Relationship

Pamer Kemesraan di Medsos Belum Tentu Bahagia, Ini Alasan Kuat Kamu Gak Perlu Lakukan Hal yang Sama

pasangan-langgeng

Jengkel melihat temanmu sering mengunggah foto kemesraan dengan pacarnya di media sosial? Mungkin saat ini dia sedang merasakan indahnya romansa cinta, dunia serasa milik berdua sehingga tidak tahan untuk “pamer” kebahagiaan pada orang banyak lewat akun media sosial miliknya.

Tapi benarkah momen bahagia yang selalu mereka posting benar-benar menujukan kebahagiaan?  Faktanya menurut penelitian justru pasangan yang jarang atau tidak pernah posting status di media sosial lebih bahagia daripada mereka yang sering.

Fakta ini diungkap oleh salah satu media di Amerika mengungkapkan, pasangan bahagia umumnya akan menahan diri untuk mempublikasikan apapun tentang hubungan mereka di media sosial. Kenapa? Karena mereka akan fokus pada hubungan yang sedang dijalaninya dan melakukan yang terbaik untuk kepentingan bersama, mereka tidak butuh pengakuan dari orang lain tentang hubungan yang sedang dijalani saat ini.

WAKTU TERLALU SEDIKIT JIKA DIGUNAKAN HANYA UNTUK POSTING KEMESRAAN DI SOSIAL MEDIA, SEDANGKAN KAMU MASIH BUTUH WAKTU YANG BANYAK UNTUK TERUS MEMBAHAGIAKANNYA

Jika kamu benar-benar serius mencintainya, kamu hanya akan fokus bagaimana terus membuat pasangan yang kamu cintai measa bahagia secara nyata. Kamu akan sibuk mencari cara agar bisa tetap bersama dan selalu bahagia.

Bayangkan, jika waktu yang hanya sedikit ini kamu pakai untuk update status –yang-sebenanrnya-gak-penting-amat- harus terbuang percuma hanya karena kamu ingin dapat pengakuan dari orang lain terkait kebahagiaan yang kamu rasakan sekarang. Padahal tiap 1 menit yang kamu pakai untuk main media sosial bisa kamu manfaatkan untuk lebih memahami pasangan. Memahami pasangan, mengenal karakternya lebih dalam jauh lebih penting sehingga kamu tahu cara untuk membuatnya bahagia saat berada disampingmu.

ORANG YANG JARANG MENGECEK MEDIA SOSIAL YANG DIMILIKINYA LEBIH BAHAGIA

Sebuah riset yang dilakukan oleh Denmark Happiness Research Institute mengungkapkan orang-orang yang tidak memakai Facebook selama seminggu mengalami peningkatan kepuasan dalam hidupnya. Orang-orang yang jarang menggunakan media sosial ini menjadi lebih banyak bertemu banyak orang dan bersosialisasi dengan orang lain di dunia nyata dan merasa lebih hidup.

Sebaliknya, dari penelitian ini orang-orang yang sering menggunakan Facebook akan lebih mudah merasa marah, depresi, dan kekhawatiran. Perasaan buruk ini akan berpengaruh buruk terhadap hubungan spesial yang sedang kalian dijalani.

PASANGAN YANG BENAR BAHAGIA TIDAK PERLU PENGAKUAN ORANG LAIN, MEREKA AKAN BAHAGIA KETIKA SUDAH BISA MENGISI SATU SAMA LAIN

Hubungan yang kalian jalani saat ini menjadi urusan kalian berdua. Kalian berdualah yang menrasakan suka-duka hidup bersama.

Ketika kalin mem-posting momen kebersamaan kalian di Facebook, Instagram, atau Path mungkin sebagian teman akan menyukainya, namun sebagian besar lainnya tidak peduli. Setengah atau mungkin hanya ¼ bagian saja di Facebook yang merupakan teman atau orang yang kamu benar-benar kenal, sisanya adalah orang lain yang bahkan kalian tidak pernah temui. Lalu mengapa masih mau berbagi kebahagiaan dengan orang yang bahkan kamu tidak ketahui ada wujudnya atau enggak?

