Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_ad_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-ad.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_catlist_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-catlist.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_catrow_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-catrow.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_gallery_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-gallery.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_facebook_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-facebook.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_pop_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-pop.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_tagfeat_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-tagfeat.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_taglist_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-taglist.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_tagrow_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-tagrow.php on line 12

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; mvp_tags_widget has a deprecated constructor in /home/tatajiwa/public_html/wp-content/themes/Gaung/widgets/widget-tags.php on line 12
10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Yang Efektif Biar Gak Gampang Lupa
Life

10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Yang Efektif Biar Gak Gampang Lupa

cara meningkatkan daya ingat

Otak merupakan organ vital yang harus dijaga. Selain berfungsi untuk mengatur aktifitas yang akan diteruskan ke saraf tubuh agar tubuh bergerak, otak juga memudahkan kita dalam mengingat dan mengatur kehidupan. Sayangnya, kinerja otak dapat menurun seiring bertambahnya usia. Itulah mengapa banyak kita temui adanya pikun pada seseorag yang berusia lanjut. Lalu, bagaimanakah cara meningkatkan daya ingat yang efektif? 

Tidak hanya pikun yang umumnya terjadi pada usia renta. Seseorang dengan usia berapapun bisa saja lupa dengan nama orang, wajah, deadline tugas, hingga lupa dimana ia meletakkan barang.

Penyebab Sering Lupa

Sebelum membahas bagaimana meningkatkan daya ingat yang harus kamu pahami terlebih dahulu apa bahayanya bila gejala sering lupa ini kamu biarkan, lupa ini bisa jadi pemicu masalah lain yang lebih besar seperti penyakit demensia dan alzheimer. Untuk meningkatkan daya ingat yang kuat kamu harus tau akar masalah dan penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab sering lupa yang kamu perlu tahu :

Kurang tidur dimalam hari

Satu hal yang jarang orang sadari dan anggap sepele adalah kurang tidur dimalam hari, padahal kurang tidur punya peranan yang memberikan pengaruh ke memori kamu. Selain membuatmu mudah lupa, kurang tidur bisa membuatmu cemas dan suasana hati yang buruk.

2. Terlalu sering mengonsumsi obat-obatan penenang/antidepresan serta tekanan darah

Hal yang kedua mempengaruhi ingatanmu adalah obat-obatan yang kamu konsumsi, membuatmu sulit mengingat hal-hal baru. Untuk masalah ini kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

3. Tiroid yang tak seimbang

Ketidak seimbangan hormon tiroid akan perngaruh juga pada daya ingatmu, ini menjadi salah satu penyebab juga mengapa tidurmu jadi tak teratur, membuatmu jadi depresi dan mood berantakan. Lakukanlah tes darah untuk tahu apa tiroidmu seimbang atau tidak.

4. Mengonsumsi minuman alkohol berlebih

Kamu akan sulit mengingat jika kamu terlalu sering mengonsumsi alkohol, tidak hanya ketika kamu meminumnya, bahkan ketika efek alkoholnya sudah hilang gangguan ingatan bisa tetap kamu rasakan. Biasanya efek ini berlaku untuk seseorang meminum minuman tersebut 2 gelas perhari.

5. Stres berlarut dan berkepanjangan

Masalah memori dapat ditimbulkan jika kamu stres berat untuk jangka waktu yang lama. Kamu jadi susah berkonsentrasi dan merangkum informasi baru.

6. Sering cemas berlebihan

Perasaan cemas berlebih menghalangi memori untuk membentuk ingatan, kita jadi sulit fokus dan susah juga memperhatikan sesuatu untuk kita ingat.

Cara Meningkatkan daya ingat

Padahal mengingat sesuatu adalah salah satu upaya untuk melatih kinerja otak. Untuk mengetahui cara meningkatkan daya ingat  yang efektif, yuk simak ulasannya berikut.

Berolahraga

Selain menjadikan badan lebih sehat dan berbentuk indah, berolahraga juga merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat. Olahraga dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar, meningkatkan aliran darah menuju otak, meredakan peradangan tubuh, serta membantu pertumbuhan sel saraf baru.

