Life

Berhentilah Mengeluh Soal Waktu, Kamu Hanya Belum Tahu Trik Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

waktu

“Duh waktu cepet amat ya? Kerjaan gue belum beres nih!”, “Ya ampun udah weekend aja, request klien belum sempat di cek!”

Pernahkah kamu mengeluh soal hal-hal ini? Selalu saja kamu berpikir bahwa waktu 24 jam yang kamu miliki dalam satu hari tidaklah cukup. Kamu rasa waktu berjalan sangat cepat padahal pekerjaanmu belum selesai semua. Hal ini tidak akan terjadi jika saja kamu tahu cara mengelola waktu dengan baik.

Manajemen waktu adalah kunci keberhasilan seseorang. Trik manajemen waktu sebenarnya mudah dan bisa dipelajari semua orang, termasuk kamu.

SEBENARNYA INI SEPELE, TAPI BANYAK ORANG YANG MALAS MELAKUKANNYA

Sesuatu yang mudah dilakukan tapi banyak orang malas untuk melakukannya ialah membuat daftar tugas sehari-hari. Mungkin kamu sudah mencatat jelas semua pekerjaan yang akan kamu lakukan dalam memori otakmu. Tapi, cara itu tidaklah efektif.

Mulai sekarang buatlah daftar tugas harian, mingguan, atau bulanan. Mencatat tugas harian dalam notes ini penting agar pekerjaan jadi lebih efisien dan tidak ada yang terlupakan.

Setelah menuliskan semua daftar pekerjaan dalam notes, beri peringkat pada masing-masing tugas tersebut seperti “MENDESAK”, “PENTING”, “TIDAK TERLALU PENTING”, dan sebagainya

Richard Branson, pendiri The Virgin Group mengatakan, “Saya selalu membawa notebook. Ketika kamu punya ide dan tidak langsung menuliskannya di malam hari, besok pagi semua ide itu akan hilang”. Ia menyadari bahwa penting untuk membawa catatan dalam bentuk apapun, karena sangat berguna untuk mencatat sebuah ide yang tiba-tiba datang.

EVALUASI LAGI SETIAP DAFTAR TUGAS YANG TELAH DIBUAT, MUNGKIN ADA TUGAS YANG BISA KAMU BUAT JADI LEBIH RINGKAS

Kamu telah membuat catatan pekerjaan selama satu pekan. Tapi coba lihat lagi catatan tersebut apakah sudah lengkap semua atau belum? Evaluasi semua kegiatan di dalamnya, apakah masih ada yang bisa diringkas atau tidak?

Misalnya, ada dua pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam satu jam, maka itu akan membantumu dalam menghemat waktu dan membuat pekerjaan cepat beres. Jika kamu bisa beres lebih cepat, kamu juga bisa merasakan istirahat lebih cepat.

DISIPLIN MUDAH DALAM TEORI TAPI SULIT DILAKUKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Salah satu hal yang sulit dilakukan oleh orang-orang yang merasa waktunya berjalan dengan sangat cepat ialah disiplin. Disiplin mudah dalam teori tapi sulit dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Musuh terbesar disiplin adalah rasa malas. Orang yang sulit mendisiplinkan diri sendiri biasanya akan membuang waktu secara percuma. Pada akhirnya kerjaannya menumpuk dan tidak selesai pada waktunya.

TETAP FOKUS DAN TIDAK TERGODA UNTUK MELAKUKAN HAL LAIN SAAT MENGERJAKAN TUGAS

Saat bekerja, tiba-tiba kamu teringat belum menjemur pakaian, atau gadget yang ketinggalan di rumah, dan banyak pikiran-pikiran lainnya yang berseliweran di kepalamu. Pikiran-pikiran itu membuatmu ingin segera melakukan pekerjaan lain, padahal saat ini kamu tengah mengerjakan tugas yang sangat penting. Itu artinya kamu tidak fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Sebisa mungkin fokuslah untuk menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu, jangan memikirkan pekerjaan lain yang diluar prioritas. Kamu hanya akan keteteran nantinya.

