Relationship

Karena Keterbukaan Seseorang Untuk Masalah Pribadi Berbeda-Beda, dan Seharusnya Kita Saling Menghargai

Kenyamanan kita dalam menjalin hubungan pada seseorang pada dasarnya didukung oleh adanya banyak kesamaan dan kesukaan yang kita miliki, tapi tak bisa dipungkuri juga akan ada fase dimana kita dihadapkan dengan perbedan-perbedaan dalam diri masing-masing. Jika ada seseorang yang dengan santai mampu menceritakan semua hal yang dirasakannya kepada orang lain, disisi lain ada juga orang yang sama sekali tak pernah mampu untuk terbuka berbicara kepada orang, bahkan mungkin orang terdekatnya sekalipun.

Bukan berarti dia tidak percaya kepada orang lain tapi memang ada orang yang tak mampu berbicara terbuka kepada orang lain, Ya kita harus menghargai apapun alasan dibalik sikapnya itu.

BAGI SEBAGIAN ORANG MASALAHNYA ADALAH MILIKNYA

Seseorang yang selalu ceria dan mudah senyum bahkan hampir tak pernah menunjukkan kesedihan atau masalah apapun,Bukan berarti dia bahagia setiap hari. Sikap diam yang ditunjukkannya dan tak ingin bercerita bukan berarti dia tak mempercayai oranglan tapi memang bagi sebagian orang ada beberapa hal yang memang tidak ingin ia bagikan kepada siapapun. Karena baginya masalah yang dia sedang alami hanya miliknya dan tak perlu ada oranglain yang tau.

MASING-MASING ORANG PUNYA CARA SENDIRI

Mungkin sebagian orang akan memilih bercerita dan hal tersebut mampu mengurangi beban, tapi dilain sisi ada orang yang memilih untuk tidak ingin bercerita dengan sembarangan orang. Memilih teman yang tepat sebagai pendengar adalah keputusan yang baik, dan bahkan ada juga orang yang memilih untuk diam tak ingin bercerita kepada siapapun. Kita tidak perlu merasa tersinggung karena memang setiap individu mempunya caranya masing-masing untuk masalah pribadinya.

ADA ALASAN DIBALIK SIKAPNYA YANG TERTUTUP

Satu hal yang perlu kita ingat bahwa setiap orang mempunya alasan tersendiri untuk semua sikap dan perilaku yang ditunjukkan, begitu juga dengan keterbukaan dan sikap tertutup yang seseorang tunjukkan untuk masalah pribadinya. Mereka memilih diam karena mungkin ada beberapa hal-hal yang mereka pertimbangkan dan jaga. Apapun itu alasannya mungkin bagi mereka itulah yang terbaik.

BERIKAN WAKTU UNTUKNYA BISA BERPIKIR DAN MENENANGKAN DIRI

Orang yang sulit terbuka biasanya memerlukan waktu untuk sendiri, memikirkan masalahnya dengan tenang untuk kemudian mencari solusi dengan caranya sendiri. Mereka tidak terbiasa mampu berbicara langsung untuk ketika ada masalah dan lebih cenderung berdiam diri meski ada masalah sekalipun

DAN SUDAH SEHARUSNYA KITA MENGHARGAI KEPUTUSANNYA

Dan pada akhirnya yang harus kita lakukan untuk menyikapi sikap seseorang yang seperti ini hanyalah bisa menghargai keputusannya, bukan lantas pergi dan menjauh darinya kita harus tetap menjalin komunikasi yang baik dengannya. Karena tidak semua orang yang kita anggap sudah dekat dengan kita bisa nyaman dengan kita sebagaimana kita merasa nyaman dengannya. Karena ada titik dimana seseorang memang butuh sendiri untuk semua masalah yang dihadapi dan dimilikinya.

