Spirituality

Jika Kamu Sedang Mengalami 8 Hal Ini, Tandanya Kamu Orang yang Egois

ego

Dalam diri manusia terkadang ada sifat ingin menang sendiri. Sifat egois manusia sudah bawaan dari lahir, tinggal bagaimana cara kamu untuk mengontrol sifat tersebut agar tidak merugikan dirimu maupun orang lain.

Seseorang tidak akan pernah menyadari bahwa dirinya telah melakukan tindakan yang egois sampai ada orang lain yang menegurnya. Apakah kamu salah satu orang yang egois? Sudahkah menyadarinya? Yuk kenali tanda-tandanya!

KAMU MERUPAKAN ORANG YANG TIDAK MAU DISALAHKAN PADAHAL KESALAHAN ITU KAMU YANG LAKUKAN

Pernahkah kamu berbuat salah tapi kamu tidak mau mengakuinya? Ciri-ciri pertama orang yang egois adalah tidak pernah ingin menjadi orang yang disalahkan. Kamu selalu menyalahkan orang lain padahal kesalahan tersebut berasal darimu. Dirimu tidak bersikap jujur dan tidak bertanggung jawab atas semua hal yang kamu lakukan. Kamu menganggap dirimu paling benar, dan orang lain yang salah.

TIDAK PERNAH PUAS, KAMU SELALU INGIN SEMUANYA SERBA SEMPURNA

Tidak pernah merasa puas dengan apa yang didapatkan, selalu saja masih merasa kurang dan ingin segala sesuatunya berjalan sempurna sesuai keinginan. Kamu tidak pandai bersyukur atas segala hal yang kamu miliki. Ciri-ciri seperti ini menandakan kamu termasuk orang yang egois. Sebagai manusia, wajar memang jika kita tidak pernah merasa puas, tetapi jangan lupa untuk bersyukur agar kita tidak menjadi orang yang sombong.

KAMU MEMANDANG SEGALA HAL DARI SUDUT PANDANGMU, TIDAK MEMENTINGKAN PENDAPAT ORANG LAIN

Ciri-ciri lainnya dari seseorang yang bersifat egois adalah tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Memang bagus berpegang teguh pada pendapat diri sendiri, tetapi ada kalanya pendapat orang lain dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Bisa jadi sudut pandangmu itu salah, dan bantuan orang lain pasti bisa meluruskan pandanganmu yang keliru tersebut. Jangan pernah malu untuk meminta bantuan dari orang-orang yang ada di sekelilingmu.

KAMU SELALU MENGELUH TIADA HABISNYA, SEAKAN DUNIA SERBA SALAH

Tiada hari tanpa mengeluh, seakan dunia ini yang bersalah padamu. Semua hal tidak berjalan sesuai dengan rencanamu, maka dari itu kamu terus mengeluh. Coba introspeksi diri, bukan dunia yang harus beradaptasi padamu, tetapi kamu yang harus menyesuaikan diri pada dunia. Dunia ini terlalu luas, jika kamu memaksakan dunia berjalan sesuai dengan kehendakmu. Orang sukses tidak pernah menggunakan waktunya hanya untuk mengeluh. Mengeluh tidak memberikan hasil dan mengubah apapun. Jangan buang waktumu dengan percuma untuk mengeluh jika tidak mau dianggap orang yang egois.

UNTUK BERKUMPUL DENGAN TEMAN PUN KAMU TIDAK PUNYA WAKTU

Bagi kamu, waktu untuk sendirian lebih penting daripada berkumpul bersama teman-teman. Kamu selalu tidak ada saat teman-temanmu membutuhkanmu. Bahkan saat diajak bertemu untuk mengobrol pun kamu punya sejuta alasan untuk menolak. Jangan heran, jika pada akhirnya kamu akan dijauhi teman-temanmu.

