Deprecated: comments_popup_script is deprecated since version 4.5.0 with no alternative available. in /home/tatajiwa/public_html/wp-includes/functions.php on line 4869
Inspiration

Meski Cengeng, Ini 6 Bukti Bahwa Hatimu Setegar Karang

Kamu tidak akan pernah tahu kekuatan dirimu sebelum kamu dihadapkan pada sebuah cobaan kehidupan. Ujian dalam hidup  membuat hidup kita lebih kuat, sayangnya kita tak pernah menyadari kekuatan kita sampai kita berhasil melewati sebuah ujian.

Walaupun kamu sering menangis ketika ada masalah menimpamu. Tapi sebenarnya kamu adalah orang yang kuat dan tegar, setegar karang di lautan. Ini buktinya!

TAK PERNAH BERHENTI MELANGKAH MESKI BANYAK MASALAH

Begitu banyak masalah yang datang menimpamu. Kamu harus menyelesaikannya satu persatu hingga kamu tidak sadar waktu dan energimu telah terkuras untuk menyelesaikan segala persoalan hidup. Stres, pasti kamu rasakan. Lelah sudah tentu. Meski begitu, kamu tidak pernah berhenti melangkah. Tubuh dan hatimu tidak kenal kata menyerah meskipun masalah itu datang silih berganti.

Ketika lelah, kamu memilih untuk berhenti sejenak, agar kamu tetap memiliki tenaga untuk menyelesaikan masalah yang ada sampai tuntas hingga ke akarnya. Ketika merasakan stres, kamu menenangkan diri dengan cara berdiam diri sejenak atau melakukan yoga. Semua cara kamu lakukan agar masalah yang ada terselesaikan dengan baik. Segala cara kamu lakukan agar ‘menyerah’ bukanlah suatu pilihan.

HUBUNGAN DENGAN ORANG TERDEKAT MASIH TERJAGA DENGAN BAIK

Saat dihadapkan pada sebuah masalah yang berat, seseorang biasanya akan cenderung mengasingkan diri dari banyak orang. Hal ini dilakukan karena ia berpikir bahwa menyelesaikan masalah tanpa melibatkan orang lain adalah cara terbaik. Tapi berbeda denganmu, meskipun kamu sedang banyak masalah, hubunganmu dengan orang-orang terdekat masih berjalan dengan baik. Kamu adalah orang yang tegar karena masih bisa bertemu, saling menyapa, bahkan saling bersenda gurau dengan teman-teman atau anggota keluargamu seakan tidak ada masalah yang terjadi di dalam hidupmu.

Sikapmu yang seperti ini menunjukan bahwa orang-orang di sekitarmu sangat penting. Ini menandakan bahwa mereka sangat penting, kamu tidak akan meninggalkannya meski ujian yang kamu hadapi saat ini sedang berat.

TIDAK TAKUT JUJUR PADA DIRI SENDIRI

Saat kamu merasa tidak lagi mampu menyelesaikan masalahmu sendiri, kamu akan jujur mengakuinya. Kamu tidak bersikap pura-pura sok kuat di depan orang lain. Kamu berani jujur pada diri sendiri maupun orang lain. Ketika kamu sudah tidak kuat, kamu berani datang pada orang lain untuk membantumu. Dengan begitu, kamu tidak tersiksa dan terpuruk seorang diri.

Meminta bantuan bukan berarti lemah, terkadang ada saja masalah yang tidak bisa kita selesaikan sendiri sehingga butuh bantuan orang lain.

Jujur pada diri sendiri merupakan cara yang baik untuk menolong diri sendiri untuk lepas dari masalah yang menyiksa. Jika kamu terus berpura-pura bisa menyelesaikan semuanya sendirian, bisa dipastikan kamu akan terpuruk dalam kesedihan yang dalam.

TETAP BISA MEMBAGI WAKTU DENGAN BAIK, BAIK URUSAN PRIBADI MAUPUN NON PRIBADI

Meski rasanya masalah yang kamu hadapi  saat ini ingin membuatmu menangis dan mengurung diri seharian. Tapi, kamu masih bisa mengatur semuanya dengan baik. Masalah tidak lantas membuatmu terpuruk dan berantakan. Kamu masih masih bisa membagi waktu dengan teliti, baik itu untuk dirimu sendiri, keluarga, atau teman-temanmu. Banyak  masalah tidak lantas membuatmu jadi pribadi yang anti-sosial. Kamu masih senang berbaur dengan orang sekitar meskipun waktunya hanya sebentar.

Masalah bukan jadi alasan untuk menghalangimu terus berkembang. Justru masalah ada untuk membuatmu lebih matang dalam menjalani kehidupan. Ketikakamu bisa membagi waktu dengan baik, kamu akan bersedia mendengarkan curhatan temanmu seharian ketika mereka memintanya, meskipun kamu sendiri sedang ada dalam masalah.

MESKIPUN SULIT MENGHADAPI MASALAH YANG DATANG MENIMPAMU, TAPI  KAMU MASIH BISA MENGHORMATI ORANG LAIN

Tidak ada masalah yang menyulut emosi. Sebagai manusia biasa, kita sering kali terperangkap dalam emosi. Padahal emosi tidak akan pernah menyelesaikan masalah apapun. Tapi kamu tidaklah demikian, meski sedang terperangkap dalam masalah, kamu masih bisa mengendalikan emosi yang ada di dalam diri kamu. Orang lain masih bisa kamu hormati seperti kamu menghormati diri sendiri.

Kenapa mengendalikan emosi ini sangat penting? Karena saat kita emosi, biasanya kita hanya sibuk memikirkan diri sendiri. Ketika manusia sudah mulai egois, dia tidak akan memikirkan orang-orang di sekitarnya dan akan bertindak sesuka hati. Itulah mengapa, kamu termasuk orang yang tegar dan kuat ketika bisa mengendalikan emosi di tengah masalah yang menimpa duniamu.

SELALU BERSIKAP OPTIMIS BAHWA SETIAP MASALAH ADA JALAN KELUARNYA

Orang yang terkena masalah biasanya akan selalu berpikir negatif terhadap keadaan di sekelilingnya. Ia hanya bisa mengeluh dan terus mengeluh pada saat masalah datang menghampiri. Dia berharap masalah akan terselesaikan dengan sendirinya melauli keluhan.

Ketika kamu bisa menunjukan diri jadi orang yang selalu positif walaupun sedang diterpa banyak masalah. Itu artinya kamu adalah orang yang kuat. Kamu yakin bahwa setiap masalah yang kamu hadapi ada  jalan keluarnya. Manusia dilengkapi dengan akal, tinggal bagaimana caramu memanfaatkan akal yang sudah diberikan oleh Tuhan untukmu dalam menemukan pemecahan masalah tersebut.

MOST SHARE

To Top