Life

Sendiri Memang Terasa Sepi, Tapi Kesendirianmu Bukan Penghalang untuk Tetap Bahagia

Hanya Ketika Kamu SendiriKamu bisa menemukan Kebahagiaan-kebahagian kecilYang Tersembunyi Di Relung Hati

Ketika sendirian tentu kita merasa kesepian. Tidak ada teman untuk berkeluh kesah, tidak ada bahu seseorang yang bisa dipinjam untuk bersandar, hidup terasa datar karena pujangga tak kunjung datang melamar.

Meski sendirian, itu bukan alasan untuk kamu terus meratapi nasib yang menyedihkan. Kamu berhak untuk bahagia. Jika kamu berani mencoba buka pandangan lebar-lebar, sebenarnya kamu tidak pernah sendirian di dunia ini.

TANPA HARUS MENGGANTIKAN KEBAHAGIAAN PADA ORANG LAIN, KAMU BISA MENCIPTAKAN KEBAHAGIAANMU SEORANG DIRI

Sebagai mahluk sosial, tentunya kita tidak bisa hidup sendiri. Terkadang, kita butuh bantuan pertolongan dari orang lain agar bisa hidup dengan baik. Tetapi untuk merasa bahagia, kamu tidak perlu menunggu kebahagiaan itu dari orang lain. Cukup dengan kemampuan dirimu sendiri kamu bisa merasa bahagia meskipun sendirian. Tak perlulah mengharapkan dia yang telah meninggalkanmu untuk kembali padamu untuk membuat bahagia. Cukup tersenyum dan katakan “Aku bahagia!” pada diri sendiri setiap ingin melakukan sesuatu, kamu pun sudah dapat kebahagiaan kecil yang sederhana tanpa bantuan orang lain.

JIKA KAMU SENDIRIAN, INI WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENGHABISKAN WAKTU UNTUK MEMPERBAIKI DIRI

Selagi masih sendiri jangan pernah berhenti untuk terus memperbaiki diri. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari yang sekarang. Sendirian bukan berarti kamu bisa malas-malasan, justru ini waktu yang tepat untuk mewujudkan segala cita-citamu yang selama ini belum terlaksana. Dibalik setiap kesulitan pasti ada kebahagiaan, karena itu jangan murung jika kamu masih sendirian hingga saat ini.

COBALAH BELAJAR UNTUK MENCINTAI DIRI SENDIRI AGAR KAMU LEBIH KUAT MENGHADAPI KERASNYA HIDUP

Mulailah belajar untuk mencintai diri sendiri agar kamu merasa lebih bahagia dengan hidupmu yang sekarang. Jangan paksakan orang lain untuk membuatmu bahagia karena itu hanya akan sia-sia. Cobalah lebih mengenali dan menghargai diri sendiri. Kamu selama ini menganggap remeh diri sendiri karena masih sendirian, kamu juga berpikir bahwa dirimu lemah dan butuh orang lain untuk membahagiakanmu. Jika kamu berpikir dirimu lemah, kamu adalah orang yang belum menyadari potensi yang ada pada diri sendiri. Kamu terlalu membatasi diri sehingga kamu sulit merasa bahagia walaupun seorang diri.

PERBANYAK TUJUAN HIDUP UNTUK DIRAIH

Daripada hanya meratapi nasib karena tidak ada yang peduli padamu, lebih baik kamu menyibukkan diri dengan sesuatu yang lebih positif. Kamu bisa membuat lebih banyak daftar kegiatan yang harus dilakukan. Bisa juga menambah misi dalam hidup untuk diraih. Dengan membuat sesuatu yang seperti itu, hidupmu akan lebih bersemangat dan lupa tentang kesedihan karena kesendirian. Kembangkan passion-mu yang sebelumnya tertunda. Melakukan banyak kegiatan akan membuat sibuk pada cara meraih mimpi dan tidak ada celah hati merasa sepi.

KAMU ITU SPESIAL HANYA BANYAK ORANG YANG BELUM MENYADARI

Ya, kamu adalah orang yang spesial dengan segala kelebihan yang kamu miliki. Orang yang meninggalkan dan mengacuhkanmu sebenarnya belum mengerti bahwa dirimu adalah orang yang sempurna yang bisa memberikan kebahagiaan pada orang-orang sekitar dengan kelebihan yang kamu miliki. Ketika mereka tahu bahwa kamu adalah orang yang special, mereka akan menyesal telah meremehkanmu. Jadi , jangan berkecil hati ketika kamu ditinggal. Orang-orang yang meninggalkanmu sendirian adalah orang-orang yang rugi. Jangan tunjukan kelemahan pada mereka yang telah mengasingkanmu. Tetapi, tunjukanlah kamu masih bisa tertawa walaupun kamu hidup tanpa mereka.

SENDIRIAN TIDAK MEMBUATMU RUGI, KESENDIRIAN MEMBANTUMU TERHINDAR DARI PIKIRAN NEGATIF YANG DAPAT MERUGIKAN

Hidup sendirian memang terasa sepi, tetapi sisi positifnya ialah hidup kamu jadi lebih tenang daripada orang lain. Kamu pun jadi terbiasa tidak berpikir negatif tentang orang-orang di sekitarmu karena kamu sendirian. Menghabiskan waktu dengan membaca novel, buku-buku agama, buku resep masakan, atau buku tentang pelajaran hidup dapat membuatmu lebih produktif ketika sendirian dan tentunya akan membuat pikiran lebih jernih dan bebas dari pengaruh-pengaruh negatif yang dapat merugikan.

KAMU JADI BISA LEBIH FOKUS TERHADAP DIRI SENDIRI

Selama ini kamu selalu memikirkan orang lain untuk membuatmu bahagia atau memikirkan cara untuk membahagiakan mereka sehingga lupa pada kebahagiaan yang berhak kamu peroleh. Ketika sendirian, kamu jadi bisa lebih fokus untuk memanjakan diri. Tidak peduli orang lain akan berkata apa tentang kondisimu saat ini, asalkan kamu bisa bahagia dengan caramu sendiri itu sudah cukup. Orang yang mencibirmu di luar sana karena kamu saat ini hidup sendiri sebenarnya hanya iri. Mereka tidak bisa sebebas dan serileks dirimu sata ini.

KAMU MASIH TETAP BISA JADI ORANG YANG KUAT MESKI SEORANG DIRI

Buat kamu yang saat ini jadi single parent, tidak usah merasa rendah diri. Kamu masih bisa bahagia walaupun seorang diri. Tak perlu memikirkan dia yang telah pergi, cukup lihat senyuman bahagia dari anak-anakmu sudah bisa membuatmu bahagia. Senyuman anak-anak adalah sumber kekuatan bagi single parent jadi jangan khawatir kamu akan tidak bahagia, khawatir-lah ketika kamu mulai menyerah dengan keadaan. Kamu bisa kuat meski hanya dengan kedua tangan dan kakimu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top