Life

Ingin Lebih Dihargai Orang Lain? Jangan Segan Untuk Mengakui Kesalahanmu Dan Berhenti Berpura-Pura Menjadi Sempurna!

Setiap manusia pasti ingin dihargai oleh orang-orang disekitarnya. Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, membuatnya membutuhkan penerimaan dari orang lain. Pun kebutuhan untuk dihargai adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Pertanyaannya adalah tentang bagaimana caranya  kamu membuat orang lain untuk lebih menghargai kamu. Menampilkan sosokmu yang seolah-oleh sempurna tentu akan membuat kamu dihargai orang lain. Namun dalam hal ini kamu akan dihargai hanya karena topeng palsumu. Tentu hal ini tidak akan bisa bertahan lama. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tak sempurna.

Berpura-pura akan membuatmu tak nyaman menjalani hidup. Sampai kapan kamu sanggup seperti itu?

Buatlah orang lain lebih menghargaimu dirimu dengan cara yang lebih bijak. Tak lagi bersembunyi dibalik topeng pura-puraanmu akan membuatmu lebih nyaman menjalani hidup. Berhenti berpura-pura menjadi sempurna. Jalani hari sesuai kemampuanmu, tunjukkan sifat dan watak aslimu. Namun tetap lakukan yang terbaik untuk orang-orang disekelilingmu. Buat mereka nyaman dengan keberadaanmu. Kalau sudah begini mereka pasti akan lebih meghargaimu.

Berbuat salah akan membuatmu lebih mensyukuri hidup

Ketika kamu berbuat kesalahan, kemudian orang-orang perlahan menjauhimu, kamu akan lebih bisa mensyukuri saat bahagiamu. Kamu akan mulai mengerti bahwa kebersamaan dengan orang-orang yang menyanyangimu dengan tulus adalah momen yang tak bisa dibeli dengan uang. Pun ketika kamu sedang menikmati saat-saat bahagiamu, kamu akan lebih hati-hati dalam melangkah agar tidak jatuh dalam kesalahan yang sama lagi.

Mengakui kesalahan akan membuat kamu termotivasi untuk terus menjadi orang yang lebih baik

Hidup adalah proses belajar yang terus menerus. Selagi manusia masih hidup, proses jatuh bangun itu akan terus terjadi. Orang yang mau terus belajar akan mendapat hikmah dari setiap momen yang terjadi dalam hidupnya. Pun setiap kamu mengakui kesalahan, hendaknya kamu bisa mengambil hikmah dari peristiwa tersebut. Terlebih usaha kamu untuk menjadi orang yang lebih baik akan menjadi bukti sejauh mana kamu meyesali kesalahanmu itu.

Mengakui kesalahan, membuatmu menjadi orang yang rendah hati. Untuk apa menjadi tinggi hati bila manusia acap kali masih berbuat salah?

Mengakui kesalahan akan mengingatkanmu pada hakekat manusia sebagai makhluk yang tak sempurna. Paling tidak dengan mengakui kesalahanmu kamu tak lagi menjelma menjadi orang yang sok dan merasa paling benar. Kontrol egomu dan buat orang lain merasa nyaman saat berada di dekatmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Spirituality

Lima Kalimat Sederhana Yang Bisa Kita Jadikan Alasan Untuk Mengubah Hidup

Perjalanan hidup yang kita lalui tentu memberikan beberapa pelajaran berharga bagi setiap pribadi kita. Mulai dari bayang-bayang tentang sesuatu yang buruk hingga hal-hal indah yang kita inginkan. Namun terfokus kepada hal-hal besar kadang malah membuat kita melupakan perubahan kecil yang bisa saja sudah kita temukan. Karena hidup yang baik tak hanya tentang pencaapain besar saja, ada hal-hal kecil yang seharusnya bisa kita lakukan untuk hidup yang lebih baik. Salah satunya merenungi beberapa kalimat yang bisa mengubah hidup yang kita miliki. Meski nyatnya diri sendirilah yang akan mengubah hidup masing-masing kita, setidaknya kalimat-kalimat ini akan sedikit lebih membantu.

 

Tak Perlu Risau, Meski Tak Selalu Mendapat Apa Yang Kita Inginkan Tetapi Semua Hal Yang Di Butuhkan Selalu Terpenuhi

Tentu kita pernah menginginkan sesuatu tapi nyatanya tidak berhasil untuk mendapatkannya. Untuk kemudian merasa bahwa hidup sudah tidak adil. Mungkin terdengar sangat manusia tapi bukan berarti sikap ini harus kita pelihara. Cobalah untuk membayangkan kembali perjalanan hidup yang sudah terlalui. Untuk semua keingin yang mungkin tidak terpenuhi dan coba bandingkan untuk semua kebutuhan yang selalu tercukupi. Karena begitulah hidup yang sebenarnya, meski banyak hal-hal dari rencana tidak berjalan lancar. Tapi sang pencipta selalu punya cara lain untuk menggenapi janjinya. Untuk itu kita tidak risau untuk segala sesuatu yang tidak berhasil diraih, selama kita telah mencoba itu sudah lebih dari cukup. Karena segala sesuatu hanya akan terjadi jika kita memang benar-benar butuh akan hal itu. Selebihnya tergantung bagaimana semesta merestuinya.