Selama hal itu tidak menganggu hubungan kita dengannya sah-sah saja, kita bisa menjalani hari seperti biasa. Karena kenal dengan seseorang bukan berarti kita tau semua cerita dan kisah hidupnya. Jika mungkin kita adalah orang yang sangat gampang membuka diri untuk bercerita dengan oranglain tapi tak semua orang yang kita kenal bisa nyaman dengan kita kita sebagaimana diri kita.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspiration

Jangan Pernah Remehkan Diri Sendiri, Sebelum Kamu Benar-benar Memahami Kelebihanmu

Seringkali orang lain terlihat lebih hebat di mata kita. Dia tampaknya bisa melakukan apa yang dia mau, sedangkan kita tak kunjung bisa seperti dirinya. Kita merasa tidak memiliki bakat layaknya dia. Merasa tidak punya potensi diri, kita pun memilih jadi orang yang biasa-biasa saja dan mengabaikan semua mimpi.

Tahukah kamu, sebenarnya pikiran-pikiran seperti itu hanya membatasi dirimu untuk melangkah jauh maju ke depan. Coba tanya kepada diri sendiri, apakah selama ini kamu sudah tentang dirimu sendiri dan kelebihan yang kamu miliki?

Pernahkah kamu menganggap dirimu hebat dan bisa menjadi hebat seperti banyak orang di luar sana? Jika belum, yuk mari cari tahu bagaimana cara untuk lebih mengenali dan menghargai sendiri, serta menggunakan segala potensi yang ada untuk bisa meraih mimpi!

Kenali Perasaan yang Meluap-luap dalam Diri, Apa Sebenarnya yang Menjadi Passion Kamu Selama Ini

Kebahagiaan dalam diri akan muncul jikalau kita dapat melakukan sesuatu yang benar-benar kita sukai. Ketika melakukan suatu pekerjaan yang disukai, maka kita pun akan dapat melakukan pekerjaan itu dengan baik. Tanda-tanda kita bahagia akan sesuatu adalah ketika dada terasa lebih lega dan pupil membesar dari biasanya.

Todd Kashdan, seorang profesor psikologi di George Mason University mengatakan, seseorang akan terasa begitu hidup dan termotivasi ketika mereka menggunakan kelebihan yang dimilikinya. Ketika kita merasa bersemangat dan perasaan pun terasa meluap-luap setelah melakukan suatu hal, bisa jadi itu lah ciri-ciri kelebihan yang kamu punya di dalam dirimu.

Cobalah Mengerjakan Pekerjaan Lain, Bisa Jadi Minat dan Bakatmu Ada Dibidang itu

Agar kita dapat menemukan kelebihan atau bakat terpendam, kita perlu mengeksplor peran baru. Maksudnya begini, belum tentu pekerjaan yang kita lakukan sekarang adalah hal yang kita sukai, bukan?

“Pikirkan kantor kita sebagai sebuah laboratorium percobaan,” ujar Todd. Setelah pekerjaan utama yang membuatmu bosan itu selesai, cobalah sesuatu yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Bisa dengan membantu pekerjaan teman di divisi lain, belajar dari YouTube, dan sebagainya.

Ketika kita merasa bersemangat tiap kali mengerjakan sesuatu yang berbeda dari pekerjaan utama, maka bisa jadi sebenarnya minat dan bakat kita ada di pekerjaan lain. Jika kita sudah menemukan apa yang kita sukai dan kelebihan di bidang itu, perdalamlah ilmu sebanyak-banyaknya sampai kita menjadi expert di bidangnya.

Perhatikan Kelebihanmu dari Setiap Momen yang Membuat Kamu Lebih Menonjol daripada Orang Lain

Saat sedang menggunakan kelebihan, pastinya kita tiba-tiba akan lebih menonjol lebih dari yang lainnya. Untuk mengetahui dimana kelebihan yang ada di dalam diri itu muncul, identifikasi dan sadari setiap momen di mana kita selalu lebih menonjol dan berbeda dari orang lain.

Ketika kamu menyadari momen tersebut, ingat dan kunci baik-baik di dalam memori. Ingatlah bahwa kamu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Asah kelebihan yang kamu miliki, sampai akhirnya bisa membantumu mewujudkan cita-citamu.

