Karena Tolak Ukur Kesuksesan Seseorang Tak Melulu Tentang Uang, Tapi Tentang…

Setiap kali kita mendengar kata “sukses”, hal pertama yang terbersit di benak kita pastilah tentang berapa banyak harta dan posisi jabatan hebat yang dimiliki seseorang. Bayangan ini seakan menjadi tolak ukur yang selama ini kita percayai untuk menilai kesuksesan pada orang lain.

Membayangkan nama-nama besar yang sudah banyak dikenal karena kesuksesannya lengkap dengan sejumlah kekayaan yang dimilikinya sekarang, sebenarnya bisa memberikan kita gambaran bahwa tolak ukur sukses yang sebenarnya bukanlah tentang materi yang bergelimang.

Karena dibalik kesuksesan yang mereka miliki sekarang, kita tidak tahu apa saja yang telah mereka lalui sedari dulu. Bisa saja semua hal yang mereka miliki sekarang adalah buah dari akumulasi kecil kesuksesan yang diraih. Yakinlah bahwa pada kenyataannya sukses tak melulu tentang materi dan harta, kita bisa melihatnya dari keyakinan diri kita sendiri.

“Anda Yakin Pada Diri Sendiri dan Suka Menghadapi Tantangan” – Rob Moore, Seorang Miliarder dan Pendiri Progressive Property

Seperti kata Moore bahwa seseorang yang sukses dalam hidup percaya bahwa dia dapat membuka parasutnya atau tujuan hidupnya setelah meloncat dan tidak akan menyerah dalam mencapainya. Pernyataan ini sekaligus membuktikan bahwa salah satu kesuksesan dapat kita lihat dari bagaimana rasa percaya diri yang kita miliki.

Kita punya kebebasan sendiri untuk menjalani kehidupan, melakukan segala sesuatu yang kita mau, dan bertanggung jawab untuk semua resiko yang akan datang. Kesuksesan memang bukan hal yang mudah untuk dicapai, tapi coba bayangkan jika kita bisa melakukan suatu hal yang kita cintai, itu akan menjadi  pekerjaan paling mudah yang ada di muka bumi. Tapi perlu kita ingat pula, tak semua sukses bisa kita gapai dengan mudah, karena itu kita juga harus siap untuk segala bentuk resiko yang menghadang.

Bahagia yang Datang Beragam Tak Bisa Dibeli Dengan Uang, Sekaligus Jadi Penanda Ada Bentuk Sukses yang Lain Selain Uang

Karena bahagia memang tak akan bisa dibeli dengan uang, untuk itu kita harus tahu bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk kesuksesan dalam hidup yang kita jalani. Hal yang bertolak belakang dari pernyataan ini bisa kita lihat pada orang-orang yang terlihat sukses lengkap dengan harta yang melimpah tapi ternyata hidupnya tak bahagia. Lantas untuk apa semua itu jika tidak ada bahagia dalam hidupnya?

Terlebih lagi bila kita dapat hidup berdampingan dengan banyak orang, saling tolong menolong dan selalu bahagia, ini menandakan bahwa kita sukses dalam berkehidupan. Hal lain yang harus kita yakini bahwa tak ada sukses yang bisa datang hanya karena kerja keras diri sendiri, kita butuh dukungan dari orang lain baik itu keluarga, teman dan orang lain yang mungkin jadi panutan untuk tolak ukur sukses kita nanti.

Bentuk Sederhana Dari Salah Satu Bahagia Itu Bisa “Melakukan Apa Yang Kamu Cintai dan Mencintai Apa Yang Kamu Lakukan”, Sudahkah Kita Melakukannya?

Sepenggal pernyataan di atas mungkin sering kali kita dengar, entah itu saat berbicara dengan orang lain atau di acara-acara motivasi yang ditayangkan TV yang juga bisa kita gambarkan untuk menilai sudah seberapa sukses kita. Apa yang sudah kita lakukan selama ini, sudahkah menemukan sesuatu yang memang kita cintai untuk dikerjakan atau justru masih sibuk dalam dilema yang sulit diputuskan?

Karena ketika kita sudah memiliki sesuatu yang menjadi hal yang kita cintai sekaligus menjadi sumber penghidupan, meski itu tak berbuah banyak tapi itu adalah salah satu hal yang sudah menunjukkan kesuksesan kita. Karena tak ada kesuksesan dalam bekerja yang melebihi kecintaan yang dibayar.

Terlepas Dari Semua Yang Kita Lakukan, Peka Terhadap Lingkungan Sekitar, Membuat Banyak Orang Peduli dan Menyukaimu Juga Menjadi Bagian Dari Suksesmu

Biar bagaimanapun lingkungan sangatlah berpengaruh pada tingkat kesuksesan yang kita dapatkan, terlebih ketika mampu memberikan sebagian fokus yang kita miliki untuk lingkungan. Hal ini akan memberikan kesan positif sebagai feedback dari orang-orang yang ada, bagaimana mereka memedulikan kita dan caranya menjalin komunikasi dengan kita.

Namun jika ternyata kita merasa sudah di garis sukses tapi tidak peduli terhadap lingkungan, begitu pun sebaliknya, lingkungan juga seakan tak memedulikan kita, maka kesuksesan tersebut patut dipertanyakan.

Dan Pada Akhirnya Kita Harus Tahu Bahwa Sukses Tak Selalu Tentang Materi, Bukan Juga Perihal Orang Lain Tapi Tentang Diri Sendiri

Bagi sebagian orang memiliki mobil, rumah, dan uang serta harta yang melimpah mungkin menjadi ukuran tentang kesuksesan, tapi kesuksesan tidak melulu soal berapa banyak harta yang kamu miliki. Karena pada dasarnya setiap orang tentunya memiliki arti sukses yang berbeda-beda pula.

Sukses pun tak melulu soal diri sendiri, tapi juga tentang hal-hal sederhana yang bisa kamu berikan kepada orang lain. Dan jangan pernah coba untuk membandingkan kesuksesan orang lain dengan dirimu, karena kehidupan setiap orang berbeda. Setiap orang tentu memiliki target sukses yang tidak sama, apalagi kamu dan orang-orang di sekelilingmu jelas-jelas memiliki jalan kehidupan yang berbeda pula.

Karena sukses yang sesungguhnya tak melulu tentang uang dan harta, tapi tergantung bagaimana kita menjalani hidup dan mengisinya dengan segala sesuatu yang menjadi tolak ukur sukses dari diri kita sendiri. Tak usah perdulikan pandangan orang lain atau berharap pengakuan, lakukan saja apa yang kamu inginkan sebab sukses itu adalah saat kamu menjadi dirimu sendiri untuk dirimu.