Inspiration

Kekalahan Tak Datang Saat Orang Lain Lebih Hebat, Namun Ketika Kamu Terlalu Rendah Diri!

Percaya diri adalah suatu kondisi dimana kamu bisa menerima dirimu apa adanya dan yakin pada kesanggupanmu sendiri untuk melakukan sesuatu. Sebaliknya, rendah diri  merupakan suatu pemikiran bahwa kamu lebih rendah dari orang-orang lainnya. Hal ini akan membuat kamu sulit untuk menerima dirimu sendiri. Bahkan perasaan rendah diri yang sudah tak terkontrol, bisa membuat kamu kalah sebelum bertanding.

Rendah diri akan membawamu pada pemikiran bahwa orang lain jauh lebih hebat.  Agar sukses, seharusnya kamu berpikiran, kalau orang lain bisa seharusnya kamu juga bisa. Karena untuk berhasil bukan tentang apa dan siapa dirimu, namun tentang bagaiman kamu meyakinkan dirimu untuk bisa melakukannya. Untuk itu daripada sibuk berpikir bahwa orang lain selalu lebih hebat darimu, coba tanyakan pada dirimu sendiri, mungkin saja kamu yang terlalu rendah diri.

Belum Apa-Apa Kamu Sudah Sibuk Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Kebiasaan yang selalu membandingkan kemampuan yang dimiliki dengan hal-hal yang sudah diperbuat orang lain hanya akan mematahkan semangatmu. Situasi itu membuat kamu berpikir bahwa kamu tidak akan mampu atau tak sehebat orang lain. Padahal seharusnya kesuksesan orang lain bisa kita jadikan acuan untuk bisa melakukan hal yang sama atau bahkan lebih. Cobalah untuk melihat keberhasilan orang lain sebagai hal yang juga bisa kamu lakukan dengan begitu rasa percaya dirimu akan lebih baik dari sebelumnya.

Tidak Berani Keluar Dari Zona Nyaman Merupakan Penyebab Kamu Jadi Rendah Diri

Hal lain yang mungkin jadi penyebabnya adalah karena kamu terlalu nyaman berada pada zona yang hanya meminta dirimu melakukan hal yang sama secara terus menerus. Kamu pun tak perlu membuka diri untuk hal-hal baru yang ada diluar ruang lingkupmu saat ini. Mungkin terlihat menyenangkan tapi hal ini bisa membuatmu tidak berkembang dan cenderung semakin membuatmu jadi kian tak  percaya diri, karena setiap hari kamu hanya melakukan hal yang sama. Buang jauh-jauh pikiran bahwa kamu tidak bisa, cobalah untuk membuka diri untuk hal-hal baru yang mungkin akan mengantarmu pada pencapaian yang lebih besar.

Mudah Tersinggung Ketika Mendapat Kritik Tapi Juga Tidak Berani Untuk Mengemukakan Pendapat Sendiri

Bagi sebagian orang kritikan adalah hal yang bisa membangun semangatnya, tapi bagi beberapa orang  justru hal itu dianggap sebagai gangguan. Padahal kamu bisa melihat sebuah kritikan sebagai suatu hal yang akan membuatmu kian berkembang. Namun hal ini jelas tak berlaku bagi mereka yang merasa rendah diri.

Lebih anehnya kamu mungkin selalu merasa tidak terima ketika mendapat kritikan tapi juga tidak berani untuk mengutarakan pendapatmu. Kamu terlalu takut untuk menunjukkan bahwa kamu juga sebenarnya layak diakui dan pantas untuk diperhitungkan. Karena orang-orang yang selalu kita lihat hebat selalu menyambut sebuah kritikan dengan senang hati, bukan malah menutup diri ketika mendapat sebuah kritik.

Selalu Ragu Tiap Kali Ingin Mengambil Keputusan Dan Memilih Mundur Ketika Sedang Beradu Argumentasi

Sikap lain yang mungkin bisa menunjukkan apakah kamu ada orang yang terlalu rendah diri atau tidak adalah caramu mengambil keputusan. Mungkin kita pernah melihat atau bertemu dengan orang yang untuk menentukan hal sederhana saja tidak bisa sendiri, dia kerap meminta pendapat kepada orang lain terlebih dahulu untuk kemudian bisa menentukan keputusan. Dan ini mungkin berlaku kepada semua hal yang dilakukan bahkan untuk menentukan warna apa pakaian yang dia ingin kenakan saja sering dilema.