KEBAHAGIAAN SEJATI DIPEROLEH DARI KEBERSAMAAN ATAU KOMITMEN YANG DIJALIN, TIDAK PERLU KOMENTAR ORANG LAIN UNTUK BISA MERASAKAN HAL ITU

Kebanyakan orang mem-posting sesuatu di akun media sosial miliknya, pasti ingin sekali mendapatkan komentar atau minimal satu like. Jika tidak yang komentar atau like, hampir dipastikan orang tersebut akan mengalami depresi karena  terlalu sering mengandalkan pendapat orang lain untuk diakui. Satu komentar atau like yang didapatkan berpengaruh besar terhadap psikologi seseorang yang sudah kecanduan media sosial.

Ini pun berlaku pada pasangan yang sering mengumbar kemesraan di media sosial, ketika mereka meng-upload foto berdua tentunya yang mereka harapkan ada orang lain yang like atau komentar sebagai tanda bahwa ada orang lain yang peduli akan kebahagiaan yang sedang dirasakan.

Padahal, tidak perlu adanya kegiatan pamer kemesraan di media sosial pun seseorang bisa bahagia jika fokus pada kebersamaan atau komitmen yang sedang dijalin bersama orang yang dicinta.

Tengok saja, orang tua kita di zaman dahulu, mereka tetap bahagia dan langgeng sampai sekarang meskipun di masa muda mereka tidak ada Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan medsos lainnya.

PASANGAN YANG JARANG MUNCUL DI MEDIA SOSIAL HUBUNGANNYA LEBIH SEHAT

Sungguh, menjalin hubungan secara offline dan meningkatkan intensitas keintiman di dunia nyata jauh lebih penting daripada terus-menerus muncul ke hadapan publik di dunia maya. Ketika kamu dan  kekasih lebih rutin melakukan kedekatan secara offline justru hubungan jauh lebih sehat.

Sadarkah kamu, jika terlalu sering meng-upload foto berdua dengan pacar di medsos, banyak orang yang tiba-tiba ingin kepo tentang kehidupan kalian berdua. Setiap momen, tak pernah mereka ingin leawtkan karena kamu menyuguhkan hubunganmu untuk menjadi konsumsi publik. Begitu pun ketika ada masalah dengan pacar lalu kamu meng-update kejadian tersebut di akun medsos kamu. Pasti banyak orang yang bertanya-tanya, “Kenapa ya?”, “Kok bisa?”, dan sebagainya.

Ketika ada masalah terjadi dalam hubungan percintaan, pasangan yang jarang mengumbar kemesraan di medsos tidak merasa perlu ‘curhat’ pada orang banyak lewat akun sosial miliknya. Mereka akan mencoba menyelesaikan konflik secara pribadi tanpa perlu orang lain tahu.


Relationship

Kata Pujian Untuk Suami Tercinta, Membuat Suami Makin Sayang Istri

kata pujian untuk suami tersayang

Memuji kebaikan suami bukanlah hal yang sulit dilakukan. Meskipun demikian, banyak istri yang masih bingung bagaimana cara mengungkapkannya. Sebagian berkilah bahwa suaminya tidak perlu kalimat pujian karena sudah merasa dicintai oleh pasangannya “tak perlu kata-kata yang penting tindakan” begitulah bunyi kalimat orang yang menganggap bahwa kata-kata itu tidak begitu penting . Padahal, kalimat pujian dapat membuat suami lebih merasa berharga dari sebelumnya. Jika kamu belum pernah melakukannya, cobalah sesekali lontarkan kata pujian untuk suami tercinta yang membuat suami makin sayang.

kalimat pujian untuk suami

Mengucapkan terima kasih atas hal-hal yang telah dilakukannya

Jika ditelaah kembali, pengorbanan seorang suami terhadap istri dan keluarganya merupakan hal yang luar biasa. Bukan tidak berterima kasih, hanya saja istri terkadang lupa mengucapkan rasa terima kasih atas semua pengorbanan dan kerelaan tersebut.