KERJAKAN LEBIH DAHULU TUGAS YANG PALING PENTING KEMUDIAN DISUSUL PEKERJAAN BERIKUTNYA

Dalam catatan, kamu sudah melabeli tiap pekerjaanmu dengan beberapa kategori. Agar pekerjaanmu bisa selesai tepat pada waktunya, upayakan untuk mengerjakan tugas-tugas penting dan mendesak terlebih dahulu. Pekerjaan yang sifatnya mepet dengan waktu deadline sebaiknya diutamakan disbanding pekerjaan penting tapi tenggat waktunya masih sangat panjang.

KERJAKAN SATU TUGAS HINGGA SELESAI BARU LANJUT KE TUGAS BERIKUTNYA

Hal yang membuat seseorang akan kehilangan banyak waktu ialah mencoba mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Belum selesai, pekerjaan yang satu, kamu lalu pindah ke pekerjaan berikutnya. Mungkin maksud kamu untuk mempersingkat waktu, tetapi ujungnya penggunaan waktu malah tidak efisien. Pada akhirnya kerjaan hanya selesai setengah-setengah dan tidak maksimal. Daripada waktunya terbuang percuma, lebih baik fokus untuk mengerjakan satu pekerjaan sampai selesai baru berpindah ke pekerjaan selanjutnya.

JAUHKAN SEGALA BENDA YANG DAPAT MENGHAMBAT PEKERJAAN, JIKA KERJAANMU TERHAMBAT WAKTU YANG TERBUANG PERCUMA AKAN SEMAKIN BANYAK

Benda-benda seperti gadget canggih biasanya yang paling banyak menyita perhatian dan fokus seseorang. Meski telah dimatikan, jika gadget tersebut masih terletak dalam jangkauan mata, kita pasti akan ‘gatal’ ingin menyalakan dan memainkannya. Daripada pekerjaanmu tidak selesai-selesai karena terganggu karena adanya smartphone, lebih baik singkirkan benda-benda ini untuk sementara waktu. Jika pekerjaanmu sudah beres barulah “berteman” lagi dengan ponsel pintarmu itu.

ISTIRAHATKAN DIRI DENGAN TIDUR ATAU PERGI BERLIBUR!

Hidup tidak melulu hanya tentang pekerjaan. Sesekali perlu pergi berlibur untuk memulihkan kembali stamina yang telah terkuras selama bekerja. Relaksasi ke tempat-tempat wisata dapat mengurangi stress. Berliburlah setiap dua minggu sekali atau satu bulan sekali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspiration

Jangan Coba Menyerah Sebelum Menanyakan Hal Ini pada Dirimu Sendiri

http://himydoc.com/index.php/healty-guide/28-brain-health/182-mengapa-anda-menjadi-lelah-sepanjang-waktu-penyakit-jantung-dan-4-penyebab-lain-menjadi-faktor-utama-kelelahan-anda

Hidup memang tak selalu berjalan seperti yang kita harapkan. Ada banyak rintangan yang kadang membuat kita merasa lelah. Rancangan indah dalam angan-angan pun sering kali sulit terwujudkan. Padahal rasanya kita telah mencurahkan segenap kemampuan, namun hasil yang didapat belum seperti yang diharapkan.

Kalau sudah begini, rasanya menyerah menjadi pilihan paling mudah yang bisa dilakukan. Kita merasa seperti tengah berada dalam kondisi yang sangat sulit, hingga rasanya tak ada lagi yang bisa dilakukan. Semua jalan terasa buntu. Begitu banyak usaha yang telah kita lakukan, tapi belum juga menemukan titik terang.

Di lain sisi memilih menyerah memang akan menawarkan banyak kelebihan. Kita pun tidak perlu lagi berusaha keras, bisa jadi menyerah akan memberimu lebih banyak kenyamanan hidup. Tapi sebelum memutuskan untuk menyerah, coba deh tanyakan hal-hal ini pada dirimu sendiri.

Ingat Tujuan Awalmu! Menyerah Berarti Kamu Tidak Akan Mendapatkan Tujuanmu! Yakin?

Menyerah berarti kita telah melepaskan sebuah tujuan begitu saja. Merelakan sesuatu yang sangat kita harapkan. Seharusnya dengan mengingat tujuan diawal, kita tak akan kehilangan fokus untuk mencapai tujuan. Ingat kembali tujuan awal. Mantapkan lagi tekadmu selagi masih ada kesempatan untuk berjuang.