SULIT SEKALI BAGI KAMU BEREMPATI PADA ORANG LAIN, BAHKAN PADA TEMANMU SENDIRI

Kamu tidak pernah mau mempedulikan nasib orang lain. Susah sekali bagimu untuk berempati. Ketika temanmu sedang menceritakan masalahnya, kamu tidak bisa merasakan kesedihannya atau bersikap untuk menenangkannya. Hatimu seperti telah tertutup oleh lapisan es yang tebal. Bagimu, urusan orang lain tidak ada sangkut pautnya dengan dirimu.

KAMU TIDAK PERNAH MAU BERUBAH KE ARAH YANG LEBIH BAIK

Ciri lainnya dari orang yang egois adalah tidak pernah mau introspeksi diri sendiri. Tidak ada keinginan untuk berubah kea rah yang lebih baik, karena dia selalu menganggap dirinya adalah yang paling benar. Dia merasa tidak perlu merubah dirinya karena dia menanggap tidak ada yang salah pada dirinya, dia yang sekarang sudah merasa sempurna.

Tidak ada orang yang pernah berani menegurnya ataupun melawannya, itulah yang membuat sifat egois dalam dirinya memuncak. Dia merasa bisa melakukan apapun, kesombongannya telah membawanya menjadi manusia yang egois dan serakah. Dia tidak akan pernah mau mendengarkan kata-kata orang lain untuk berubaheskipun itu untuk kebaikannya.

KARENA KAMU HANYA MEMIKIRKAN DIRI SENDIRI, MAKANNYA KAMU TIDAK SABARAN SETIAP KALI DISURUH MENUNGGU

Orang yang egois biasanya akan enggan disuruh menunggu dalam hal apapun. Bahkan menunggu saat mengantri di kasir pun ia tidak sabaran. Pikirannya hanya bertumpu pada dunianya, tidak menghargai atau mementingkan orang lain. Ia selalu ingin didahulukan ketika mengantri. Saat disuruh menunggu pasangan yang datang telat hanya 5 menit pun ia tidak mau menunggunya.

Kamu perlu tahu, kesabaran diperlukan dalam berbagai hal bahkan yang tidak terduga sekalipun, seperti menunggu jadwal terbang pesawat yang delay, menunggu kereta datang karena terganggu, menunggu datangnya pizza yang dipesan dari layanan delivery, menunggu datangnya jodoh, dan sebagainya. Jika kamu tidak mau bersabar dengan menunggu, kamu tidak akan pernah mendapat apa yang kamu inginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Salahkah Masih Mengharap Lebih Sementara Kita Diharuskan Untuk Bersyukur Dengan Yang Ada?

Tidak sedikit orang yang sering mengeluh atas pendapatan yang diperolehnya. Mungkin kamu termasuk salah satunya. Dirimu tidak pernah puas akan suatu hal dan selalu iri terhadap kelebihan yang dimiliki orang lain membuatmu selalu ingin meminta lebih dan tidak bersyukur terhadap kondisi yang dijalani selama ini.

Berapapun rezeki yang telah kamu terima hari ini, janganlah lupa untuk mensyukurinya. Tidak perlu banyak, asal bisa mencukupi kebutuhan hidup kamu sehari-hari pantaslah kamu syukuri dengan hati yang tulus.

Coba tanya pada diri sendiri, di saat Tuhan telah mencukupkan rezeki apakah kamu pantas mengeluh, merasa marah dan kecewa? Sedangkan banyak saudara kita di luar sana yang masih hidup serba kekurangan dan kelaparan.

Terlalu Banyak Rezeki Juga Tidak Baik, Rezeki yang Berlebihan Justru Membuat Kamu Lalai

Rezeki adalah bagian dari ujian hidup. Melalui rezeki, Tuhan mengukur seberapa besar keimanan kita. Apakah akan tetap taat atau lali menjalankan segala perintah-Nya. Mempunyai rezeki yang berlebih mungkin dapat membuat hati ini senang, tetapi seringkali membuat kita lupa diri. Tidak sedikit orang yang menjadi sombong karena punya banyak harta dan lupa terhadap sesamanya.