 

Fokuslah Pada Hal-Hal Yang Menjadi Prioritas, Dan Berhenti Untuk Memikirkan Pandangan Buruk Dari Oranglain

Hidup yang lebih baik hanya akan kita dapatkan ketika kita bisa berusaha dengan baik. Untuk itu fokuslah untuk sesuatu yang memang menjadi tujuan dan prioritas utama kita. Karena untuk segala sesuatu yang kita mau keyakinanlah hal yang paling penting untuk dimiliki. Mendengarkan omongan buruk dari orang lain tentang kita hanya akan menambah beban untuk diri sendiri. Mengganggu konsentrasi yang kita punya yang bisa-bisa merusak semua rencana yang telah kita susun. Karena hidup yang kita jalani menjadi milik dan tanggungjawab kita sepenuhnya. Untuk itu segala hal yang menjadi hasilnya akan kita terima sesuai dengan perjuangan yang kita perbuat. Jika nyatnya kita malah lebih mementingkan pandangan orang lain, daripada keyakinan kita sendiri. Itu adalah sesuatu yang akan sia-sia.

 

Berbuat Salah Itu Wajar, Justru Dari Sana Kita Akan Menemukan Banyak Pelajaran Berharga Nantinya

Jika ternyata kita merasa belum pernah melakukan kesalahan apapun dalam hidup, sudah selayaknya kita bertanya pada diri sendiri. Bertanya tentang apa saja yang sudah kita perbuat unuk hidup yang lebih baik. Meski kerap kali kita pernah berbuat salah bukan berarti kita harus berkecil hati atau mengutuk diri. Justru kita adalah orang yang beruntung karena sudah pernah berbuat salah. Dalam artian kita sudah melakukan beberapa hal dalam hidup. Meski kerap kali gagal kita harus tetap bersyukur, berterimakasih untuk kesempatan yang ada. Dari semua salah tersebut kita belajar untuk lebih baik lagi kedepannya. Menjadikan hal tersebut sebagai tolak ukur yang akan kita pakai untuk rencana-rencana hidup selanjutnya.

 

Masalah Datang Untuk Menguatkan Kita Bukan Untuk Menjatuhkan Semangat

Biar bagaimanapun ungkapan yang mengatakan “Tidak ada masalah yang melebihi kekuatan seseorang”. Adalah benar adanya, setiap masalah yang menghampiri hidup kita tentu mempunyai maksud-maksud tersendiri. Hadir untuk menguatkan jiwa dan keyakinan kita bukan untuk menggoyahkan impian kita. Jangan pernah berpikir bahwa masalah yang ada dikirim sebagai hukuman dari semesta. Posisikan semuanya sebagai guru yang akan memberi kita pelajaran hidup tanpa menginginkan bayaran. Dari setiap masalah kita akan memperoleh ilmu yang kelak kan berguna untuk sesuatu yang lebih baik. Karena setiap masalah yang ada akan selalu menyalurkan pelajaran yang juga berbeda-beda untuk kita.

 

Sebelum Berani Untuk Membandingkan Hidup Dengan Orang Lain, Belajarlah Untuk Bersyukur.

Sering sekali kita tergiur dengan membandingkan pencapaian yang dimiliki oleh orang lain dengan apa yang kita miliki. Untuk selanjutnya selalu memandang lebih terhadap semua hal yang dimiliki oleh orang lain. Tapi sering lupa untuk berterimakasih untuk semua hal yang kita miliki. Yang kita sadari atau tidak sikap ini, hanya akan menjadikan kita sebagai seseorang yang mudah mengeluh. Memandang segala hal sebagai kesulitan yang mungkin tidak bisa kita lewati. Sehingga akan berpengaruh pada kepercayaan diri yang kita miliki. Ketika oranglain sudah sampai pada hasil pencapaiannya, kita masih sibuk membandingkan hidup dengan orang lain. Jika sikap ini masih akan terus kita pelihara, maka kita masuk kedalam golongan ornag-orang yang merugi.

Lima kalimat tersebut memang terlihat sederhana, tapi jika kita memang benar-benar bisa memahami. Dan mengaplikasikannya dalam hidup yang kita jalani niscaya hidup akan terasa lebih mudah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top