Deprecated: comments_popup_script is deprecated since version 4.5.0 with no alternative available. in /home/tatajiwa/public_html/wp-includes/functions.php on line 4869
Life

Kamu yang Mobilitasnya Tinggi, Sesekali Perlu Meditasi

Mobilitas tinggi seringkali jadi alasan tubuhmu jadi sukar rileks. Akibatnya, selain fokus menurun, rasa letih setelah seharian beraktivitas pun jadi semakin terasa. Efek jangka panjangnya, mungkin kamu jadi lebih sering jatuh sakit dan stres karena banyak hal yang kamu pikirkan.

Kalau kondisi dan situasimu mungkin seperti itu, aku sarankan kamu satu hal: bermeditasilah. Sebab meditasi adalah sebuah kegiatan dimana kamu akan menemukan ketenangan dan menyehatkan fisikmu cukup dengan mengandalkan tubuhmu. Menariknya, belum tentu semua orang bisa memusatkan diri pada satu perhatian. Nah untuk itu, meditasi akan melatihmu untuk mendapatkan ketenangan serta membuat tubuhmu rileks kembali.

Meditasi punya Manfaat Mengurangi Rasa Sakit, Terutama Kamu yang Mengalami Rasa Nyeri Fisik

Sakit yang kita rasakan di bagian tubuh sejatinya berasal dari pikiran. Karena itu, bermeditasi setidaknya selama 30-60 menit bisa membantu mengurangi persepsi sakit sampai setengahnya. Untuk diketahui juga ya, memusatkan pikiran saat bermeditasi diketahui akan membantu kita mengelola dampak emosional dari rasa nyeri fisik. Oleh karena itu, cobalah dari sekarang mulai latihan untuk bermeditasi.

Untuk Perempuan, Meditasi Bahkan Diketahui Bisa Meningkatkan Kepuasan Seksual

Bagi perempuan, yang namanya meditasi bahkan bukan hanya sekadar untuk mengurangi rasa sakit atau membuat tubuh rileks lagi. Bahkan manfaat seperti meningkatkan kepuasan seksual pun bisa didapatkan kalau kamu rutin bermeditasi. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine tahun 2011 menemukan berlatih meditasi secara teratur akan meningkatkan kepuasan seksual pada wanita. Selain itu mereka yang rutin bermeditasi juga mengaku gairahnya lebih mudah dibangkitkan oleh pasangannya.

Bahkan Juga Menjernihkan Pikiran Saat Kepalamu Mungkin Sedang Dijejali Banyak Hal

Melakukan meditasi sebenarnya bertujuan untuk melatih kesadaran. Mereka yang sudah terbiasa bahkan rutin melakukan meditasi, biasanya akan jauh lebih berhati-hati saat diperhadapkan dengan hal yang sukar dan meminta mereka untuk memilih atau mengambil keputusan. Ya, meditasi bisa membantu seseorang dapat melihat setiap persoalan secara lebih jernih. Karenanya, orang-orang yang memiliki jabatan strategis sebagai pengambil keputusan akan mendapat banyak manfaat dengan melakukan meditasi.

Semakin Banyak Mencoba Meditasi, Kebiasaan Ini Juga Akan Menguatkan Mentalmu

Meditasi bisa melindungi seseorang dari peristiwa yang bisa menimbulkan trauma psikologis juga, seperti kekerasan atau bahkan perceraian. Para tentara yang ikut berperang pun, setelahnya dianjurkan untuk melakukan meditasi. Dalam penelitian di tahun 2010 terhadap tentara AS yang bersiap perang, mereka yang berlatih meditasi selama 8 minggu diketahui memiliki kesadaran lebih tinggi dan lebih tenang.

Cara Meningkatkan Fokus dan Empati Pun Bisa Dimulai dengan Bermeditasi

Rasa empati itu bisa dibangun. Salah satunya ya dengan terbiasa bermeditasi. Kesadaran diri, pemusatan perhatian pada hubungan yang dalam antara batin dan tubuh yang ditemukan dengan berlatih meditasi bisa menjadi modal untuk meningkatkan rasa empati kita pada sesama.

Di lain sisi tak hanya empati, tapi meditasi pun bisa melatih kefokusan. Misalnya, keseharian kita yang tak pernah lepas dari ponsel, laptop, iPad, dan gadget lainnya tanpa disadari membuat kita sulit untuk berada dalam kekinian. Latihan pernapasan yang kita lakukan serta keheningan meditasi akan mengembalikan fokus, membantu mengendalikan pikiran, serta mengembangkan pikiran yang sehat. Untuk itu, cobalah sesekali bermeditasi

MOST SHARE

To Top