Cobalah memulai kata pujian dari kejadian yang paling sederhana, seperti:

“Wah, suamiku baik sekali sudah bantu rapikan tempat tidur kita pagi ini”

“Terima kasih ya mas sudah rela lembur hingga larut malam begini, ini teh hangatnya”

“Kok kamu tahu aku lagi ingin makan ice cream? Pengertian sekali suamiku”

Memuji penampilan suami juga perlu lho

Biasanya, wanita senang dipuji hingga ia lupa bahwa suaminya juga senang dipuji. Meskipun terkesan gombal, namun ternyata pria juga memiliki rasa senang yang terpendam saat dipuji oleh orang yang ia cintai. 

Terutama jika sang suami memiliki rasa kurang percaya diri. Sebagai seorang istri, kamu bias membantu meningkatkan rasa kepercayaandirinya dengan memberikan saran dan memuji tentang apa yang ia kenakan di setiap harinya. Sebagian pria akan tetap konsisten atau bahkan meningkatkan style agar terlihat makin keren dihadapan istrinya. Kalau sudah begini, istri juga makin kesemsem bukan? Cobalah dengan menggunakan kalimat seperti:

“Kamu cocok sekali pakai topi itu”

“Aku suka kamu menggunakan parfum ini”

“Style-mu hari ini oke banget lho, warnanya matching dan cocok dengan kulitmu. Jadi makin ganteng”

“Nggak salah aku pilih suami, udah ganteng baik pula”

Mengirim kalimat romantic saat sedang berjauhan

kata kata bersyukur memilikimu

Saat LDM (Long distance marriage) melanda, bukan berarti istri berhenti memuji suami. Mengirimkan kalimat-kalimat romantis bisa membuat sang suami makin rindu dan tidak ingin berlama-lama berjauhan dengan sang istri. Kamu bias memuji suami melalui pesan teks atau menelponnya langsung dan mengatakan:

“Ternyata tidak enak ya jauh dari kamu terlalu lama, kamu kapan pulang? Aku rindu”

“Kamu sedang apa? Aku rindu sekali, belakangan ini aku tidak melihat pria tampan”

“Jangan lupa sarapan agar magh mu tidak kambuh. Kita sedang jauh, sayang”

kata kata bersyukur punya suami sepertimu

kalimat pujian untuk suami

Menunjukkan rasa syukur saat sedang berdekatan dengan suami akan membuat suami lebih merasa dicintai. Kata kata Bersyukur atas kebahagiaan selama hidup bersamanya dan hal-hal yang berhasil dilalui dengan penuh kesabaran dan rasa cinta. Contohnya seperti:

“Aku berterima kasih kepada tuhan karena telah memilihmu untukku, aku ingin mengatakannya kepada semua orang yang mengenalku dan kamu”

Kata Pujian Untuk Suami Tercinta

“Terima kasih atas kesabarannya selama ini, terima kasih sudah mendidikku menjadi istri yang tidak hanya diharapkan oleh suami, tapi juga diridhoi Tuhan”

“Semoga Allah terus menumbuhkan rasa cinta kita tanpa batas dan menjadikanku istri yang layak bagimu hingga hitungan usia telah kandas”

“Terima kasih sudah menjadi penenang dikala suasana hati ambyar berantakan, Allah sangat baik memberiku suami sepenyayang kamu.”

“Ternyata benar, kamu yang selama ini aku butuhkan untuk menghadapi dunia yang tidak lagi bersahabat.”

“Saat nanti aku mati, aku tak mau kamu menikah lagi. Tapi rasa cinta ini membuatku tak ingin melihat kamu merana dan kesepian tanpa seorang pendamping.”