Memiliki harta yang berlebih membuat kita lebih mengutamakan nafsu daripada kewajiban dan memperbanyak amal. Disadari atau tidak, punya banyak harta namun tidak pernah bersyukur justru mendorong kita pada situasi yang berbahaya. Ingat, rezeki adalah amanah atau titipan dari yang maha kuasa. Jika tidak pandai menjaganya kamu yang akan rugi suatu saat nanti.

Setiap Orang Sudah Ditentukan Ukuran Rezekinya Masing-Masing, Tidak Perlu Risau Tidak Kebagian Rezeki

Dari sejak di dalam kandungan, Tuhan telah menentukan rezeki bagi masing-masing umatnya. Setiap orang takrannya berbeda-beda. Tidak perlu iri dan dengki jika orang lain rezekinya lebih banyak darimu, jika kamu merasa iri itu artinya kamu belum bersyukur dan masih risau tidak akan kebagian rezeki.

Belakangan sering kita lihat di berbagai media tentang orang lain yang bertengkar karena merasa “lahannya” untuk mencari rezeki telah diambil orang lain, ia takut bahwa suatu saat orang tersebut akan mengambil rzekinya dan dia menjadi miskin.

Percayalah, Tuhan tidak akan membiarkan umatNya sengsara. Selama kita beriman dan terus berusaha, rezeki akan datang kepada kita melalui jalan dan cara apapun yang halal.

Punya Rezeki Lebih, Jangan Lupa Saling Berbagi

Sebanyak 2,5% dari penghasilan yang kita dapatkan adalah milik orang lain. Maka dari itu, ketika sudah mendapatkan rezeki yang mencukupi jangan lupa untuk berbagi pada sesama. Membagikan rezeki kita pada orang yang membutuhkan tidak akan membuat kita miskin. Ingatlah selalu bahwa Tuhan akan memberikan pahala atau ganjaran yang sepadan dengan kebaikanmu. Untuk itu, berbagilah sebanyak-banyaknya.

Berbagi dengan niat dan hati yang tulus akan membuat batin kita merasa lebih bahagia. Bahagia melihat senyuman sesama manusia, bahagia karena ada orang lain yang bisa terselamatkan atas pertolongan yang kita berikan. Rasakanlah hidup yang lebih bahagia melalui berbagi pada sesama.

Bersyukur dengan Rezeki yang Kamu Terima, Membuat Hatimu Lapang

Semua yang telah diberikan oleh Tuhan adalah yang terbaik buat kita. Bersyukur adalah salah satu cara untuk berterima kasih pada Tuhan. Ia tidak pernah meminta apapun pada umatnya selain selalu beriman kepadanya. Bersyukur dengan hati, bersyukur melalui lisan, dan bersyukur melalui perbuatan akan membuat hati jadi lebih lapang.

Bersyukur membuat kita selalu ingat kepada Tuhan dan selalu ingat untuk tidak mengeluh. Betapa tidak sopannya kita jika selalu kecewa terhadap kehidupan yang telah diberikan, padahal Tuhan tdak pernah mengharapkan balasan apapun dari kita. Selama mau berusaha dan berdoa, rezeki akan mengikuti, ia tidak akan pernah pergi.

“Saat kita bersyukur atas apa yang dimiliki meski kecil itu, kita akan melihat hal-hal itu langsung bertambah,” –The Magic, Rhonda Byrne

Tidak Perlu Risau, Rezeki akan Datang dari Arah yang Tidak Kamu Duga

Seseorang yang bertakwa pada Tuhannya, ia akan selalu diberikan jalan keluar dalam setiap kesulitan yang dihadapinya. Seseorang yang beriman kepada Tuhannya, ia akan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.

