Karena Masa Muda Cuma Datang Sekali, Jangan Ragu Habiskan Jatah Gagalmu Sekarang

Usia muda adalah momen berharga yang kelak akan sangat menentukan bagaimana masa tua kita nanti. Beberapa orang berlomba-lomba untuk melakukan banyak hal gila semasa mudanya tapi sebagian lagi memilih untuk berdiam diri berkutat dengan rutinitas yang hanya ada didepan mata saja.

Pada dasarnya setiap kebijakan dan keputusan yang kita ambil dalam hidup sebenarnya akan menentukan bagaimana gambaran hidup kita ke depannya. Meski akan banyak keputusan yang berujung dengan kegagalan yang kita dapat, itu berarti jatah gagalmu ikut berkurang juga.

Namun perlu kita ketahui bahwa terlatih untuk mengambil suatu keputusan sejak muda akan membawa kita kepada keputusan-keputusan besar lainya yang sebab akibatnya pun tak kalah besar. Ketakutan akan mengambil keputusan sering dianggap sebagai momok bagi sebagian besar anak muda, namun hal itu juga seyogyanya tak lantas membuat kita memilih berdiam diri lelap dalam zona nyaman tanpa berani membuat keputusan-keputusan baru.

Jangan Terlalu Fokus pada Hasil, Lihatlah Prosesnya

Gambaran yang baik selalu jadi tujuan akhir kita untuk segala sesuatu yang kita lakukan dalam hidup, begitu pula dengan keputusan-keputusan yang kita ambil selagi muda. Namun kenyataannya akan ada banyak kegagalan dari berbagai keputusan yang kita ambil tersebut. Maka dari itu jangan terlalu terfokus untuk hasil baik yang kita impikan lihatlah betapa hebatnya berbagai proses yang sudah kita lalui.

Sebab proses itulah yang perlahan mengubah kita menjadi sosok yang lebih bijaksana lagi, karena sesungguhnya akan ada banyak pelajaran yang mampu kita simpulkan dari berbagai proses yang tak akan kita temukan di sekolah atau kampus mana pun. Itulah proses hidup!

Berani Menantang Diri Sendiri untuk Hal-hal yang Belum Pernah Kamu Lakukan

Keberanian kita dimasa muda jelas akan berpengaruh pada hidup kita kelak. Semakin banyak keputusan berujung gagal semakin besar pula peluang kita sukses dihari yang akan datang. Kebiasaan kita untuk menantang diri sendiri pada hal-hal baru merupakan salah satu bentuk keberanian yang harus kita tumbuhkan dalam diri sejak muda.

Meski tak selamanya membuahkan hasil yang baik namun hal tersebut akan tetap memberikan sedikit banyak pelajaran untuk hidup kita. Ketakutan akan kegagalan memang masuk akal, namun akan menjadi begitu ironis jika justru dijadikan alasan untuk menutupi ketakutan akan hal-hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Jika terus takut mencoba, lantas kapan kita akan memulainya?

Cari Passion yang Memang Kamu Inginkan, Jangan Terlelap dalam Zona Nyaman

Jangan pernah berhenti untuk mengaplikasikan sesuatu yang memang jadi passion-mu, kejar dan jadikan hal itu sesuatu yang layak diperhitungkan oleh orang lain meski kadang sebagian besar orang masih belum juga mengerti. Namun kamu bisa membuktikannya dengan menentukan karir dan jalan hidup sesuai passion yang diinginkan.

Ya, ini akan menjadi waktu yang tepat karena usia muda adalah masa dimana kita akan sedang giat-giatnya menentukan pilihan hidup yang akan kita jalani nantinya, keluarlah dari zona nyaman yang dunia tawarkan. Daripada menyesal dihari tua sebaiknya segera temukan passion-mu sekarang dan buktikan bahwa kamu berhak untuk hidup yang lebih baik dimasa tua nanti.

Mulailah Bersosialisasi dengan Banyak Orang untuk Membangun Koneksi

Memiliki banyak teman akan menghantarkanmu kepada pengalaman baru, berbagai dampak positif dan negatif pun jadi konsekuensi yang mau tak mau akan kamu terima dari proses tersebut. Tapi selama mampu membatasi diri untuk hal-hal negatif, memiliki banyak teman tentu akan membantu kita untuk membangun koneksi yang suatu saat akan berguna dan memudahkan hidup kita nantinya. Ini memang bukan hanya bermanfaat pada masa sekarang, tapi juga untuk jangka panjang, bahkan hingga hari tua nanti.

Persiapkan Diri dengan Investasi dan Kemampuan Diri Mulai Dari Sekarang untuk Bekal di Masa Tua Nanti

Masa muda sering membuat kita lelap dalam kesenangan-kesenangan yang ditawarkan oleh dunia, dan sering membuat kita lupa bahwa kita juga perlu untuk mempersiapkan hari tua kita. Mempersiapkan investasi sejak muda untuk hari tua adalah hal yang memang wajib kita lakukan, disamping itu kita juga harus selalu mempersiapkan serta mengevaluasi kemampuan diri untuk hal-hal baru yang akan datang sesuai kemajuan perkembangan zaman dan teknologi dimasa yang akan datang.

Cobalah untuk membuka mata, melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Kita akan terkejut oleh fakta-fakta yang tidak pernah kita sangka sebelumnya, jiwa kritis dari dalam diri pun akan tertantang untuk mampu mengetahui hal baru yang dunia akan tawarkan padamu. Di titik ini kita akan mengerti bagaimana hidup ini akan terus berproses.