“Kamu adalah pria yang paling membuat ku jatuh hati di setiap tingkah laku, raut wajah dan tutur kata. Kamu memesona.”

Jangan malu untuk mencoba mengungkapkan hal yang indah di depan mata

Menunjukkan rasa senang dan bangga juga wujud dari pujian untuk suami yang akan membuat suami merasa lebih berharga dan digambarkan oleh istrinya. Mungkin sebagian istri gengsi memuji suaminya, namun hal ini akan hilang seiring pembiasaan yang dilakukan.

Cobalah mulai dari hal-hal yang sederhana. Hal-hal yang akan membuatnya merasa melakukan sesuatu yang luar biasa. Jangan lupa tetap pastikan tersisip rasa cinta dan syukur di setiap kata-kata di dalam kalimatnya.


Spirituality

25+ Kata-kata Bersyukur yang Membuat Hari-harimu Bersemangat

kata kata bersyukur

Salah satu nasihat baik yang sering kita dengarkan adalah bersyukur. Kata syukur sering diucapkan orang-orang untuk mengingatkan orang lain maupun menenangkan diri sendiri. Rasa iri, dengki, merasa selalu kekurangan dapat membuat kita lepas kendali. Dengan syukur, kita dapat mengendalikan penyakit hati tersebut dan menerima segala keadaan yang ada pada diri kita.

Namun, mengucap kata syukur  tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang, keserakahan dan keegoisan untuk memenuhi hasrat duniawi lebih diutamakan. Padahal, sebagai manusia kita tidak boleh lupa bahwa semua hal duniawi yang kita incar hanyalah titipan. Apa yang telah Tuhan berikan kepada kita, patut kita syukuri sebagai tanda kasih sayang-Nya kepada makhluknya.

Kumpulan kata bijak Bersyukur

Mengungkapkan rasa syukur melalui kata-kata sudah semestinya dilakukan seorang hamba kepada sang pencipta. Penting pula bagi kita untuk menanamkan kata-kata syukur di hati kita sebagai pengingat dikala rasa angkuh, sombong, serakah, dan penyakit hati lainnya mulai menyerang. 

Selain sebagai pengingat diri, kata-kata bersyukur juga dapat kita gunakan untuk mengingatkan orang-orang tercinta di sekitar kita.

Berikut quote atau kumpulan kata-kata bersyukur kepadasang maha pencipta atas nikmatnya yang telah diberikan kepada kita :

Bahagia dengan Bersyukur

“Kebahagiaan tidak menghampiri mereka yang memiliki segalanya. Namun, kebahagiaan akan menghampiri mereka yang terus bersyukur atas nikmat-Nya.”

“Kamu tidak akan menemukan kebahagiaan jika terus menuntut kesempurnaan. Syukuri apa yang kamu miliki, maka di sana akan kau temukan kebahagiaan.”

“Bersyukurlah saat sukses maupun gagal. Sesungguhnya kekayaan dan kebahagiaan sejati ada dalam diri seseorang yang bersyukur.”

“Bahagia tidak ditandai dengan apa yang terlihat di sosial media. Bahagia ada di dalam hatimu, tentang seberapa besar syukur yang hatimu rasakan.”

“Bersyukurlah bagaimanapun keadaanmu saat ini. Kebahagiaan dimulai dari rasa syukur yang selalu dipanjatkan.”

“Bahagialah secukupnya, Sedih seperlunya, mencintai sewajarnya, membenci sekadarnya, dan bersyukurlah sebanyak-banyaknya.”

“Bahagia itu sederhana. Sesederhana senyum dan syukur yang kita panjatkan atas apa yang telah kita miliki.”

“Orang yang paling bahagia adalah orang yang dapat selalu bersyukur, bahkan dalam kondisi terburuk.”

“Seluruh alam semesta takkan mencukupi hasrat orang serakah. Namun, jika kamu bersyukur, kamu akan merasa sangat cukup dengan apa yang kamu miliki saat ini.”