Salurkan Kekuatan yang Ada Didalam Diri dengan Cara yang Lebih Kreatif

Todd menyampaikan, ketika kita menyebut kelebihan kita, jangan menyebutnya dengan panggilan yang mainstream seperti “passionate”. Gunakanlah kata-kata yang lebih kreatif dan spesifik untuk menyebut kelebihan kita. Misalnya “pendongeng”, “investigator”, “gundam builder”, dan sebagainya.

“Jika kita sudah memberi sebutan atau nama pada kelebihan yang kita miliki, maka akan membuat diri kita lebih bangga dan kelebihan tersebut lebih tertanam pad akehidupan sehari-hari,” ungkap Todd.

Jangan Meremehkan Diri Sendiri, Kamu Hanya Perlu Lebih Mengenali Dirimu

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan, entah itu dibidang yang sering dianggap remeh atau pada ranah yang memang khusus. Jangan membatasi pergerakanmu dengan menganggap remeh dirimu. Pikiran-pikiran yang membatasi hanya akan membuat kita terus mundur dan takut melangkah.

Jangan karena kamu belum mendapat penghargaan dalam hidup lantas kamu anggap dirimu sebagai orang yang payah. Ingatlah, terkadang kelebihan pada seseorang tidak dibuktikan dengan berapa banyaknya penghargaan yang telah ia dapat, tetapi pada apa yang bisa dilakukannya untuk bermanfaat pada orang lain.

Semua orang bisa jadi hebat, semua orang bisa jadi terkenal. Tinggal bagaimana kita untuk lebih mengenali diri sendiri dan kelebihan yang kita miliki. Tidak ada kata terlambat untuk terus mencari kelebihan di dalam diri. Hal yang fatal adalah jika kamu telah menyerah dan tidak mau lagi berkembang ke arah yang lebih baik. Yuk, kenali dirimu lebih baik sekarang!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspiration

Jangan Coba Menyerah Sebelum Menanyakan Hal Ini pada Dirimu Sendiri

http://himydoc.com/index.php/healty-guide/28-brain-health/182-mengapa-anda-menjadi-lelah-sepanjang-waktu-penyakit-jantung-dan-4-penyebab-lain-menjadi-faktor-utama-kelelahan-anda

Hidup memang tak selalu berjalan seperti yang kita harapkan. Ada banyak rintangan yang kadang membuat kita merasa lelah. Rancangan indah dalam angan-angan pun sering kali sulit terwujudkan. Padahal rasanya kita telah mencurahkan segenap kemampuan, namun hasil yang didapat belum seperti yang diharapkan.

Kalau sudah begini, rasanya menyerah menjadi pilihan paling mudah yang bisa dilakukan. Kita merasa seperti tengah berada dalam kondisi yang sangat sulit, hingga rasanya tak ada lagi yang bisa dilakukan. Semua jalan terasa buntu. Begitu banyak usaha yang telah kita lakukan, tapi belum juga menemukan titik terang.

Di lain sisi memilih menyerah memang akan menawarkan banyak kelebihan. Kita pun tidak perlu lagi berusaha keras, bisa jadi menyerah akan memberimu lebih banyak kenyamanan hidup. Tapi sebelum memutuskan untuk menyerah, coba deh tanyakan hal-hal ini pada dirimu sendiri.

Ingat Tujuan Awalmu! Menyerah Berarti Kamu Tidak Akan Mendapatkan Tujuanmu! Yakin?

Menyerah berarti kita telah melepaskan sebuah tujuan begitu saja. Merelakan sesuatu yang sangat kita harapkan. Seharusnya dengan mengingat tujuan diawal, kita tak akan kehilangan fokus untuk mencapai tujuan. Ingat kembali tujuan awal. Mantapkan lagi tekadmu selagi masih ada kesempatan untuk berjuang.

Menyerah Tidak Akan Membuat Hidupmu Jadi Lebih Baik. Beneran Kamu Mau Merelakan Ambisimu?