Itulah ketentuan Tuhan terhadap umatnya, bahwa rezeki bisa datang dari arah manapun. Jika kamu merasa belum mendapatkan rezeki yang cukup dari tempat kerjamu yang sekarang, kamu akan mendapatkannya dari tempat lainnya. Seperti saat bertemu orang di jalan, ketika ada di angkutan umum, dan sebagainya.

Rezeki itu tidak hanya berupa uang semata. Bisa jadi lewat senyuman orang lain, hari yang cerah, masih diberi kesempatan untuk bernapas lega, ucapan terima kasih dari teman baik, itu juga merupakan rezeki.

Jadi, janganlah mengukur rezekimu hanya dari uang saja, jika kamu tetap demikian, kamu tidak akan pernah puas dan mau bersyukur. Sesungguhnya rezeki adalah sesuatu yang mencukupi dan dapat memberi manfaat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Spirituality

Buat Kamu yang Gak Pernah Liburan, Ini 8 Alasan Kenapa Liburan Bikin Kamu Lebih Bahagia

Setiap hari kamu harus bangun jam 5 pagi, mandi, menyiapkan sarapan, pergi ke kantor, menghadapi kemacetan, bekerja, lalu pulang kerja, kemudian tidur, dan esok harinya melakukan hal yang sama lagi secara terus menerus sampai usiamu tua.

Terjebak dalam rutinitas yang sama setiap hari dapat membuat hidup jadi kurang menari. Tidak ada tantangan yang membuat kamu termotivasi untuk melakukan sesuatu yang berbeda, kamu terus melakukan hal yang sama setiap hari karena sudah terjebak dalam zona nyaman tersebut yang artinya kamu butuh liburan! Banyak sekali manfaat liburan yang bisa kamu rasakan untuk membuat hidup kamu lebih bahagia dan lebih sehat, manfaatnya bahkan lebih baik daripada hanya memiliki harta semata.

KEBAHAGIAAN GAK HANYA KAMU DAPATKAN DARI UANG YANG BANYAK PERGI BERLIBUR BERSAMA TEMANMU KEBAHAGIAAN SEJATI AKAN MUNCUL

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell University menemukan sebuah cara yang dapat membuat kamu terlepas dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. Profesor Thomas Gilovich menunjukan persamaan kebahagiaan yang didapat ketika seseorang membeli sebuah benda yang sudah lama diinginkannya dengan ketika pergi berlibur ke suatu tempat.

Memori yang didapat pada saat liburan mampu meningkatkan hormon kebahagiaan lebih banyak. Setiap kenangan baru yang didapatkan pada saat liburan bisa menjadi sumber kebahagiaan yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

LIBURAN BIKIN ANTIBODI KAMU KUAT JADI KAMU GAK GAMPANG SAKIT

Antibodi merupakan sedikit protein yang dapat melindungi sistem imun dari ancaman bakteri pathogen. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli bernama Mary Ruebush Phd menyebutkan bahwa tak ada salahnya kalau kita sedikit bermain dengan lingkungan yang kotor untuk membuat antibodi lebih kebal melawan berbagai ancaman bagi kesehatan. Kamu pasti pernah dengar slogan iklan “Berani Kotor Itu Baik!”, itu benar adanya lho!

LIBURAN BISA MENINGKATKAN HUBUNGAN KAMU DENGAN ORANG TERKASIH

Sebuah penelitian dari Universitas Arizona Departemen Kesehatan dan Manusia menemukan bahwa wanita yang melakukan liburan akan mendapatkan pernikahan yang memuaskan. Hubungan yang lebih erat dengan pasangan dapat menciptakan kebahagiaan tersendiri.

OTAK KAMU LEBIH PINTAR SETELAH LIBURAN

Siapa yang gak ingin lebih pintar dan otaknya lebih sehat? Semua itu bisa kamu dapatkan jika kamu liburan ke tempat yang baru dan jauh dari rutinitas sehari-hari. Liburan membuat pikiran lebih terbuka. Kamu ketemu dengan orang-orang baru, beradaptasi dengan situasi baru menjadikanmu lebih aware dengan kebudayaan dan lingkungan orang-orang lokal di tempat yang kamu datangi.

