Merasa Lelah Didera Rutininas Setiap Hari, Mungkin Kita Sedang Mengalami Salah Satu Hal Ini

Hidup yang kita jalani memang tak selalu berjalan sesuai rencana, bahkan kita sering merasa lelah untuk semua hal yang ada. Anehnya kadang kita sendiri juga tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya. Hal ini pasti menjadi ganjalan bagi kita untuk kembali menekuni rutinitas, dan yang pasti akan berdampak pada kehidupan kita.

Tiba-tiba merasa lelah untuk segala kegiatan yang biasa dilakukan memang kadang membuat kita sendiri bingung akan apa sebenarnya yang terjadi pada diri sendiri. Daripada menerka-nerka coba lihat beberapa hal ini dan bayangkan pada diri sendiri, bisa jadi ini adalah salah satu yang sedang kita rasakan untuk kelelahan yang sedang menghampiri. Tapi kita sendiri tidak menyadarinya!

Sebagai Akibat dari Pengaruh Negatif yang Datang dari Lingkungan Sekitar

Kondisi lingkungan memang memiliki peranan sangat penting terhadap tingkat produktifitas yang kita miliki, karena pengaruh negatif yang kita terima dari lingkungan dapat berdampak negatif pula untuk hidup kita. Kita akan merasa sangat mudah lelah ketika mengerjakan sesuatu yang kadang sebenarnya tidak terlalu berat untuk ukuran kita.

Untuk bisa mendapatkan pengaruh positif dari lingkungan sekitar, kita bisa memulainya dengan memberikan pengaruh positif terlebih dahulu. Dengan begitu, orang lain yang ada di lingkungan kita bisa berbalik memberikan pengaruh positif kepada kita juga.

Pekerjaan yang Tidak Sesuai Keinginan dan Passion yang Kita Miliki

Hal ini memang sering jadi alasan kenapa kita merasa lelah untuk semua rutinitas yang kita jalani, memiliki pekerjaan merupakan salah satu hal yang memang patut kita syukuri. Karena biar bagaimanapun diluar sana masih ada banyak orang yang mungkin tidak memiliki pekerjaan.

Akan tetapi meskipun sudah memiliki pekerjaan kadang ada hal yang membuat kita merasa begitu lelah sebab merasa tidak sesuai dengan kemampuan atau keinginan yang kita miliki. Mengerjakan pekerjaan yang memang tidak kita sukai akan selalu memberi hasil yang tidak baik, belajar untuk lebih menerima situasi dan mulai mencintai pekerjaan yang kita jalani mungkin akan sedikit memberikan pengaruh yang baik untuk kita bisa menikmati setiap prosesnya.

Kondisi Tubuh yang Kelelahan hingga Kerap Berujung pada Stres

Kondisi tubuh yang stres tidak hanya memicu kelelahan pada jiwa, tetapi juga pada tubuh kita. Hormon kortisol yang kita miliki membantu tubuh untuk mengelola stres, yang biasanya berada pada tingkat tertinggi saat pagi dan tingkat terendah di malam hari ketika kita hendak tidur. Dan ketika kita mengalami stres yang berlebih akan membuat hormon kortisol dalam tubuh meningkat pada malam hari yang menyebabkan kualitas tidur memburuk dan kita akan merasa lelah saat bangun di pagi hari.

Mungkin terdengar sangat sepele, tapi hal ini memengaruhi tingkat produktifitas dan semangat kita untuk menjalani rutinitas yang kita jalani. Maka jika sering mengalami stres jangan heran jika tubuh pun bisa saja tidak bergairah atau meras lelah.

Kurang Minum Air Putih dan Sering Mengonsumsi Junk Food

Tidak terpenuhinya asupan air putih dalam tubuh kita yang sering disebut dehidrasi juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa tubuh kita mendadak mengalami rasa lelah yang berlebihan. Karena hal ini dapat menimbulkan perubahan mood dan menurunkan kadar energi didalam tubuh kita yang mengakibatkan tubuh lelah dan malas untuk berbuat apa-apa.

Maka ketika kita mulai merasa jika tubuh kita mengalami penurunan kadar energi cobalah untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk memehuni kebutuhan tubuh akan air putih. Disamping itu kebiasaan kita yang terlalu sering mengonsumsi junk food dapat memperlambat metabolisme tubuh, karena terbuat dari kadar gula tinggi yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang salah satunya sering merasa lelah tanpa sebab yang jelas.

Waktu Tidur yang Berantakan dan Jarang Olahraga

Untuk alasan yang terakhir ini adalah penyebab mengapa tubuh kita merasakan lelah, kurang beristirahat dapat membuat tubuh kita tidak sehat dan lemah. Dan demi menghindarinya kita harus bisa mengatur waktu dengan sabik-baiknya untuk dapat tidur minimal 7-8 jam sehari.

Karena jika hal tersebut tidak terpenuhi kita bisa saja diserang oleh rasa kantuk yang berkepanjangan selama melakukan aktifitas sehari-hari. Dan selalu menyempatkan diri untuk rajin berolahraga saat baru bangun tidur di pagi hari untuk meregangkan otot-otot yang tegang setelah semalaman  tertidur.

Tidak harus melakukan olahraga dengan beban berat, bisa dimulai dengan lari santai atau jogging saja. Setidaknya ini membantu peredaran menjadi lancar yang pasti akan membantu kita untuk mengembalikan energi tubuh yang sebelumnya sudah hilang.