Menyerah bukan sikap hidup yang baik. Padahal hidup adalah perjalanan yang penuh tantangan. Ke depannnya akan ada jalan lebih terjal yang harus kita lewati. Menyerah sekarang akan membuatmu terbiasa menyerah diwaktu yang akan datang. Alih-alih bisa mendapatkan keinginanmu, terbiasa menyerah hanya akan membuatmu kehilangan tujuan hidup.

Kamu Telah Berjuang Sejauh Ini. Kalau Kamu Berhenti, Usahamu Hanya Akan Jadi Sia-sia. Rela?

Banyak hal yang telah kita lakukan untuk bisa berada pada posisi ini. Tak terhitung lagi berapa banyak peluh yang telah dicucurkan. Usaha yang telah kamu lakukan selama ini, hanya menjadi percuma bila kamu memutuskan untuk berhenti sebelum sampai ke  tujuan.

Terkadang Rasa Putus Asa dan Ingin Menyerah Itu Hanyalah Muslihat. Memang Kamu Mau kalau Harus Menyerah Hanya Karena Malas?

Malas memang perasaan yang manusiawi. Namun, akan menjadi salah bila rasa malas menghambat kita untuk maju. Pacu dirimu untuk berusaha sedikit lebih keras lagi. Ada banyak cara yang belum kita coba  untuk mencapai tujuanmu. Jangan biarkan cita-citamu dikalahkan oleh rasa malas!

Istirahatlah Hingga Tenang! Kamu Tentu Tak Mau Menyerah Begitu Saja Hanya Karena Pikiran Keruh yang Menguasai?

Kita terus-menerus melakukan berbagai usaha untuk mencapai tujuanmu, namun kegagalan demi kegagalan belum juga mau beranjak. Rasa lelah sudah pasti kamu rasakan, belum lagi  pikiran yang keruh karena kegagalan yang terus kamu terima. Kalau sudah begini ada baiknya kamu beristirahat dulu. Tenangkan pikiranmu. Setelah itu kamu bisa melakukannya sekali lagi. Kalau masih tetap gagal juga, mungkin ini memang waktu yang tepat untuk menyerah.

Betul Sudah Maksimalin Perjuangan Kamu? Minta Tolong ke Orang Lain Bukan Hal yang Tabu, Kok!

Tidak ada manusia yang diciptakan sempurna. Ketika kamu merasa tak bisa mengerjakannya sendiri, kamu dapat meminta bantuan pada orang lain. Tak perlu merasa segan, meminta bantuan kepada orang lain bukan suatu kesalahan kok. Justru kamu akan merasa menyesal bila telah memutuskan menyerah sebelum berupaya sebaik mungkin.

Bagaimana bila Kamu Hanya Butuh Berjuang Sedikit Lagi? Setelah Itu Kamu Akan Sampai pada Tujuanmu

Manusia tak pernah tahu apa yang terjadi di waktu yang akan datang. Meski kini apa yang kamu hadapi terasa berat, bukan tidak mungkin tujuanmu sebentar lagi kamu kamu dapatkan. Bayangkan kamu telah menggali begitu dalam untuk mendapatkan air. Kamu merasa lelah dan ingin menyerah karena setelah menggali begitu dalam kamu juga belum menemukan air. Padahal sebenarnya bila kamu mau menggali 1 meter lagi, kamu bisa menemukan air. Ah, seandainya kamu mau berusaha sedikit lagi.

Apakah Kamu Telah Sepenuh Hati Membiarkan Tuhan Mengontrol Hidupmu?