Profesor Adam Galinsky, dari Columbia Bussiness School dan seorang yang telah menulis beberapa penelitian ilmiah menemukan seseorang yang telah melakukan perjalanan ke negara yang berebda adalah orang yang kreatif.

LIBURAN BIKIN KAMU LEBIH BAHAGIA DAN PEKA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DI SEKITAR KAMU INI AKAN MEMBUAT KAMU LEBIH PEDULI DENGAN ORANG LAIN

Liburan akan membawamu mengenal orang-orang baru yang belum pernah kamu temui. Kondisi ini memaksa kamu mempelajari latar belakang dan kebudayaan orang-orang tersebut, mengetahui kebiasaan dan kesukana mereka. Membuat kamu lebih peka akan kehidupan sosial yang ada di sekitar kamu.

Mary Helen Immordino-Yang, seorang profesor pendidikan dan psikologi Universitas of Souther California mengatakan, pengalaman merasakan berbagai budaya orang lain dapat meningkatkan kepekaan seseorang. Mereka akan memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang dari latar belakang yang berbeda-beda dan kemampuan keluar dari zona nyaman.

SESEORANG YANG PERNAH MENJALANI LIBURAN DI NEGERI ORANG DALAM WAKTU YANG LAMA DAPAT MEMILIKI RASA KEMANUSIAAN YANG TINGGI

Masih terkait penelitian yang dilakukan Gallinsky, seseorang yang telah berpengalaman pergi ke negeri orang dapat meningkatkan rasa percaynyaa terhadap orang lain lebih tinggi dibanding dengan orang yang memilih berada di tempat yang sama terus menerus. Semakin banyak kamu memahami orang-orang di sekitar kamu dapat membuat kamu menyadari indahnya perbedaan.

INGIN BEBAS SAKIT JANTUNG? KUNCINYA ADALAH LIBURAN!

Penelitian yang dilakukan Framingham Heart Study yang meeliti wanita berusia 45 hingga 65 tahun. para peneliti menemukan wanita yang kurang liburan lebih tinggi berisiko terkena serangan jantung dibandingkan dengan wanita yang sering liburan setidaknya dua kali dalam setahun. Jadi, gak Cuma baik untuk kesehatan mental kamu tapi liburan juga bikin jantung kamu lebih sehat.

HIDUP KAMU AKAN LEBIH PANJANG KALAU SERING-SERING LIBURAN

Ya, manfaat lain dari liburan ialah kamu bisa hidup lebih lama. Hal ini disampaikan oleh Dr. David Lipschitz seorang director di pusat penuaan Universitas Arkansas Departemen Ilmu Pengobatan, liburan menjaga tubuh kamu tetap sehat luar dan dalam, dan meningkatkan kesehatan otak. Dampak dari merasakan kehidupan di alam yang baru membuat hidup kamu lebih sehat dan bahagia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Life

Berhentilah Mencibir Orang Lain, Kamu Tidak Pernah Tahu Penderitaan Apa Saja yang Telah Dilaluinya

Seringkali dengan mudah kita melontarkan kritik jelek pada orang lain. Padahal kita baru saja bertemu dengan orang itu. Saat melihat penampilannya yang tidak sesuai dengan selera kita, kita langsung menilai jelek orang tersebut.

Kebiasaan menilai orang dari penampilannya sudah melekat dalam diri sebagian besar orang. Ketika, kita melihat orang yang berbeda dari kita, kita secara spontan mencibirnya, menganggapnya aneh, kemudian memandangnya remeh.  Sebagai manusia, kita memang tempatnya salah dan lupa. Tak pernah berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Kegiatan mencibir orang lain sepertinya sudah mendarah daging dalam diri manusia. Padahal kita tidak pernah tahu apapun tentang orang lain yang pernah kita sindir tersebut.