Menyerah Tidak Akan Membuat Hidupmu Jadi Lebih Baik. Beneran Kamu Mau Merelakan Ambisimu?

Menyerah bukan sikap hidup yang baik. Padahal hidup adalah perjalanan yang penuh tantangan. Ke depannnya akan ada jalan lebih terjal yang harus kita lewati. Menyerah sekarang akan membuatmu terbiasa menyerah diwaktu yang akan datang. Alih-alih bisa mendapatkan keinginanmu, terbiasa menyerah hanya akan membuatmu kehilangan tujuan hidup.

Kamu Telah Berjuang Sejauh Ini. Kalau Kamu Berhenti, Usahamu Hanya Akan Jadi Sia-sia. Rela?

Banyak hal yang telah kita lakukan untuk bisa berada pada posisi ini. Tak terhitung lagi berapa banyak peluh yang telah dicucurkan. Usaha yang telah kamu lakukan selama ini, hanya menjadi percuma bila kamu memutuskan untuk berhenti sebelum sampai ke  tujuan.

Terkadang Rasa Putus Asa dan Ingin Menyerah Itu Hanyalah Muslihat. Memang Kamu Mau kalau Harus Menyerah Hanya Karena Malas?

Malas memang perasaan yang manusiawi. Namun, akan menjadi salah bila rasa malas menghambat kita untuk maju. Pacu dirimu untuk berusaha sedikit lebih keras lagi. Ada banyak cara yang belum kita coba  untuk mencapai tujuanmu. Jangan biarkan cita-citamu dikalahkan oleh rasa malas!

Istirahatlah Hingga Tenang! Kamu Tentu Tak Mau Menyerah Begitu Saja Hanya Karena Pikiran Keruh yang Menguasai?

Kita terus-menerus melakukan berbagai usaha untuk mencapai tujuanmu, namun kegagalan demi kegagalan belum juga mau beranjak. Rasa lelah sudah pasti kamu rasakan, belum lagi  pikiran yang keruh karena kegagalan yang terus kamu terima. Kalau sudah begini ada baiknya kamu beristirahat dulu. Tenangkan pikiranmu. Setelah itu kamu bisa melakukannya sekali lagi. Kalau masih tetap gagal juga, mungkin ini memang waktu yang tepat untuk menyerah.

Betul Sudah Maksimalin Perjuangan Kamu? Minta Tolong ke Orang Lain Bukan Hal yang Tabu, Kok!

Tidak ada manusia yang diciptakan sempurna. Ketika kamu merasa tak bisa mengerjakannya sendiri, kamu dapat meminta bantuan pada orang lain. Tak perlu merasa segan, meminta bantuan kepada orang lain bukan suatu kesalahan kok. Justru kamu akan merasa menyesal bila telah memutuskan menyerah sebelum berupaya sebaik mungkin.

Bagaimana bila Kamu Hanya Butuh Berjuang Sedikit Lagi? Setelah Itu Kamu Akan Sampai pada Tujuanmu

Manusia tak pernah tahu apa yang terjadi di waktu yang akan datang. Meski kini apa yang kamu hadapi terasa berat, bukan tidak mungkin tujuanmu sebentar lagi kamu kamu dapatkan. Bayangkan kamu telah menggali begitu dalam untuk mendapatkan air. Kamu merasa lelah dan ingin menyerah karena setelah menggali begitu dalam kamu juga belum menemukan air. Padahal sebenarnya bila kamu mau menggali 1 meter lagi, kamu bisa menemukan air. Ah, seandainya kamu mau berusaha sedikit lagi.

Apakah Kamu Telah Sepenuh Hati Membiarkan Tuhan Mengontrol Hidupmu?

Pada akhirnya ketika semua usaha telah kita lakukan dengan maksimal, mengembalikan semua urusanmu pada  Tuhan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Tuhan tentu memilik rencana yang lebih indah daripada rencanamu. Ini saatnya untuk kamu berdoa pada Tuhan dan membiarkan Dia mengotrol hidupmu. Bukankah hanya Tuhan yang paling mengetahui apa yang terbaik untukmu?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Spirituality

Merasa Lelah Didera Rutininas Setiap Hari, Mungkin Kita Sedang Mengalami Salah Satu Hal Ini

Hidup yang kita jalani memang tak selalu berjalan sesuai rencana, bahkan kita sering merasa lelah untuk semua hal yang ada. Anehnya kadang kita sendiri juga tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya. Hal ini pasti menjadi ganjalan bagi kita untuk kembali menekuni rutinitas, dan yang pasti akan berdampak pada kehidupan kita.