Bersyukur dan Berprasagka Baik dengan Tuhan

“Kita akan terus merasa kurang. Maka, jangan terus meminta penambahan nikmat, mintalah kelapangan hati agar merasa cukup dengan nikmat yang telah diberikan.”

“Segala yang Tuhan berikan pasti selalu untuk yang terbaik bagi diri kita. Tuhan maha tau. Maka dari itu, bersyukurlah atas apa yang Dia berikan.”

“Percayalah, apa yang diberikan Tuhan adalah yang terbaik. Tugas kita hanyalah bersyukur dan menjaga nikmat yang Tuhan berikan.”

“Jika Kamu mampu bersyukur atas nikmat yang tuhan berikan. Maka Tuhan akan menambah nikmat-Nya kepadamu.”

“Sejak kita membuka mata di pagi hari ada ribuan nikmat yang telah kita dapatkan dari sang pencipta, namun sering kita lupakan. Mari bersyukur.”

“Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik di hari ini, esok, atau lusa nanti. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Kita hanya perlu bersyukur dan percaya.”

Jangan Iri Atas Pencapaian Orang Lain

“Tak perlu iri atas keberhasilan orang lain. Teruslah menjadi orang yang bersyukur. Percayalah, Tuhan telah mempersiapkan keberhasilan untukmu juga.”

“Semua punya waktunya masing-masing. Jika orang lain terlihat sukses, mungkin ini memang masanya. Kamu juga akan memiliki masamu sendiri.”

“Lihatlah orang orang yang keadaannya berada di bawahmu. Berbagi dengan mereka adalah salah satu cara terbaik untuk bersyukur atas nikmat-Nya.”

“Saat penyakit hati menyerangmu, berhentilah melihat ke atas. Coba lihat ke bawah, di sana kita akan merasakan arti syukur yang sesungguhnya.”

“Harta dan ilmu tidak akan berarti jika hanya dinikmati sendiri. Mari berbagi, itu adalah cara bersyukur yang paling tinggi.”

Tetap Bersyukur Meskipun Menghadapi Masalah Berat

“Ketika hati dipenuhi rasa kekecewaan, bersyukurlah. Masih banyak hal dalam hidupmu yang membuatmu bahagia. Jangan biarkan setitik kekecewaan membuatmu  terjatuh.”

“Saat diri merasa kehidupan sangat berat, sudahkah kita bersyukur atas oksigen yang kita hirup? Atau udara dan mentari pagi yang menghangatkan tubuh kita? Lihatlah ke bawah, banyak yang kehidupannya lebih berat darimu.”

“Terkadang, kamu perlu untuk berhenti sejenak, meiihat kebelakang, lalu bersyukur.

Masalahmu memang berat, tapi rasa syukurmu bisa lebih kuat.”

“Kamu hanya hidup sekali. Maka, syukurilah perjalanan hidupmu yang singkat ini.”

“Hidup adalah belajar. Belajar bersyukur meski tak cukup. Belajar ikhlas meski tak rela, taat meski berat, dan belajar memahami meski tak sehati.”

“Jangan menunggu merasa bahagia baru bersyukur. Bersyukurlah, maka kamu akan bahagia.

Jangan terus memikirkan apa yang hilang dari hidupmu, lebih baik bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini.”

“Tidak ada penderitaan yang abadi. Yang ada hanya rasa syukur yang sering dilupakan.”

