Business

Saat Zona Nyaman Dapat Membuatmu Bekerja Lebih Baik, Bertahan atau Tinggalkan?

Pasti kamu sering mendengar kalimat “Jangan berlama-lama di zona nyaman, nanti gak berkembang”.

Sebuah kata-kata motivasi agar kita tidak terlalu lama ada di zona nyaman. Banyak yang mengartikan zona nyaman sebagai sesuatu yang akan membuat dirikita tidak akan berkembang dan bermalas-malasan. Kenapa? Karena zona nyaman sama artinya dengan kita melakukan hal yang sama secara terus-menerus tanpa ada niatan untuk merubah pola untuk berkembang.

Tapi apakah benar-benar salah kalau kita selalu berada di dalam zona nyaman yang kita lakukan saat ini? Kita pun masih bingung mendefinisikan apakah yang selama ini kita lakukan salah atau benar.

Seorang penulis bernama Megan Dhaum dalam bukunya “The Unspeakable and Other Subjects of Discussion” berargumen soal zona nyaman. Menurutnya, kunci sebuah kepuasan hidup terletak pada keberhasilanmu hidup semaksimal mungkin dalam batasan zona nyaman.

Contohnya begini, jika kamu bukan seorang yang ahli memperbaiki komputer rusak, jangan paksakan diri kamu untuk belajar memperbaiki komputer yang rusak.

Jadilah orang terbaik dalam bidang yang sukai, misalnya jadi ahli tentang mencari ahli servis komputer terbaik namun murah dan berkualitas. Bisa juga dengan jadi ahli tentang informasi tempat penjualan komputer yang terpercaya sehingga komputer rusak kamu bisa dijual dan diganti yang baru.

Kenyamanan yang Sebenarnya Muncul Ketika Kita Sudah Menemukan Keseimbangan antara Passion dan Realitas

Zona nyaman, seringkali digambarkan dengan seseorang yang bermalas-malasan di sofa yang empuk tanpa melakukan apapun. Benarkah demikian?

Realitanya, mana ada sih orang yang selama hidupnya tidak melakukan apapun? Merasa nyaman tanpa ada tanggungjawab dan kewajiban yang harus dipenuhi. Adakah orang yang benar-benar merasa nyaman bila dalam kondisi tersebut? Pengangguran saja, pengen cepat dapat kerja.

Zona nyaman itu bukanlah zona malas, tetapi zona dimana insting untuk berkarya berjalan seimbang dengan kenyataan lain yang ada di dalam hidup. Meski saat ini usaha yang telah kamu lakukan tidak cepat membjuatmu jadi orang kaya raya, tetapi jika kamu sudah merasa bahagia dan menemukan kepuasan batin, itu sama saja kamu sudah sukses dalam hidupmu. Semua tentang bagaiman cara memanfaatkan zona yang dijalani semaksimal mungkin.

Bukannya Takut untuk Menghadapi Tantangan, Tapi  Berada di Zona Nyaman Sudah Menjadi Bagian dari Hidup

Seseorang yang berada di zona nyaman sering disamakan dengan orang-orang yang tidak ingin menerima tantangan dalam hidup. Mereka yang ada di zona nyaman sering dianggap tidak berkembang.

Padahal, meski ada di dalam zona nyaman, kamu tidak pernah berhenti untuk memperbaiki diri jadi lebih baik lagi. Kunci utama dalam meraih hidup yang bahagia adalah mengenali  potensi yang ada di dalam diri sendiri, apa yang benar-benar kamu inginkan, apa saja yang bersedia kamu korbankan, sejauh mana konsistensi, dan dapat bertahan dari berbagai tekanan yang ada. Pada akhirnya usaha yang kamu lakukan sama saja dengan yang dilakukan oleh orang-orang yang menyebut dirinya “berani keluar dari zona nyaman”.

Kamu Bisa Fokus Jadi yang Terbaik dalam Zona Nyamanmu

Terdapat perbedaan yang besar antara orang yang tidak berani mengejar impian sehingga berdiam diri di dalam zona nyaman yang sebenarnya tidak nyaman dengan mereka yang sudah menemukan kenyamanan sehingga menolak mengikuti standar kesuksesan orang lain. Tidak ada salahnya berada di  zona nyaman jika kamu bisa sukses dengan caramu sendiri. Intinya adalah tidak takut dan pantang menyerah.

Kenyamanan adalah salah satu hal yang patut disyukuri. Kamu tidak harus melewati jalan yang ekstrem atau berliku-liku untuk mencapai kesuksesanmu sendiri. Setiap orang punya kisah suksesnya masing-masing. Mungkin kamu merupakan orang yang termasuk meraih kesuksesan dengan cara yang aman.

Kamu justru bisa memfokuskan segala potensi yang dimiliki untuk jadi orang yang terbaik dalam batasan kenyamananmu.

Beberapa Orang Sukses Bisa Berhasil Meski ada di Dalam Zona Nyaman

Jika kamu tidak percaya bahwa orang yang berada di zona nyaman pun bisa sukses, kamu bisa lihat Lionel Messi. Betapa cintanya ia pada klub sepakbola FC Barcelona, sehingga dari umurnya yang masih sangat muda hingga sekarang ia tidak pernah pindah ke klub lainnya. Konsistensi dan ketekunan membuatnya bisa sukses menjadi pemain terbaik sepakbola.

Ada juga Walt Disney yang namanya masih kita dengar hingga saat ini. Dahulu ia sempat ditolak berkali-kali dan dianggap sebagai orang yang tidak bisa menggambar. Tapi, karena ia sangat menyukai apa yang dilakukannya dalam dunia gambar, ia pun terus melakukannya karena sudah merasa nyaman.

Kalau kamu sudah merasa nyaman dengan kondisi yang sekarang, lanjutkan saja. Karena saat kamu menemukan kenyamanan dari apa yang kamu lakukan sekarang, kamu akan mengerjakannya dengan sepenuh hati.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top