Pada akhirnya ketika semua usaha telah kita lakukan dengan maksimal, mengembalikan semua urusanmu pada  Tuhan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Tuhan tentu memilik rencana yang lebih indah daripada rencanamu. Ini saatnya untuk kamu berdoa pada Tuhan dan membiarkan Dia mengotrol hidupmu. Bukankah hanya Tuhan yang paling mengetahui apa yang terbaik untukmu?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspiration

Untukmu yang Sulit Berpikir Positif, Cobalah Melakukan Hal-hal Sederhana ini!

http://trivia.id/post/jadi-bahagia-setiap-saat-yuk-latih-diri-selalu-berpikir-positif

Berpikir positif nyatanya tak hanya mambawa kebaikan untuk mood dan pikiran, tetapi juga bagi kesehatan. Membisakan diri berpikir positif memang akan memberikan dampak baik terhadap kesehatan fisik dan mental. Bila melihat manfaatnya yang begitu besar, tidaklah mengherankan jika kita pun ingin membiasakan diri untuk berpikir positf.

Pada kenyatannya, berpikir positif tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada saja pengaruh dan godaan yang membuyarkan pikiran baik. Kalau sudah begini alih-alih memiliki pikiran yang positif, rasa khawatir dan cemas yang berlebihan malah akan semakin dalam meracuni pikiran. Tentu saja kondisi seperti itu tidak bisa terus-menerus dibiarkan. 11 tips dibawah ini akan membantu kamu untuk memiliki dan terus mempertahankan pikiran positif.

Ingat Selalu pada Tuhan Akan Membawa Ketenangan untuk Hidupmu

Mengingat Tuhan bisa membantu menguatkan mental yang lemah. Berusahalah untuk memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan. Kamu bisa mendekat pada Tuhan dengan melakukan kewajiban dan menjauhi larangan-Nya. Mengingat Tuhan akan membuat kamu menjalani kehidupan dengan lebih positif. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup, akan kamu maknai sebagai hal terbaik yang memang telah digariskan Tuhan untukmu. Kalau sudah begini kamu pun akan lebih bisa menikmati setiap fase hidup sebagai tantangan yang harus dinikmati dengan pikiran positif.

Dekat dengan Orang-orang yang Positif Dapat Mengubah Pola Pikirmu Menjadi Positif Pula

Bergaul dengan orang-orang positif akan memberikan pengaruh baik pada pola pikirmu. Memang efeknya tak bisa dirasakan secara instan. Namun berteman dengan orang-orang yang memiliki pola pikir positif, lambat laun akan mengubahmu menjadi orang dengan pikiran baik. Kamu hanya perlu membuka diri. Bukankah kebaikan itu memang layak untuk diakrabi?

Tersenyum Dapat Memberikan Energi Positif untuk Kamu dan Orang-orang di Sekitarmu

Tersenyum rasanya tak akan membuat kamu rugi. Bahkan tersenyum bisa memberikan energi postif pada dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Tersenyum juga akan membuat kamu disukai banyak orang. Ketika kamu tersenyum pada orang lain, mereka pun juga akan membalas senyumanmu. Dari pola inilah akan terbentuk cara pandang positif kamu pada orang lain.

Berani Bertanggung Jawab Terhadap Tindakan yang Kamu Lakukan Akan Membentukmu Menjadi Pribadi yang Berpikiran Positif

Untuk memiliki pikiran positif, belajarlah untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Selalu lari dari tanggung jawabmu tak akan mengubah hidupmu jadi lebih baik. Jangan segan untuk mempertanggungjawabkan kesalahan yang memang kamu lakukan. Melimpahkan kesalahan pada orang lain sama sekali bukan tindakan yang baik.

Berhenti menempatkan dirimu sebagai korban yang harus dikasihani. Bila pola pikir kamu seperti itu, akan sulit untuk memiliki cara pandang positif. Bangkit dan hadapi hidup dengan berani. Bertanggung jawab terhadap kesalahan yang kamu lakukan akan membuatmu belajar dari masa lalu. Kamu pun akan dipaksa untuk berpikir positif dan tidak mengulang kesalahan yang sama di masa depan.

Jangan Segan untuk Berbuat Baik! Berbagi Tidak Akan Membuatmu Rugi

Berbuat baik pada orang lain akan membantumu mendapatkan pikiran positif. Menjadi sukarelawan di komunitas sosial akan memberi kamu kesempatan untuk mengubah pola pikir. Bukan hanya sibuk menghitung apa yang belum kamu punya, menjadi sukarelawan akan memberimu pengalaman berinteraksi langsung dengan orang-orang yang membutuhkan uluran tangan. Kalau sudah begini pandanganmu terhadap hidup pun akan berubah. Kamu pun bisa terbantu untuk berpikir positif.