KITA TIDAK PERNAH TAHU APA SAJA PENDERITAAN YANG PERNAH DIA LEWATI DAN SEKERAS APA PERJUANGAN HIDUPNYA

Mungkin mudah bagimu menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja. Dia terlihat cantik, tampan, sukses, berbakat, dan kehidupannya pun tampak bahagia. Apa yang dimilikinya membuatmu iri. Kamu melihat dia sebagai sosok yang sangat sempurna.

Tapi pernahkah kamu berpikir bahwa semua yang dimilikinya saat ini diperolehnya dengan tidak mudah? Kamu bertemu dia hanya pada saat suksesnya saja. Kamu tidak melihat betapa sulitnya ia berjuang dan banyaknya masalah yang harus ia hadapi seorang diri tanpa banyak mengeluh. Kalau kamu mengetahui perjuangannya yang berat itu kamu pun gak akan berani mencibirnya.

JANGAN PERNAH MERASA SEMPURNA, KITA HANYA MANUSIA YANG MASIH BANYAK KEKURANGAN

Ingat, kita sebagai manusia tidaklah sempurna. Kamu yang terlalu sibuk mengurusi hidup orang lain sampai lupa tentang dirimu sendiri. Daripada sibuk mengomentari kekurangan yang dimiliki orang lain, lebih baik jika kamu perbaiki dulu kekurangan yang ada pada dirimu.

Mungkin kamu dengan mudah menilai kelemahan orang lain, tapi bisakah kamu melihat kekurangan yang ada di dalam dirimu? Jika belum, belajarlah untuk coba melihat kekurangan yang ada pada dirimu kemudian memperbaikinya. Lebih baik sibuk untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik daripada mencibir orang yang tidak menghasilkan manfaat apapun.

RASA IRI DAN DENGKI UBAH JADI MOTIVASI

Rasa iri seringkali menutup hati dan pikiran sehingga kita lupa diri bahwa kita pun harus berusaha dengan baik agar mencapai sukses yang kita inginkan. Jika kamu ingin mempunyai mobil mewah, rumah berukuran besar, atau kehidupan yang nyaman seperti yang kamu lihat dari orang lain, kamu pun harus mengupayakannya. Jangan hanya diam dan menatapi kesuksesan orang lain dari jauh. Kamu pun bisa sukses seperti mereka ketika kamu berusaha dengan sungguh-sungguh.

MENGHUJATNYA TIDAK AKAN MERUBAH APAPUN, BAIK DIRIMU ATAU ORANG YANG DIHUJAT

Setelah kamu mencibir atau menghujatnya, lalu apa yang kamu dapatkan? Tidak ada. Ya, walaupun kamu berbicara buruk tentang orang lain yang tidak kamu sukai, itu tidak akan mengubah hidupnya dan tidak akan merugikannya. Hidupnya terus berjalan seperti biasa begitu pun juga kehidupanmu. Daripada waktumu terbuang percuma melakukan hal yang tidak berguna, lebih baik kebiasaan mencibirmu diubah jadi kegiatan yang bermanfaat.

Mengeluarkan pendapat memang hak semua orang, tapi daripada kamu hanya mengeluarkan pendapat buruk yang dapat memicu emosi orang lain, lebih baik diam. Ada yang mengatakan diam itu lebih baik daripada berbicara yang tidak bermanfaat.

MENCIBIR ORANG HANYA AKAN MERUGIKANMU

Ya, rugi sekali orang yang hanya menghabiskan waktunya hanya untuk mengomentari hidup orang lain. Tidak ada manfaat yang kamu dapat, malah yang ada hanya menambah dosa. Kamu tentu ingin masuk surgaNya. Berbicara buruk tentang orang lain termasuk perbuatan ‘dzalim’. Ketika kamu berbuat jahat pada orang lain, dosa-dosa orang tersebut akan diampuni sementara kamu hanya akan menambah timbangan dosamu jadi lebih banyak. Tuhan saja tidak pernah membuka kejelekan dirimu selama ini, kenapa kamu sibuk mengumbar aib orang lain pada banyak orang? Jadilah orang yang lebih berhati-hati dalam bersikap dan bertindak.  Yuk taubat sebelum terlambat.