Sel saraf akan mengeluarkan protein fakto neutropis yang berpengaruh terhadap kemampuan kognitif, seperti kemampuan dalam belajar.

Di dalam jurnal Neuroscience (2010), dikemukakan bahwa seseorang yang melakukan olahraga secara rutin dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dua kali lipat dibanding dengan mereka yang tidak berolahraga. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menyisihkan waktu 45 menit selama tiga kali dalam seminggu.

Memperhatikan asupan

Asupan gizi yang tepat juga dapat meningatkan daya ingat, conthnya seperti mengonsumsi sayuran hijau, ikan laut, teh hijau,serta makanan lain yang mengandung nutrisi untuk otak. Tidak hanya menambahkan jumlah asupan gizi yang tepat, kam juga perlu mengurangi kebiasaan buruk seperti minuman beralkohol. Sebab, minuman beralkohol justru akan merusak otak lho.

Hindari multitasing

Sebagian orang memilii target untuk menguasai banyak bidang. Namun siapa sangka bahwa multitasking ternyata dapat berakibat buruk pada otak. Tidak hanya itu, melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu juga dapat membuat otak bekerja lebih eras hingga akhirnya tidak fokus. Sebaiknya selesaikanlah dulu suatu pekerjaan sebelum memulai pekerjaan baru.

Aktif bersosialisasi

Berkomunikasi dengan sanak saudara, sahabat dan orang terdekat dapat mengurangi stres dan depresi. Hal ini juga berkaitan dengan peningkatan daya ingat. Namun, berhati-hatilah dengan lawan bicara yang justru dapat membuat stres meningkat. Memilah milih lawan bicara dalam bercengkrama boleh juga kok.

Tidur yang cukup

Saat sedang tidur, otak beristirahat sambil menyusun kejadian dan hal yang telah diingat hari ini. Tidur yang cukup dapat membuat otak semakin fokus serta meningkatkan daya ingat. Tidak hanya itu, tdur yang cukup juga dapat membuat kamu bugar dan terlihat fresh.

Memvisualisasikan

Jika kamu masih merasa sulit untuk mengingat nama seseorang, kamu bisa menyiasatinya dengan menyematkan ciri pada orang tersebut. Misalnya menandai bahwa orang tersebut bertubuh tinggi, berkulit hitam, rambut lurus dan sebagainya.

Melakukan asah otak

Banyak orang tua yang khawatir saat melihat anaknya bermain game. Padahal, jika diarahkan dan tidak berlebihan dapat membuat dampak yang baik bagi otak. Permainan yang dapat mengasah otak anatara lain puzzle, teka-teki silang, catur, tebak gambar, dan permainan strategi lainnya.

Pola hidup yang teratur

Mengatur aktifitas mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi juga merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat. Hidup yang terorganisir dapat melatih otak untuk mengingat jadwal maupun konsep yang sudah dibuat. Misalnya meletakkan sesuatu pada tempatnya, pergi ke kantor tepat waktu, dan sebagainya.

Mandiri

Melakukan segala aktifitas dengan mandiri membuat otak melatik kemampuan mengingat. Dengan demikian, otak akan terur bberlatih dan kemampuan mengingatpun bertambah.

Mengonsumsi obat sesuai resep dokter

Saat sakit dan diberi obat oleh dokter, mintalah aturan minum dan dosis yang jelas. Sebab, beberapa obat mempunyai pengaruh terhadap daya ingat.

Tips agar konsentrasi meningkat:

  • Membuat catatan. Catatan penting akan membuat kamu fokus dan membuat aktifitas menjadi terarah.
  • Membuat skala prioritas. Dengan skala prioritas, kamu dapat membagi anatara hal yang prioritas dan tidak. Lakukanlah yang yang prioritas terlebih dahulu agar aktifitas lebih fokus.
  • Matikan telepon genggam saat mengerjakan tugas atapun bekerja untuk meningkatkan konsentrasi.
  • Istirahat sejenak untuk recovery otak sehingga kemampuan konsentrasi pulih kembali.

MOST SHARE

TataJiwa.com membahas tentang perbaikan diri, peningkatan kemampuan, relaksasi serta perbaikan hubungan dengan diri sendiri.

Facebook Page

To Top