Kesulitannya untuk menentukan pilihan kadang membawanya kepada argumentasi dengan orang lain untuk sesuatu yang mungkin ditanyakan, seringnya dia bertanya namun kerap juga tidak setuju dengan saran dari orang lain. Bukannya memberikan pengertian mengapa dia tidak menyetujui saran tersebut, dia lebih memilih untuk mundur dari argumentasi tersebut. Dia berpikir akan kalah dalam adu debat sehingga lebih baik mundur saja, padahal seharusnya hal itu bisa dijadikan ajang untuk membuktikan bahwa kamu juga bisa untuk menyanggah dengan alasan yang jelas, bukan malah pergi.

Dan Yang Lebih Parahnya Lagi, Kita Sering Mudah Berputus Asa Untuk Mimpi Yang Bahkan Kamu Buat Sendiri

Rasa rendah diri yang berlebih sering membuat kita merasa tak yakin untuk mengambil keputusan. Bahkan kamu pun merasa ragu-ragu terhadap mimpi sendiri. Ketakutan bahwa kamu tak bisa mendapatkan hal itu seakan jadi bayangan hitam yang selalu membelenggu setiap langkahmu.

Padahal sebenarnya kamu hanya harus optimis untuk mendapatkan keinginan dan mimpi-mimpimu. Berhenti membayangkan bahwa mereka yang berhasil adalah orang-orang dengan kemampuan jauh diatasmu. Ini hanya tentang kamu dan usahamu untuk sampai ditujuanmu.

Cobalah untuk membuka diri lebih pada hal-hal baru yang belum banyak kamu ketahui. Berhenti untuk membandingkan diri dengan orang lain. Untuk mewujudkan mimpi-mimpimu kamu hanya perlu maksimalkan kemampuanmu dan tetaplah bersyukur atas apa yang telah dianugrahkan Tuhan pada dirimu,

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspiration

Jangan Coba Menyerah Sebelum Menanyakan Hal Ini pada Dirimu Sendiri

http://himydoc.com/index.php/healty-guide/28-brain-health/182-mengapa-anda-menjadi-lelah-sepanjang-waktu-penyakit-jantung-dan-4-penyebab-lain-menjadi-faktor-utama-kelelahan-anda

Hidup memang tak selalu berjalan seperti yang kita harapkan. Ada banyak rintangan yang kadang membuat kita merasa lelah. Rancangan indah dalam angan-angan pun sering kali sulit terwujudkan. Padahal rasanya kita telah mencurahkan segenap kemampuan, namun hasil yang didapat belum seperti yang diharapkan.

Kalau sudah begini, rasanya menyerah menjadi pilihan paling mudah yang bisa dilakukan. Kita merasa seperti tengah berada dalam kondisi yang sangat sulit, hingga rasanya tak ada lagi yang bisa dilakukan. Semua jalan terasa buntu. Begitu banyak usaha yang telah kita lakukan, tapi belum juga menemukan titik terang.

Di lain sisi memilih menyerah memang akan menawarkan banyak kelebihan. Kita pun tidak perlu lagi berusaha keras, bisa jadi menyerah akan memberimu lebih banyak kenyamanan hidup. Tapi sebelum memutuskan untuk menyerah, coba deh tanyakan hal-hal ini pada dirimu sendiri.

Ingat Tujuan Awalmu! Menyerah Berarti Kamu Tidak Akan Mendapatkan Tujuanmu! Yakin?

Menyerah berarti kita telah melepaskan sebuah tujuan begitu saja. Merelakan sesuatu yang sangat kita harapkan. Seharusnya dengan mengingat tujuan diawal, kita tak akan kehilangan fokus untuk mencapai tujuan. Ingat kembali tujuan awal. Mantapkan lagi tekadmu selagi masih ada kesempatan untuk berjuang.

Menyerah Tidak Akan Membuat Hidupmu Jadi Lebih Baik. Beneran Kamu Mau Merelakan Ambisimu?

Menyerah bukan sikap hidup yang baik. Padahal hidup adalah perjalanan yang penuh tantangan. Ke depannnya akan ada jalan lebih terjal yang harus kita lewati. Menyerah sekarang akan membuatmu terbiasa menyerah diwaktu yang akan datang. Alih-alih bisa mendapatkan keinginanmu, terbiasa menyerah hanya akan membuatmu kehilangan tujuan hidup.

Kamu Telah Berjuang Sejauh Ini. Kalau Kamu Berhenti, Usahamu Hanya Akan Jadi Sia-sia. Rela?

Banyak hal yang telah kita lakukan untuk bisa berada pada posisi ini. Tak terhitung lagi berapa banyak peluh yang telah dicucurkan. Usaha yang telah kamu lakukan selama ini, hanya menjadi percuma bila kamu memutuskan untuk berhenti sebelum sampai ke  tujuan.