Tiba-tiba merasa lelah untuk segala kegiatan yang biasa dilakukan memang kadang membuat kita sendiri bingung akan apa sebenarnya yang terjadi pada diri sendiri. Daripada menerka-nerka coba lihat beberapa hal ini dan bayangkan pada diri sendiri, bisa jadi ini adalah salah satu yang sedang kita rasakan untuk kelelahan yang sedang menghampiri. Tapi kita sendiri tidak menyadarinya!

Sebagai Akibat dari Pengaruh Negatif yang Datang dari Lingkungan Sekitar

Kondisi lingkungan memang memiliki peranan sangat penting terhadap tingkat produktifitas yang kita miliki, karena pengaruh negatif yang kita terima dari lingkungan dapat berdampak negatif pula untuk hidup kita. Kita akan merasa sangat mudah lelah ketika mengerjakan sesuatu yang kadang sebenarnya tidak terlalu berat untuk ukuran kita.

Untuk bisa mendapatkan pengaruh positif dari lingkungan sekitar, kita bisa memulainya dengan memberikan pengaruh positif terlebih dahulu. Dengan begitu, orang lain yang ada di lingkungan kita bisa berbalik memberikan pengaruh positif kepada kita juga.

Pekerjaan yang Tidak Sesuai Keinginan dan Passion yang Kita Miliki

Hal ini memang sering jadi alasan kenapa kita merasa lelah untuk semua rutinitas yang kita jalani, memiliki pekerjaan merupakan salah satu hal yang memang patut kita syukuri. Karena biar bagaimanapun diluar sana masih ada banyak orang yang mungkin tidak memiliki pekerjaan.

Akan tetapi meskipun sudah memiliki pekerjaan kadang ada hal yang membuat kita merasa begitu lelah sebab merasa tidak sesuai dengan kemampuan atau keinginan yang kita miliki. Mengerjakan pekerjaan yang memang tidak kita sukai akan selalu memberi hasil yang tidak baik, belajar untuk lebih menerima situasi dan mulai mencintai pekerjaan yang kita jalani mungkin akan sedikit memberikan pengaruh yang baik untuk kita bisa menikmati setiap prosesnya.

Kondisi Tubuh yang Kelelahan hingga Kerap Berujung pada Stres

Kondisi tubuh yang stres tidak hanya memicu kelelahan pada jiwa, tetapi juga pada tubuh kita. Hormon kortisol yang kita miliki membantu tubuh untuk mengelola stres, yang biasanya berada pada tingkat tertinggi saat pagi dan tingkat terendah di malam hari ketika kita hendak tidur. Dan ketika kita mengalami stres yang berlebih akan membuat hormon kortisol dalam tubuh meningkat pada malam hari yang menyebabkan kualitas tidur memburuk dan kita akan merasa lelah saat bangun di pagi hari.

Mungkin terdengar sangat sepele, tapi hal ini memengaruhi tingkat produktifitas dan semangat kita untuk menjalani rutinitas yang kita jalani. Maka jika sering mengalami stres jangan heran jika tubuh pun bisa saja tidak bergairah atau meras lelah.

Kurang Minum Air Putih dan Sering Mengonsumsi Junk Food

Tidak terpenuhinya asupan air putih dalam tubuh kita yang sering disebut dehidrasi juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa tubuh kita mendadak mengalami rasa lelah yang berlebihan. Karena hal ini dapat menimbulkan perubahan mood dan menurunkan kadar energi didalam tubuh kita yang mengakibatkan tubuh lelah dan malas untuk berbuat apa-apa.

Maka ketika kita mulai merasa jika tubuh kita mengalami penurunan kadar energi cobalah untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk memehuni kebutuhan tubuh akan air putih. Disamping itu kebiasaan kita yang terlalu sering mengonsumsi junk food dapat memperlambat metabolisme tubuh, karena terbuat dari kadar gula tinggi yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang salah satunya sering merasa lelah tanpa sebab yang jelas.