HIDUPMU TERLALU SINGKAT, PANTASKAH MENGHABISKANNYA UNTUK MENCIBIR ORANG LAIN?

Sadarkah kamu selama ini hidupmu hanya dihabiskan hanya untuk mencibir orang lain? Kebencianmu terhadap mereka yang tidak kamu suka membuatmu lupa. Lupa untuk memperhatikan orang-orang yang kamu cinta di sekelilingmu. Lupa untuk merasa bahagia. Lupa bahwa hidup di dunia terlalu singkat jika hanya digunakan untuk membicarakan keburukan orang lain.

Energi dan perhatianmu selama ini hanya fokus pada sesuatu yang sebenarnya tidak penting. Semakin sering kamu mencibir orang lain semakin bertumpuk rasa dengki di dalam hati yang membuatmu sulit merasa bahagia. Kamu terus saja mencari-cari kesalahan yang dimiliki orang lain sampai akhirnya waktumu di dunia habis tanpa sempat kamu memperbaiki diri.

Daripada sibuk dengan segala kebiasaan negatifmu selama ini, lebih baik ubah diri selagi sempat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Spirituality

Berhentilah Mengecilkan Diri Sendiri, Sebenarnya Kamu Pemberani Asal Jangan Melakukan 6 Hal Ini

Kepercayaan diri dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang yang percaya diri biasanya menjalani hari dengan optimis dan semangat. Orang yang percaya tidak ragu dalam mengambil keputusan karena ia tahu apa yang dilakukannya.

Sebaliknya, jika kamu merupakan orang yang suka minder dan gak percaya diri. Kamu selalu menjalani hidup dengan pesimis dan tidak semangat. Kamu tidak percaya akan kemampuan diri sendiri dan selalu mengecilkan diri di hadapan dunia. Kamu sebenarnya adalah orang yang pemberani, kenali sumber-sumber yang menyebabkan kamu tidak percaya diri. Umumnya ini 6 hal yang membuat orang selalu minder.

KAMU SELALU BERTINDAK KALAU KAMU DIPUJI, SAAT ORANG MENCELAMU KAMU AKAN TAKUT DAN TIDAK PERCAYA DIRI

Bila kamu bertindak hanya karena pujian orang lain, itu artinya kepercayaan dirimu hanya akan ada saat orang lain memujimu. Kamu akan kembali tidak percaya diri ketika tidak ada orang yang memuji perbuatanmu atau ketika ada orang yang mencela tindakan yang kamu lakukan.

Hidup ini tidak lepas dari hinaan, ada saja orang yang tidak suka kepada kita. Maka dari itu, biasakanlah untuk menerima setiap hinaan yang menimpamu karena hal setiap hinaan akan menjadikanmu manusia yang lebih kuat.

Selalu bertindaklah untuk diri sendiri, jangan hanya bertindak karena ingin dipuji. Kamu melakukan sesuatu tindakan karena kamu anggap itu benar dan bukan karena ingin komentar positif dari orang lain.

TERLALU MEMIKIRKAN PENDAPAT BURUK ORANG LAIN TERHADAPMU, KAMU LUPA AKAN PRESTASI YANG TELAH KAMU CAPAI SELAMA INI

Kamu merasa kamu ini lemah, tidak ada satu hal pun yang bisa kamu lakukan di dalam hidup ini, yang parah lagi ketidakpercayaan dirimu semakin menjadi karena terlalu memikirkan pendapat buruk orang lain akan dirimu. Kamu lupa bahwa dulu kamu juga pernah melakukan sesuatu yang berharga dan bermanfaat untuk orang lain.