Terkadang Rasa Putus Asa dan Ingin Menyerah Itu Hanyalah Muslihat. Memang Kamu Mau kalau Harus Menyerah Hanya Karena Malas?

Malas memang perasaan yang manusiawi. Namun, akan menjadi salah bila rasa malas menghambat kita untuk maju. Pacu dirimu untuk berusaha sedikit lebih keras lagi. Ada banyak cara yang belum kita coba  untuk mencapai tujuanmu. Jangan biarkan cita-citamu dikalahkan oleh rasa malas!

Istirahatlah Hingga Tenang! Kamu Tentu Tak Mau Menyerah Begitu Saja Hanya Karena Pikiran Keruh yang Menguasai?

Kita terus-menerus melakukan berbagai usaha untuk mencapai tujuanmu, namun kegagalan demi kegagalan belum juga mau beranjak. Rasa lelah sudah pasti kamu rasakan, belum lagi  pikiran yang keruh karena kegagalan yang terus kamu terima. Kalau sudah begini ada baiknya kamu beristirahat dulu. Tenangkan pikiranmu. Setelah itu kamu bisa melakukannya sekali lagi. Kalau masih tetap gagal juga, mungkin ini memang waktu yang tepat untuk menyerah.

Betul Sudah Maksimalin Perjuangan Kamu? Minta Tolong ke Orang Lain Bukan Hal yang Tabu, Kok!

Tidak ada manusia yang diciptakan sempurna. Ketika kamu merasa tak bisa mengerjakannya sendiri, kamu dapat meminta bantuan pada orang lain. Tak perlu merasa segan, meminta bantuan kepada orang lain bukan suatu kesalahan kok. Justru kamu akan merasa menyesal bila telah memutuskan menyerah sebelum berupaya sebaik mungkin.

Bagaimana bila Kamu Hanya Butuh Berjuang Sedikit Lagi? Setelah Itu Kamu Akan Sampai pada Tujuanmu

Manusia tak pernah tahu apa yang terjadi di waktu yang akan datang. Meski kini apa yang kamu hadapi terasa berat, bukan tidak mungkin tujuanmu sebentar lagi kamu kamu dapatkan. Bayangkan kamu telah menggali begitu dalam untuk mendapatkan air. Kamu merasa lelah dan ingin menyerah karena setelah menggali begitu dalam kamu juga belum menemukan air. Padahal sebenarnya bila kamu mau menggali 1 meter lagi, kamu bisa menemukan air. Ah, seandainya kamu mau berusaha sedikit lagi.

Apakah Kamu Telah Sepenuh Hati Membiarkan Tuhan Mengontrol Hidupmu?

Pada akhirnya ketika semua usaha telah kita lakukan dengan maksimal, mengembalikan semua urusanmu pada  Tuhan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Tuhan tentu memilik rencana yang lebih indah daripada rencanamu. Ini saatnya untuk kamu berdoa pada Tuhan dan membiarkan Dia mengotrol hidupmu. Bukankah hanya Tuhan yang paling mengetahui apa yang terbaik untukmu?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Life

Karena Masa Muda Cuma Datang Sekali, Jangan Ragu Habiskan Jatah Gagalmu Sekarang

Usia muda adalah momen berharga yang kelak akan sangat menentukan bagaimana masa tua kita nanti. Beberapa orang berlomba-lomba untuk melakukan banyak hal gila semasa mudanya tapi sebagian lagi memilih untuk berdiam diri berkutat dengan rutinitas yang hanya ada didepan mata saja.

Pada dasarnya setiap kebijakan dan keputusan yang kita ambil dalam hidup sebenarnya akan menentukan bagaimana gambaran hidup kita ke depannya. Meski akan banyak keputusan yang berujung dengan kegagalan yang kita dapat, itu berarti jatah gagalmu ikut berkurang juga.

Namun perlu kita ketahui bahwa terlatih untuk mengambil suatu keputusan sejak muda akan membawa kita kepada keputusan-keputusan besar lainya yang sebab akibatnya pun tak kalah besar. Ketakutan akan mengambil keputusan sering dianggap sebagai momok bagi sebagian besar anak muda, namun hal itu juga seyogyanya tak lantas membuat kita memilih berdiam diri lelap dalam zona nyaman tanpa berani membuat keputusan-keputusan baru.