Waktu Tidur yang Berantakan dan Jarang Olahraga

Untuk alasan yang terakhir ini adalah penyebab mengapa tubuh kita merasakan lelah, kurang beristirahat dapat membuat tubuh kita tidak sehat dan lemah. Dan demi menghindarinya kita harus bisa mengatur waktu dengan sabik-baiknya untuk dapat tidur minimal 7-8 jam sehari.

Karena jika hal tersebut tidak terpenuhi kita bisa saja diserang oleh rasa kantuk yang berkepanjangan selama melakukan aktifitas sehari-hari. Dan selalu menyempatkan diri untuk rajin berolahraga saat baru bangun tidur di pagi hari untuk meregangkan otot-otot yang tegang setelah semalaman  tertidur.

Tidak harus melakukan olahraga dengan beban berat, bisa dimulai dengan lari santai atau jogging saja. Setidaknya ini membantu peredaran menjadi lancar yang pasti akan membantu kita untuk mengembalikan energi tubuh yang sebelumnya sudah hilang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Inspiration

Untukmu yang Sulit Berpikir Positif, Cobalah Melakukan Hal-hal Sederhana ini!

http://trivia.id/post/jadi-bahagia-setiap-saat-yuk-latih-diri-selalu-berpikir-positif

Berpikir positif nyatanya tak hanya mambawa kebaikan untuk mood dan pikiran, tetapi juga bagi kesehatan. Membisakan diri berpikir positif memang akan memberikan dampak baik terhadap kesehatan fisik dan mental. Bila melihat manfaatnya yang begitu besar, tidaklah mengherankan jika kita pun ingin membiasakan diri untuk berpikir positf.

Pada kenyatannya, berpikir positif tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada saja pengaruh dan godaan yang membuyarkan pikiran baik. Kalau sudah begini alih-alih memiliki pikiran yang positif, rasa khawatir dan cemas yang berlebihan malah akan semakin dalam meracuni pikiran. Tentu saja kondisi seperti itu tidak bisa terus-menerus dibiarkan. 11 tips dibawah ini akan membantu kamu untuk memiliki dan terus mempertahankan pikiran positif.

Ingat Selalu pada Tuhan Akan Membawa Ketenangan untuk Hidupmu

Mengingat Tuhan bisa membantu menguatkan mental yang lemah. Berusahalah untuk memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan. Kamu bisa mendekat pada Tuhan dengan melakukan kewajiban dan menjauhi larangan-Nya. Mengingat Tuhan akan membuat kamu menjalani kehidupan dengan lebih positif. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup, akan kamu maknai sebagai hal terbaik yang memang telah digariskan Tuhan untukmu. Kalau sudah begini kamu pun akan lebih bisa menikmati setiap fase hidup sebagai tantangan yang harus dinikmati dengan pikiran positif.

Dekat dengan Orang-orang yang Positif Dapat Mengubah Pola Pikirmu Menjadi Positif Pula

Bergaul dengan orang-orang positif akan memberikan pengaruh baik pada pola pikirmu. Memang efeknya tak bisa dirasakan secara instan. Namun berteman dengan orang-orang yang memiliki pola pikir positif, lambat laun akan mengubahmu menjadi orang dengan pikiran baik. Kamu hanya perlu membuka diri. Bukankah kebaikan itu memang layak untuk diakrabi?

Tersenyum Dapat Memberikan Energi Positif untuk Kamu dan Orang-orang di Sekitarmu

Tersenyum rasanya tak akan membuat kamu rugi. Bahkan tersenyum bisa memberikan energi postif pada dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Tersenyum juga akan membuat kamu disukai banyak orang. Ketika kamu tersenyum pada orang lain, mereka pun juga akan membalas senyumanmu. Dari pola inilah akan terbentuk cara pandang positif kamu pada orang lain.

Berani Bertanggung Jawab Terhadap Tindakan yang Kamu Lakukan Akan Membentukmu Menjadi Pribadi yang Berpikiran Positif

Untuk memiliki pikiran positif, belajarlah untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Selalu lari dari tanggung jawabmu tak akan mengubah hidupmu jadi lebih baik. Jangan segan untuk mempertanggungjawabkan kesalahan yang memang kamu lakukan. Melimpahkan kesalahan pada orang lain sama sekali bukan tindakan yang baik.

