan orang lain, ajak orang lain turut merasakan apa yang kamu rasakan. Berbagi tak selalu harus berupa uang, kamu bisa meneraktir makanan kesukaanmu, berbagi ilmu atau apapun yang dapat membuat orang lain tertolong dengan kebahagian yang kamu bagi.