Jangan Terlalu Fokus pada Hasil, Lihatlah Prosesnya

Gambaran yang baik selalu jadi tujuan akhir kita untuk segala sesuatu yang kita lakukan dalam hidup, begitu pula dengan keputusan-keputusan yang kita ambil selagi muda. Namun kenyataannya akan ada banyak kegagalan dari berbagai keputusan yang kita ambil tersebut. Maka dari itu jangan terlalu terfokus untuk hasil baik yang kita impikan lihatlah betapa hebatnya berbagai proses yang sudah kita lalui.

Sebab proses itulah yang perlahan mengubah kita menjadi sosok yang lebih bijaksana lagi, karena sesungguhnya akan ada banyak pelajaran yang mampu kita simpulkan dari berbagai proses yang tak akan kita temukan di sekolah atau kampus mana pun. Itulah proses hidup!

Berani Menantang Diri Sendiri untuk Hal-hal yang Belum Pernah Kamu Lakukan

Keberanian kita dimasa muda jelas akan berpengaruh pada hidup kita kelak. Semakin banyak keputusan berujung gagal semakin besar pula peluang kita sukses dihari yang akan datang. Kebiasaan kita untuk menantang diri sendiri pada hal-hal baru merupakan salah satu bentuk keberanian yang harus kita tumbuhkan dalam diri sejak muda.

Meski tak selamanya membuahkan hasil yang baik namun hal tersebut akan tetap memberikan sedikit banyak pelajaran untuk hidup kita. Ketakutan akan kegagalan memang masuk akal, namun akan menjadi begitu ironis jika justru dijadikan alasan untuk menutupi ketakutan akan hal-hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Jika terus takut mencoba, lantas kapan kita akan memulainya?

Cari Passion yang Memang Kamu Inginkan, Jangan Terlelap dalam Zona Nyaman

Jangan pernah berhenti untuk mengaplikasikan sesuatu yang memang jadi passion-mu, kejar dan jadikan hal itu sesuatu yang layak diperhitungkan oleh orang lain meski kadang sebagian besar orang masih belum juga mengerti. Namun kamu bisa membuktikannya dengan menentukan karir dan jalan hidup sesuai passion yang diinginkan.

Ya, ini akan menjadi waktu yang tepat karena usia muda adalah masa dimana kita akan sedang giat-giatnya menentukan pilihan hidup yang akan kita jalani nantinya, keluarlah dari zona nyaman yang dunia tawarkan. Daripada menyesal dihari tua sebaiknya segera temukan passion-mu sekarang dan buktikan bahwa kamu berhak untuk hidup yang lebih baik dimasa tua nanti.

Mulailah Bersosialisasi dengan Banyak Orang untuk Membangun Koneksi

Memiliki banyak teman akan menghantarkanmu kepada pengalaman baru, berbagai dampak positif dan negatif pun jadi konsekuensi yang mau tak mau akan kamu terima dari proses tersebut. Tapi selama mampu membatasi diri untuk hal-hal negatif, memiliki banyak teman tentu akan membantu kita untuk membangun koneksi yang suatu saat akan berguna dan memudahkan hidup kita nantinya. Ini memang bukan hanya bermanfaat pada masa sekarang, tapi juga untuk jangka panjang, bahkan hingga hari tua nanti.

Persiapkan Diri dengan Investasi dan Kemampuan Diri Mulai Dari Sekarang untuk Bekal di Masa Tua Nanti

Masa muda sering membuat kita lelap dalam kesenangan-kesenangan yang ditawarkan oleh dunia, dan sering membuat kita lupa bahwa kita juga perlu untuk mempersiapkan hari tua kita. Mempersiapkan investasi sejak muda untuk hari tua adalah hal yang memang wajib kita lakukan, disamping itu kita juga harus selalu mempersiapkan serta mengevaluasi kemampuan diri untuk hal-hal baru yang akan datang sesuai kemajuan perkembangan zaman dan teknologi dimasa yang akan datang.

Cobalah untuk membuka mata, melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Kita akan terkejut oleh fakta-fakta yang tidak pernah kita sangka sebelumnya, jiwa kritis dari dalam diri pun akan tertantang untuk mampu mengetahui hal baru yang dunia akan tawarkan padamu. Di titik ini kita akan mengerti bagaimana hidup ini akan terus berproses.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Spirituality

Orang yang Sok Tahu Memang Menyebalkan, Tak Perlu Marah Dibuatnya, Begini Cara Menanganinya

Sebagai mahluk sosial, kamu akan bertemu dengan berbagai macam manusia dengan segala sifatnya. Sifat yang macam-macam itu pun tentu ada yang baik dan juga buruk. Dan biasanya masalah itu selalu timbul disaat kita menghadapi sifat buruk atau sifat negatif seseorang. Bukan tanpa alasan, sifat buruk yang ada pada diri orang lain biasanya akan membuat kesan tidak nyaman pada dirimu ketika sedang berhadapan dengan orang tersebut. Hal itu juga berlaku sebaliknya.

