Relationship

Karena Keterbukaan Seseorang Untuk Masalah Pribadi Berbeda-Beda, dan Seharusnya Kita Saling Menghargai

Kenyamanan kita dalam menjalin hubungan pada seseorang pada dasarnya didukung oleh adanya banyak kesamaan dan kesukaan yang kita miliki, tapi tak bisa dipungkuri juga akan ada fase dimana kita dihadapkan dengan perbedan-perbedaan dalam diri masing-masing. Jika ada seseorang yang dengan santai mampu menceritakan semua hal yang dirasakannya kepada orang lain, disisi lain ada juga orang yang sama sekali tak pernah mampu untuk terbuka berbicara kepada orang, bahkan mungkin orang terdekatnya sekalipun.

Bukan berarti dia tidak percaya kepada orang lain tapi memang ada orang yang tak mampu berbicara terbuka kepada orang lain, Ya kita harus menghargai apapun alasan dibalik sikapnya itu.

BAGI SEBAGIAN ORANG MASALAHNYA ADALAH MILIKNYA

Seseorang yang selalu ceria dan mudah senyum bahkan hampir tak pernah menunjukkan kesedihan atau masalah apapun,Bukan berarti dia bahagia setiap hari. Sikap diam yang ditunjukkannya dan tak ingin bercerita bukan berarti dia tak mempercayai oranglan tapi memang bagi sebagian orang ada beberapa hal yang memang tidak ingin ia bagikan kepada siapapun. Karena baginya masalah yang dia sedang alami hanya miliknya dan tak perlu ada oranglain yang tau.

MASING-MASING ORANG PUNYA CARA SENDIRI

Mungkin sebagian orang akan memilih bercerita dan hal tersebut mampu mengurangi beban, tapi dilain sisi ada orang yang memilih untuk tidak ingin bercerita dengan sembarangan orang. Memilih teman yang tepat sebagai pendengar adalah keputusan yang baik, dan bahkan ada juga orang yang memilih untuk diam tak ingin bercerita kepada siapapun. Kita tidak perlu merasa tersinggung karena memang setiap individu mempunya caranya masing-masing untuk masalah pribadinya.

ADA ALASAN DIBALIK SIKAPNYA YANG TERTUTUP

Satu hal yang perlu kita ingat bahwa setiap orang mempunya alasan tersendiri untuk semua sikap dan perilaku yang ditunjukkan, begitu juga dengan keterbukaan dan sikap tertutup yang seseorang tunjukkan untuk masalah pribadinya. Mereka memilih diam karena mungkin ada beberapa hal-hal yang mereka pertimbangkan dan jaga. Apapun itu alasannya mungkin bagi mereka itulah yang terbaik.

BERIKAN WAKTU UNTUKNYA BISA BERPIKIR DAN MENENANGKAN DIRI

Orang yang sulit terbuka biasanya memerlukan waktu untuk sendiri, memikirkan masalahnya dengan tenang untuk kemudian mencari solusi dengan caranya sendiri. Mereka tidak terbiasa mampu berbicara langsung untuk ketika ada masalah dan lebih cenderung berdiam diri meski ada masalah sekalipun

DAN SUDAH SEHARUSNYA KITA MENGHARGAI KEPUTUSANNYA

Dan pada akhirnya yang harus kita lakukan untuk menyikapi sikap seseorang yang seperti ini hanyalah bisa menghargai keputusannya, bukan lantas pergi dan menjauh darinya kita harus tetap menjalin komunikasi yang baik dengannya. Karena tidak semua orang yang kita anggap sudah dekat dengan kita bisa nyaman dengan kita sebagaimana kita merasa nyaman dengannya. Karena ada titik dimana seseorang memang butuh sendiri untuk semua masalah yang dihadapi dan dimilikinya.

Selama hal itu tidak menganggu hubungan kita dengannya sah-sah saja, kita bisa menjalani hari seperti biasa. Karena kenal dengan seseorang bukan berarti kita tau semua cerita dan kisah hidupnya. Jika mungkin kita adalah orang yang sangat gampang membuka diri untuk bercerita dengan oranglain tapi tak semua orang yang kita kenal bisa nyaman dengan kita kita sebagaimana diri kita.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Spirituality

Pertanyaan Pada Diri Sendiri, Sudahkah Kita Bersyukur Untuk Hari Ini?

Bersyukur itu mudah dikatakan tapi sungguh, tak mudah dilakukan. Karena kadang kita terlalu sibuk memperhatikan apa yang tidak kita miliki. Sekaligus juga kita kerap terpana dengan yang sudah dimiliki orang lain.

Sesungguhnya hal tersebut wajar. Kita memang dititipkan nafsu yang mendorong kita menginginkan hal yang belum kita miliki. Namun kalau tak dikontrol hal itu bisa saja mengkonsumsi kepribadian kita. Malah nanti kita selalu merasa kurang dan kosong.

Mungkin kita perlu berhenti sejenak. Merenung memikirkan apa yang membuat kita berada di sini saat ini. Tak perlu merogoh jauh ke belakang atau menatap jauh ke depan. Cukup mensyukuri hari ini.

Hidup Dengan Keluarga Yang Saling Menyayangi Dan Lingkungan Yang Aman

Berada diantara keluarga yang saling menyanyangi membuat kita lebih giat untuk menghitung berkah yang sudah kita terima, lihatlah mereka yang kehilangan orang yang disayangi dalam hidupnya entah itu karena kesakitan, maut atau direnggut oleh bencana alam di lingkungannya. Kehilangan orang yang disayangi dalam hidup menjadi penderitaan batin yang tak tertandingi, bahkan membayangkannya saja kadang sudah membuat hati kita tercabik. Bersyukurlah kita yang masih hidup bersama dengan keluarga yang lengkap dengan nyaman.

Punya Tempat Tinggal Dan Bisa Makan Setiap Hari

Berterimakasihlah kepada sang pemberi hidup karena memberikan kita rumah untuk tinggal dan bisa makan setiap harinya, bandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak memiliki rumah untuk tinggal. Berpindah-pindah hanya untuk merebahkan tubuh yang kelelahan, berjuang bertaruh nyawa untuk memenuhi rasa lapar akan sesuap nasi.

Tapi kita tak pernah menganggap hal ini penting. Bahkan masih sering mengeluh dan khawatir ke orang lain, soal apakah kita bisa makan esok hari.  Kita perlu ingat budayawan Sujiwo Tejo khawatir besok tak bisa makan saja, itu sudah menghina Tuhan. Bukankah ini saatnya kita mensyukuri apa yang ada di depan meja makan kita saat ini?

Mendapat Kesempatan Merasakan Pendidikan Dan Memiliki Pekerjaan

Percaya atau tidak memang tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama dalam hidup, kesempatan untuk merasakan pendidikan salah satunya. Kita harus mensyukuri hal ini dengan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya karena tak semua orang bisa merasakan pendidikan yang sama. Sebagian dari mereka bahkan tak pernah tau apa itu pendidikan yang sebenarnya, mereka tidak seberuntung kita yang bisa mendapatkan pendidikan bahkan hingga ke pekerjaan.

Selalu melihat hidup oranglain yang terlihat sempurna dan membandingkannya dengan hidup kita hanya akan membuat kita banyak mengeluh dan meminta. Yang sadar atau tidak kita sering kali lupa jika masih ada orang yang tidak seberuntung kita. Bersyukurlah untuk hidup dengan segala kelebihan dan kekurangannya, akuilah bahwa segala yang ada dalam hidup kita adalah hal yang patut untuk disyukuri karena tak semua orang bisa mendapatkan apa yang kita miliki sekarang ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top