Spirituality

Meski Terkadang Berlaku Agak Memaksa, Sebenarnya Hanya Ini yang Diinginkan Ibumu Darimu

Setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. Meskipun saat ini kamu sudah tidak lagi dekat dengannya. Tapi dalam setiap doa, ia tidak pernah berhenti menyebut namamu agar kamu memiliki hidup yang berbahagia.

Tapi, pernahkah kamu tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh ibumu? Tak seperti kita yang selalu langsung bicara ketika ingin sesuatu, terkadang seorang ibu hanya bisa diam walaupun ia sebenarnya menginginkan sesuatu dari anaknya. Selagi masih ada kesempatan di dunia, cobalah cari tahu apa yang diinginkan ibu darimu.

BUAT KAMU YANG TINGGAL JAUH DARI IBUMU, SEBENARNYA IA INGIN AGAR KAMU SELALU MENELEPONNYA

Dibandingkan anak, rasa rindu orang tua kepada anaknya jauh lebih besar. Apalagi saat ini jarak antara kalian sudah sangat jauh, kamu menemui mereka hanya saat pada lebaran atau pada saat libur besar saja. Coba deh, jika kamu belum punya waktu untuk menemui mereka minimal telepon. Telepon cuma butuh waktu beberapa menit tidak sampai beberapa jam.

Tidak perlu setiap hari, minimal dua kali dalam sepekan kamu menelepon ibumu dan memberitahukan tentang kabarmu. Kamu tidak akan tahu betapa senangnya ibumu jika ia bisa mendengar suaramu saja dan bisa mengatakan “Ibu kangen kamu”.

IBU TIDAK TERLALU MEMAKSA, TAPI KETIKA KAMU MENCERITAKAN BETAPA BANGGANYA KAMU PUNYA IBU SEPERTI DIA, PASTI DALAM HATINYA IA AKAN MERASA SENANG

Tunjukan pada ibumu bahwa kamu bangga memilikinya. Ceritakan betapa kamu kangen masakan ibumu ketika berada di perantauan. Meski tidak diminta dan tidak memaksamu untuk bercerita, ceritakanlah! Hati ibumu pasti akan sangat terharu melihat bahwa anaknya selalu merindukannya bahkan saat jauh darinya. Ia merasa bahwa dirinya sangat berarti dan usaha yang dilakukannya untuk mendidikmu tidak sia-sia. Ketika kamu menceritakan tentang dirinya, terbesit rasa bahagia yang teramat dalam bahwa anaknya yang kini sudah besar masih membutuhkan kehadirannya.

TIDAK PERLU MATERI, ASAL KAMU BISA MENGHABISKAN WAKTU BERDUA DENGANNYA SAAT WEEKEND, ITU SUDAH MEMBUATNYA SENANG

Ketika kamu mengunjungi ibumu di rumah, sebisa mungkin habiskanlah waktu yang ada hanya berduaan dengan ibumu. Walaupun seringkali ibu merasa malu ketika diajak jalan hanya berdua dengan anaknya, sebenarnya ia merasa senang karena kamu masih mempedulikannya. Untuk itu, ketika kamu sedang berduaan dengannya, kurangilah penggunaan gadget. Gunakan waktu yang kamu pakai saat berdua untuk mengobrol lebih dekat dengan ibumu. Membicarakan masalah keluarga, kehidupan, anak-anak, dan sebagainya. Quality time dengan ibumu selama seharian penuh penting dilakukan agar hubungan kalian tidak renggang.

PERHATIANMU SAAT DIA SAKIT, SELALU MEMBUATNYA TERSENYUM WALAUPUN BANTUAN YANG KAMU BERIKAN ITU SEDIKIT

Ketika sakit, orang tua hanya ingin dimanjakan sama seperti saat mereka memanjakanmu waktu kecil dulu. Memang agak susah merawat orang tua yang sakit, kadang susah ditebak apa maunya. Tetapi, bersabarlah. Kelakuannya yang seperti anak kecil saat sakit itu hanya salah satu bentuk tindakan bahwa dia ingin diperhatikan olehmu.

Kamu selama ini sibuk dan tidak punya waktu untuk mengunjunginya, di saat sakitlah ia merasa ia bisa dekat denganmu. Tunjukanlah kepedulian pada ibumu yang sakit dengan cara merawatnya dengan baik.

SELALU AKUR DENGAN SUDARA KANDUNGMU DAPAT MEMBUAT HATINYA TERASA SENANG

Ibu manapun hatinya akan merasa tenang jika anak-anaknya bisa akur satu sama lain. Kamu yang tidak bertengkar dengan kakak atau adikmu, saling membantu sama lain ketika ada yang butuh pertolongan, rasanya hidup keluarga menjadi lebih tenang dan damai. Ibu pun merasa tenang jika Tuhan memanggilnya nanti karena ia tahu anak-anaknya bisa saling menjaga satu sama lain. Tidak risau bahwa kalian akan bermusuhan nantinya. Untuk itu, bersikap akurlah dengan saudara-saudaramu di rumah agar ibu bisa lebih bahagia.

TIDAK ADA SATUPUN IBU YANG INGIN ANAKNYA BERSEDIH, MAKA ITU BERBAHAGIALAH SETIAP SAAT!

Tidak ada hal lain yang paling penting yang diinginkan oleh seorang ibu terhadap anak-anaknya ialah agar anak-anaknya itu selalu merasa bahagia. Bahagia dimanapun dan kapanpun dengan atau tanpa dirinya. Jika anak bersedih maka ibu pun akan bersediah. Melihatmu bisa hidup sehat dan ceria dengan jalan hidup yang telah kau pilih, tentunya akan membuat ibu merasa bahagia. Ibumu mendidikmu selama ini tentunya ingin kamu memperoleh kebahagiaan dan tidak hidup susah. Meski kini sudah jarang bersama, percayalah ibumu adalah orang yang pertama yang selalu mendoakanmu untuk berbahagia.

1 Comment

1 Comment

  1. Nusantara Adhiyaksa

    February 17, 2017 at 4:25 pm

    baca artikel ini, jadi merasa masih banyak kekurangan dan tindakan yang kurang untuk membahagiakan ibu.
    semoga ibu dan ayah dirumah selalu diberikan kesehatan. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top