Kini Saatnya Kamu Berhenti Mengeluh, Sebelum Kualitas Hidupmu Jadi Taruhannya

Hidup memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada hal-hal yang memang terjadi diluar kendali. Belum lagi ketika kamu dihadapkan dengan kondisi dan pilihan yang sulit. Sementara orang-orang diluar sana terlihat begitu menikmati hidup tanpa masalah yang berarti.

Kamu boleh saja mengeluh. Mungkin saja dengan mengeluh dan berbagi beban, kamu akan merasa sedikit lega. Namun, kamu juga harus paham, mengeluh juga tidak akan mengubah hidupmu. Terlalu sering mengeluh bisa saja membuat orang ill feel denganmu. Bahkan mengeluh bisa mendatangkan 5 kerugian ini padamu.

Mengeluh Justru Akan Membuatmu Semakin Terlihat Lemah

Hidup adalah pilihan. Kamu bisa memilih untuk mengeluh atau menghadapi semuanya dengan tegar. Dengan mengeluh kamu memilih untuk membeberkan masalah dan kegelisahanmu pada orang lain. Akibatnya orang lain akan tahu kelemahanmu. Bukan tak mungkin mereka malah akan diam-diam menertawakanmu.

Kalau sudah begini, bisa saja orang lain menganggap kamu lemah. Kamu dianggap kurang tegar dalam menghadapi masalah yang menurut mereka sepele. Jadi, berhentilah mengeluh mulai dari sekarang. Bangun dan lakukan sesuatu untuk mengubah hidupmu!

Kamu Jadi Kian Jauh dari Tuhan

Mengeluh secara tidak langsung menunjukkan seolah-olah kamu kurang bersyukur pada karunia Tuhan. Padahal Tuhan telah memberikan banyak nikmat untuk kamu. Ujian yang kamu hadapi adalah salah satu cara Tuhan agar kamu semakin dekat dengan-Nya, namun hal itu hanya akan terjadi bila kamu bisa bersyukur dan mengambil hikmah dari setiap ujian. Bila kamu lebih memilih mengeluh, kamu malah akan semakin jauh dari Tuhan.

Hobi Mengeluh Hanya Akan Membuatmu Dijauhi Banyak Orang. Siapa yang Akan Tahan Berdekatan dengan Orang yang Terus Mengeluh?

Bukan hanya semakin jauh dari Tuhan, terlalu sering mengeluh hanya akan membuatmu dijauhi orang. Siapa juga yang akan tahan berteman dengan orang yang hanya bisa menngeluh dan selalu menuntut untuk didengarkan. Hubungan akan berjalan baik bila bisa terbangun komunikasi dua arah yang seimbang. Namun kalau kamu terus mengeluh, komunikasi yang baik pun mustahil akan terbangun.

Jangan heran bila kemudian satu per satu teman-temanmu menjauh dari dirimu. Hal itu wajar sih, sebab dengan kebiasaanmu yang gemar mengeluh, bisa saja kamu dianggap tak bisa memberikan pengaruh baik pada pertemanan. Jadi jangan heran bila kamu perlahan kehilangan teman-temanmu

Mengeluh Bisa Menimbulkan Penyakit Psikis. Stop Mengeluh dari Sekarang,  Deh!

Mengeluh hanya akan membuat kepala kamu dipenuhi pikiran negatif. Kamu pun akan sulit berpikir jernih. Masalah sepele bisa saja terlihat sebagai penderitaan besar. Pikiran jadi gelap, kebahagiaan pun akan terasa sangat jauh.

Bahkan lama-kelamaan, kebiasaan mengeluh akan membuatmu frustasi. Menghasilkan pikiran buruk, perilaku negatif, dan hasil yang jelek. Oleh karena itu, sebaiknya kamu berhenti mengeluh dari sekarang sebelum semuanya terlambat dan kamu terlanjur terpapar efek negatifnya.

Bahkan Mengeluh Juga Akan Meningkatkan Resiko Tubuhmu untuk Sakit

Orang yang terlalu sering mengeluh ketahanan tubuhnya akan menurun, sebaliknya orang yang memiliki sikap hidup optimis akan memiliki kekebalan tubuh yang cenderung lebih bagus. Hal ini bisa terjadi karena orang yang kerap mengeluh biasanya akan rentan didera stres dan frustasi.

Dalam kondisi seperti itu bukan tidak mungkin, tubuh akan lebih rentan penyakit. Belum lagi resiko terkena hipertensi bila pikiran negatif terus menguasai. Tentu kamu tak mau ‘kan jika kualitas hidupmu jadi menurun karena kebiasaanmu yang suka mengeluh itu?