Manfaat Bersyukur

Kenyataannya bersyukur masih menjadi pelajaran yang sulit bagi sebagian orang meskipun penerapannya untuk hal yang paling mudah sekalipun yaitu dengan mengucapkan kalimat yang tertulis diatas misalnya. padahal jika kita dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari akan banyak manfaat baik yang di dapat.

berikut ini sederatan manfaat yang akan kamu dapat jika pandai bersyukur :

Perasaan menjadi lebih nyaman

Energi positif bisa dengan mudah mengalir di tubuh kita jika kita pandai mensyukuri nikmat, pikiran menjadi lebih terbuka untuk melihat hal-hal yang sudah kita miliki yang ternyata tak semua orang bisa mendapatkan hal tersebut. tentu ini akan membuatmu jauh dari perasaan gelisah yang selalu merasa kurang dengan apa yang sudah Tuhan beri

Terbentuknya pola pikir sehat untuk mencapai kesuksesan

Tanpa kita sadari perasaan yang dihasilkan dari rasa bersyukur membentuk mentalmu menjadi mental juara, yang tak mudah menyerah ketika gagal, mampu bersaing dengan cara-cara yang sehat, dan dianugerahi pikiran yang jernih untuk mengambil setiap keputusan karena kamu menyadari apapun hasil dari apa yang kamu usahakan tak lepas dari campur tangan yang di Atas, segala kejadian yang menimpamu pasti tak asal terjadi, ada tujuan dan pesan yang ingin di sampaikan oleh Tuhan.

Menjauhkan kita dari resiko penyakit degeratif

Pada sebuah riset ilmiah dari American Journal Of Cardiology tahun 1995 memaparkan bahwa orang yang terbiasa dengan aliran energi positif baik secara pikiran maupun emosi maka organ tubuhnya akan terus berfungsi dengan baik, jadi rasa syukur juga punya peran penting terhadap kondisi kesehatanmu.

Terhindar dari penyakit hati

Penyakit hati seperti sombong, iri dan dengki bisa bersarang dihatimu jika kamu terus menerus membandingkan kebahagian orang lain dengan kebahagiaanmu sendiri, dengan bersyukur kamu jadi lebih fokus untuk menciptakan kebahagianmu dibanding terus menerus berkeluh kesah tanpa merubah apa-apa.

Baca juga : Kata Pujian Untuk Suami Tercinta

Nikmat hidup akan bertambah

Seperti janji Tuhan yang akan menambahkan nikmat bagi hambanya yang selalu bersyukur atas setiap keadaan, sudah seharusnya memanjatkan syukur tak bisa kamu lepaskan dari hidupmu jika kamu ingin menjalani hidup dengan lebih baik lagi kedepanya.


Business

Alasan Mengapa Temanmu Sulit Sekali Membayar Hutang Kepadamu

membayar hutang

Berhutang sepertinya sudah jadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Mulai dari orang biasa. pembisnis, hingga artis sekalipun. Pasti pernah mengalami yang namanya berhutang.

Entah berhutang untuk kehidupan sehari-hari, bisnis, cicilan hingga keadaan darurat yang tidak disangka-sangka. Berhutang memang jadi cara tercepat untuk mendapatkan dana segar dalam waktu yang singkat. Namun yang hal yang menyebalkan dari pinjam meminjam uang ini adalah ada kemungkinan uang yang telah kita pinjamkan ke orang lain tak sepenuhnya balik bahkan tak dibayarkan sama sekali.

Awalnya dia datang memelas, menyebutkan sejumlah angka yang dia butuh sambil meyakinkan jika sudah waktunya bayar akan dia lunasi, tapi ternyata tak sedikit juga yang ingkar janji, berbelit menjelaskan dia tidak bisa bayar hari ini atau besok pasti saya bayar dan tiba-tiba menghilang. sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan mereka enggan mengembalikan uangmu.

Memang Tidak Memiliki Niat Untuk Membayar

Salah satu hal yang membuat hutang tidak pernah terbayarkan adalah tidak adanya niat untuk membayar hutang itu.

Karena hal awal yang memudahkan seseorang untuk membayar hutang adalah ‘niat’yang kuat untuk membayar. Jika niatnya saja sama sekali tidak ada bagaimana hutang akan bisa lunas.

Jika seseorang memiliki hutang dan kemudian  berjanji memprioritaskan hutang tersebut diatas kebutuhan yang lain.