Salah satu tipe manusia yang cukup membuat kita kesal saat berhadapan dengannya adalah orang yang sok tahu. Mungkin kita sudah tidak tahan ingin memarahinya, namun sebagai manusia yang bersosial, tentunya ada etika yang harus dijaga. Dan bagaimana cara menghadapi orang sok tahu yang ada di dalam kehidupan kita.

Tersenyum Memang Bisa Meluluhkan Apa Pun, Termasuk Orang yang Sok tahu

Disaat orang sok tahu sudah mulai banyak bicara padahal kita tahu argumen yang dia sampaikan tidak ada makna apa pun atau tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal yang paling mudah adalah berikan senyuman kepadanya tanpa ikut mengeluarkan argumen apa pun. Berikan senyuman yang tulus disaat mereka bicara, senyumanmu itu akan cenderung membuat mereka terkejut dan secara tidak langsung malu apabila yang dikatakannya tidak sesuai kebenarannya.

Alih-alih Mengajaknya Berdebat, Lebih Baik Tanyakan Dasar Pemikiran dari Perkataannya

Geram mungkin kata yang dapat mewakili perasaan kamu ketika berhadapan dengan orang yang sok tahu. Membantah semua argumennya mungkin akan terbesit dipikiranmu sebagai keputusan yang tepat. Tidak salah memang, karena argumennya memang sudah salah. Akan tetapi jika kamu melakukan itu, alih-alih membuatnya jera, justru akan membuatnya semakin merasa lebih tahu dan berkelit dengan mengeluarkan statement lain.

Cara yang mungkin dapat kamu lakukan agar membuatnya bungkam adalah dengan mengajukan pertanyaan kepadanya, bukan dengan memberikan pernyataan bantahan. Dengan mengajukan pertanyaan akan membuat dia berpikir. Pertanyaan yang bisa kamu keluarkan misalnya dengan bertanya balik kepada dia apa yang mendasari perkataan yang dia ucapkan, pertanyaan mengapa dia berbicara itu dan apa yang dia dapatkan akan membuatnya bingung dan akhirnya diam. Cukup efektif tanpa membuang tenagamu untuk berdebat dengannya.

Karena Seseorang tak Sepenuhnya Salah, Kamu Juga Perlu Mengakui Jika Dia Berkata Benar

Apa yang dikatakan orang yang sok tahu tidak sepenuhnya salah loh, dia juga memiliki ilmu namun perbandingan ilmu yang dia punya dengan banyaknya perkataan yang terucap memang tidak sebanding. Kenyataan ini yang membuat dia terlihat sok tahu. Namun sebagai lawan bicaranya kita juga harus bijak dengan mengakui kebenaran jika apa yang diucapkannya memang benar.

Mengapresiasi pernyataannya yang benar akan membuat dia sadar bahwa orang akan mengakui hal yang memang benar di dalam hidupnya. Berbanding terbalik dengan perkataan yang hanya dipenuhi dengan omong kosong. Secara tidak langsung itu sudah mengajarkan kepada kedua belah pihak untuk lebih bijak lagi.

Tidak Ada Salahnya Jika Kamu Mengungkapkan Isi Hatimu Terhadapnya

Mengungkapkan perasaanmu terhadap lawan bicaramu yang sok tahu juga berguna loh, karena setiap orang tidak bisa membaca hati orang lain termasuk orang yang sok tahu. Maka tidak ada salahnya jika kamu mengungkapkan apa yang kamu rasakan. Misalkan ketika apa yang diucapkannya tidak menyenangkan hati kamu bisa memberikan pernyataan bahwa hal itu tidak seharusnya dia ucapkan, karena tidak pantas dan menyakiti perasaan orang yang mendengar ucapannya. Dengan begitu dia akan sadar dengan apa yang diucapkannya, dan membantunya untuk introspeksi diri.

Jika Masih Sulit Menghadapinya, Tidak Ada Gunanya Melanjutkan Perbincangan, Lebih Baik Hentikan!

Tipe orang sok tahu terbiasa dengan keras kepala dan merasa benar dengan segala argumennya. Ketika hal-hal di atas sudah kita lakukan, namun dia masih saja bertingkah sama atau bahkan mungkin merasa semakin sok tahu dengan berkelit, maka yang harus kamu lakukan adalah segera akhiri perbincangan itu dan pergi. Kamu tidak perlu membuang-buang waktu hanya untuk menanggapi dia yang sok tahu dan tidak ingin mendengarkan pendapat orag lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top