Life

Ingin Lebih Dihargai Orang Lain? Jangan Segan Untuk Mengakui Kesalahanmu Dan Berhenti Berpura-Pura Menjadi Sempurna!

Setiap manusia pasti ingin dihargai oleh orang-orang disekitarnya. Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, membuatnya membutuhkan penerimaan dari orang lain. Pun kebutuhan untuk dihargai adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Pertanyaannya adalah tentang bagaimana caranya  kamu membuat orang lain untuk lebih menghargai kamu. Menampilkan sosokmu yang seolah-oleh sempurna tentu akan membuat kamu dihargai orang lain. Namun dalam hal ini kamu akan dihargai hanya karena topeng palsumu. Tentu hal ini tidak akan bisa bertahan lama. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tak sempurna.

Berpura-pura akan membuatmu tak nyaman menjalani hidup. Sampai kapan kamu sanggup seperti itu?

Buatlah orang lain lebih menghargaimu dirimu dengan cara yang lebih bijak. Tak lagi bersembunyi dibalik topeng pura-puraanmu akan membuatmu lebih nyaman menjalani hidup. Berhenti berpura-pura menjadi sempurna. Jalani hari sesuai kemampuanmu, tunjukkan sifat dan watak aslimu. Namun tetap lakukan yang terbaik untuk orang-orang disekelilingmu. Buat mereka nyaman dengan keberadaanmu. Kalau sudah begini mereka pasti akan lebih meghargaimu.

Berbuat salah akan membuatmu lebih mensyukuri hidup

Ketika kamu berbuat kesalahan, kemudian orang-orang perlahan menjauhimu, kamu akan lebih bisa mensyukuri saat bahagiamu. Kamu akan mulai mengerti bahwa kebersamaan dengan orang-orang yang menyanyangimu dengan tulus adalah momen yang tak bisa dibeli dengan uang. Pun ketika kamu sedang menikmati saat-saat bahagiamu, kamu akan lebih hati-hati dalam melangkah agar tidak jatuh dalam kesalahan yang sama lagi.

Mengakui kesalahan akan membuat kamu termotivasi untuk terus menjadi orang yang lebih baik

Hidup adalah proses belajar yang terus menerus. Selagi manusia masih hidup, proses jatuh bangun itu akan terus terjadi. Orang yang mau terus belajar akan mendapat hikmah dari setiap momen yang terjadi dalam hidupnya. Pun setiap kamu mengakui kesalahan, hendaknya kamu bisa mengambil hikmah dari peristiwa tersebut. Terlebih usaha kamu untuk menjadi orang yang lebih baik akan menjadi bukti sejauh mana kamu meyesali kesalahanmu itu.

Mengakui kesalahan, membuatmu menjadi orang yang rendah hati. Untuk apa menjadi tinggi hati bila manusia acap kali masih berbuat salah?

Mengakui kesalahan akan mengingatkanmu pada hakekat manusia sebagai makhluk yang tak sempurna. Paling tidak dengan mengakui kesalahanmu kamu tak lagi menjelma menjadi orang yang sok dan merasa paling benar. Kontrol egomu dan buat orang lain merasa nyaman saat berada di dekatmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top