Maka sedikit demi sedikit dia pasti akan mampu membayar hutangnya, Karena saat niat ada . Secara alam bawah sadar keinginan untuk mencicil pun pasti ada. Dan sedikit demi sedikit hutang pun akan lunas cepat atau lambat.

Tidak Memiliki Cukup Uang Untuk Membayar

Hal yang satu ini sudah sangat jelas. Selain niat. Kesulitan yang membuat seseorang dalam membayar hutang adalah karena tidak adanya uang yang cukup untuk disisihkan untuk membayar hutang tersebut.

Tapi tidak adanya uang bukan jadi alasan tepat jika masih bisa menabung untuk membayar hutang meski pelan dan lambat, atau setidaknya ada komunikasi yang baik sehingga bisa meminta dimaklumi bukan malah hilang tiba-tiba

Beban Hutang Lebih Besar Dari Pendapatannya

Kesulitan nyata lainnya seseorang sulit membayar hutang adalah hutangnya lebih besar dari pendapatan yang dia miliki. Sehingga proses pengembalian hutang jadi sulit dan tersendat-sendat.

Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan kemampuan pendapatan saat akan berhutang agar tidak mengalami kesulitan dalam pengembaliannya nanti. Meski sedang membutuhkan dana yang besar selalu ukur kemampuan pendapatan yang kamu miliki agar tidak terlalu berat nantinya.

Merasa Hutang Itu Bukan Tanggung Jawabnya

Banyak orang yang senang berhutang tanpa pernah berpikir panjang, dan banyak pula yang tidak menganggap bahwa hutang adalah sebuah beban yang harus di selesaikan. Bahkan beberapa orang terang-terangan meminjam uang untuk kebutuhan yang tidak benar-benar mereka perlukan, tapi tidak merasa bahwa mereka memiliki beban berat yang harus segera di selesaikan. Perasaan tanpa beban ini lah yang sering membuat orang jadi lupa diri meski memiliki banyak kewajiban.

Untuk itu bagi kamu yang ingin meminjamkan uang, lihatlah dulu bagaimana gaya hidupnya, apakah orang itu cukup bertanggung jawab dan dapat di percaya?

Dia Merasa Kamu Adalah Temannya Yang Selalu Memberi Pengertian

Namanya teman baik mungkin kita merasa ingin menolongnya ketika dia sedang kesusahan, tapi sayangnya kebaikan ini sering disalah artikan oleh teman yang suka berhutang. Mereka berpikir hanya karena kita berteman menunda untuk membayar kewajiban hutang bukanlah masalah besar, padahal nyatanya mereka tak mengerti seberapa butuhnya kita terhadap uang yang dipinjamnya ketika waktu peminjaman sudah jatuh tempo. Memberi pengertian terhadap teman kita memang baik tapi bagaimapun juga tetap ada batasnya.

Tidak Berusaha Menyimpan Uang Untuk Mencicil

Kesulitan terakhir orang yang sulit mengembalikan hutang adalah tidak adanya inisistif sama sekali untuk mencicil. Meski dengan hanya menyimpan sedikit uang yang nantinya dibayarkan pelan-pelan.

Meski hanya sedikit, menyisihkan uang untuk membayar hutang adalah sebuah keharusan. Karena dari nominal yang sedikit itulah nantinya akan terkumpul dan jadi lebih banyak saat waktu pengembalian.

Jadikan kebiasaan menyisihkan uang meski sedikit. Karena ini akan membantu melunasi hutang-hutang meski dalam waktu yang cukup lama.

Meski mengembalikan uang yang dipinjam memang sulit. Tapi bukan berarti tidak mungkin bukan, Karena hutang adalah kewajiban yang harus segera diselesaikan. Dibutuhkan komitmen yang kuat agar bisa melunasinya walau dengan jumlah yang kecil dan juga waktu yang lama.

MOST SHARE

To Top