Ingatlah kembali saat-saat kamu melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Mengingat memori-memori indah yang kamu lakukan saat masa lampau dapat membantu meningkatkan kepercayaan dirimu. Percayalah, tidak ada orang yang tidak berguna. Setiap dari kita pasti bisa memberikan kebaikan pada orang lain. Janganlah terlalu memusingkan pendapat orang lain tentangmu, karena hal itu hanya akan menghambatmu untuk bertindak. Teruslah maju dan buatlah perubahan dalam hidupmu.

PERHATIANMU HANYA FOKUS TERHADAP ANCAMAN, LUPA BAHWA BANYAK PELUANG YANG BISA KAMU DAPAT AGAR KEPERCAYAAN DIRI MENINGKAT

Kepercayaan diri jadi berkurang biasanya terjadi setelah kamu melihat sesuatu yang kamu tidak bisa melakukannya. Kamu takut bahwa jika kamu melakukan hal tersebut, dirimu akan gagal. Tetapi hal yang perlu diingat adalah jangan pernah takut untuk berbuat salah, ketika kamu melakukan kesalahan kamu bisa mengulanginya lagi sampai benar-benar berhasil. Jangan terlalu fokus terhadap ancaman, alihkan fokusmu untuk melihat setiap peluang.

KETIDAKPERCAYAAN DIRIMU MEMBUATMU MALAS, PARAHNYA KAMU MEMBIARKAN RASA MALASMU ITU MENJADI-JADI

Ketika rasa minder menghampiri, kamu lebih memperburuknya dengan bertindak malas-malasan. Tidak ada inisiatif darimu untuk bergerak dan memperbaiki diri. Kemalasan yang dibiarkan terlalu lama akan berbahaya karena nantinya akan berubah menjadi kebiasaan. Kalua sudah menjadi kebiasaan akan sulit untuk mengubahnya. Untuk itu, jangan biarkan rasa malas menggerogoti jati dirimu. Orang yang sudah terjebak dalam rasa malas akan sulit berubah untuk menjadi manusia yang lebih baik.

RASA PERCAYA DIRIMU ITU MUNCUL KARENA KAMU TIDAK PERCAYA BAHWA TUHAN SELALU MENYERTAIMU

Tindakanmu yang tidak percaya diri menunjukan bahwa kamu tidak percaya bahwa Tuhan selama ini selalu mengawasi dan mendukungmu. Ingatlah Tuhan tidak akan mengubah nasib kaumnya jika ia tidak mengubahnya sendiri. Jika tindakanmu sehari-hari diawali dengan optimis dan percaya Tuhan selalu mendukung tiap langkahmu maka tidak ada alsan untuk kamu merasa minder.

KAMU SELALU BERPIKIR BURUK TENTANG DIRIMU SENDIRI, KAMU TIDAK SADAR BAHWA KAMU PUNYA BAKAT YANG LUAR BIASA

Ya, salah satu faktor kenapa seseorang merasa malu dan minder ialah ia tidak percaya akan kemampuannya sendiri. Ia selalu merasa dirinya lemah dibanding orang lain. Kesuksesan orang lain bukannya jadi penyemangat malah menjadi alasan untuk menghindar dan takut untuk percaya diri. Padahal jika kamu mau berubah, ada sejumlah potensi atau bakat di dalam dirimu yang belum kamu ketahui. Jangan merasa takut jika kamu belum meraih apapun hingga saat ini, takutlah jika kamu tidak mau melakukan apa-apa.

Tidak ada manusia yang diciptakan tidak berguna. Kamu pun bisa mengasah kemampuanmu lebih baik lagi dan bermanfaat untuk orang lain. Hidup itu untuk diperjuangkan bukan untuk diratapi. Kamu yang hanya bisa meratapi nasib tidak bisa melihat betapa indahnya dunia jika kamu mulai membuat langkah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top