Dengan Membaca Hal yang Baik Itu Artinya Kamu Sedang Menebar Kebaikan pada Pikiranmu

Awalilah hari dengan membaca hal yang dapat menguatkan pikiran positif. Kamu dapat membaca kitab suci, buku pengembangan diri, atau kisah-kisah inspiratif yang membuatmu kian optimis menghadapi hari. Lakukan hal ini saat mengawali hari dan menjelang tidur. Jadikan ini sebagai rutinitas dalam hidup kamu.

Hilangkan Pikiran Negatif dan Gantilah Dengan Hal Positif

Belajar mengenali pikiran negatif dalam diri kamu akan lebih membantumu memiliki pola pikir positif. Belajarlah untuk mengganti pikiran yang kelewat negatif dengan pikiran positif. Kamu tidak akan bisa berpikir positif, bila masih dikuasi oleh pikiran negatif. Kelewat menghakimi diri sendiri juga tidak bagus untuk kesehatan mentalmu. Seringkali kata-kata yang memiliki muatan “tidak pernah” dan “selalu” adalah sinyal bahwa hal itu tidak benar. Buatlah pikiranmu lebih realistis agar tidak selalu dihantui dengan hal negatif.

Tetapkan Tujuan Agar Kamu Menjalani Hidup Dengan Antusias

Tentukan tujuan hidupmu. Jadilan bos untuk dirimu sendiri. Dengan menetapkan tujuan hidup kamu pun akan jadi kian terarah. Memiliki mimpi akan membuatmu menjadi pribadi yang tak mudah menyerah saat menemui kendala. Dengan begini kamu pun bisa menjalani hidup dengan semangat dan antusias. Kamu pun bisa menjadi orang yang berkembang.

Tanamkan pada Dirimu Sendiri Bahwa Berpikir Negatif Tidak Ada Manfaatnya. Bahkan Bukan Tak Mungkin Bisa Menjadi Kenyataan!

Berpikir negatif tak hanya membuatmu mudah cemas, seringkali pikiran yang negatif akan berefek buruk juga. Begitu besarnya efek pikiran yang bisa berimbas pada kehidupan nyata. Luangkan waktu untuk membuat daftar yang berisi akibat-akibat berpikir negatif. Mungkin diwaktu-waktu sebelumnya kamu juga pernah menerima akibat yang kurang menyenangkan dari efek berpikir negatif. Daftar tersebut akan mengingatkanmu untuk tak lagi berpikir negatif. Bukankah segala sesuatu yang dihadapi dengan pikiran positif itu akan lebih terasa menyenangkan?

Jangan Segan Untuk Memberikan Pujian pada Orang Lain!

Memuji orang lain akan membantumu berpikir positif. Lakukan dengan tulus dan apa adanya. Tidak saja membuat kamu terlihat baik di mata orang lain, tidakkah segala hal yang dilakukan dengan tulus itu selalu membawa kebahagiaan? Memberi pujian juga akan membiasakan diri kamu untuk melihat hal positif dari orang lain. Ini membuat pikiran kamu terus positif dalam menilai seseorang.

Setiap Hari Buatlah Daftar Hal-hal yang Harus Disyukuri, Dengan Begini Kamu Akan Lebih Mensyukuri Hidupmu

Mulai saat ini biasakan diri untuk menulis daftar hal-hal yang patut disyukuri setiap harinya. Dengan melihat daftar tersebut akan membantu kamu untuk mulai berpikir positif. Kamu akan menyadari bahwa begitu banyak hal-hal membahagiakan yang ada dalam hidupmu. Tentu saja hal ini akan membantumu fokus pada apa yang telah kamu miliki. Kalau sudah begini, rasanya tak sulit lagi untuk bisa berpikir positif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top