Berhenti menempatkan dirimu sebagai korban yang harus dikasihani. Bila pola pikir kamu seperti itu, akan sulit untuk memiliki cara pandang positif. Bangkit dan hadapi hidup dengan berani. Bertanggung jawab terhadap kesalahan yang kamu lakukan akan membuatmu belajar dari masa lalu. Kamu pun akan dipaksa untuk berpikir positif dan tidak mengulang kesalahan yang sama di masa depan.

Jangan Segan untuk Berbuat Baik! Berbagi Tidak Akan Membuatmu Rugi

Berbuat baik pada orang lain akan membantumu mendapatkan pikiran positif. Menjadi sukarelawan di komunitas sosial akan memberi kamu kesempatan untuk mengubah pola pikir. Bukan hanya sibuk menghitung apa yang belum kamu punya, menjadi sukarelawan akan memberimu pengalaman berinteraksi langsung dengan orang-orang yang membutuhkan uluran tangan. Kalau sudah begini pandanganmu terhadap hidup pun akan berubah. Kamu pun bisa terbantu untuk berpikir positif.

Dengan Membaca Hal yang Baik Itu Artinya Kamu Sedang Menebar Kebaikan pada Pikiranmu

Awalilah hari dengan membaca hal yang dapat menguatkan pikiran positif. Kamu dapat membaca kitab suci, buku pengembangan diri, atau kisah-kisah inspiratif yang membuatmu kian optimis menghadapi hari. Lakukan hal ini saat mengawali hari dan menjelang tidur. Jadikan ini sebagai rutinitas dalam hidup kamu.

Hilangkan Pikiran Negatif dan Gantilah Dengan Hal Positif

Belajar mengenali pikiran negatif dalam diri kamu akan lebih membantumu memiliki pola pikir positif. Belajarlah untuk mengganti pikiran yang kelewat negatif dengan pikiran positif. Kamu tidak akan bisa berpikir positif, bila masih dikuasi oleh pikiran negatif. Kelewat menghakimi diri sendiri juga tidak bagus untuk kesehatan mentalmu. Seringkali kata-kata yang memiliki muatan “tidak pernah” dan “selalu” adalah sinyal bahwa hal itu tidak benar. Buatlah pikiranmu lebih realistis agar tidak selalu dihantui dengan hal negatif.

Tetapkan Tujuan Agar Kamu Menjalani Hidup Dengan Antusias

Tentukan tujuan hidupmu. Jadilan bos untuk dirimu sendiri. Dengan menetapkan tujuan hidup kamu pun akan jadi kian terarah. Memiliki mimpi akan membuatmu menjadi pribadi yang tak mudah menyerah saat menemui kendala. Dengan begini kamu pun bisa menjalani hidup dengan semangat dan antusias. Kamu pun bisa menjadi orang yang berkembang.

Tanamkan pada Dirimu Sendiri Bahwa Berpikir Negatif Tidak Ada Manfaatnya. Bahkan Bukan Tak Mungkin Bisa Menjadi Kenyataan!

Berpikir negatif tak hanya membuatmu mudah cemas, seringkali pikiran yang negatif akan berefek buruk juga. Begitu besarnya efek pikiran yang bisa berimbas pada kehidupan nyata. Luangkan waktu untuk membuat daftar yang berisi akibat-akibat berpikir negatif. Mungkin diwaktu-waktu sebelumnya kamu juga pernah menerima akibat yang kurang menyenangkan dari efek berpikir negatif. Daftar tersebut akan mengingatkanmu untuk tak lagi berpikir negatif. Bukankah segala sesuatu yang dihadapi dengan pikiran positif itu akan lebih terasa menyenangkan?

Jangan Segan Untuk Memberikan Pujian pada Orang Lain!

Memuji orang lain akan membantumu berpikir positif. Lakukan dengan tulus dan apa adanya. Tidak saja membuat kamu terlihat baik di mata orang lain, tidakkah segala hal yang dilakukan dengan tulus itu selalu membawa kebahagiaan? Memberi pujian juga akan membiasakan diri kamu untuk melihat hal positif dari orang lain. Ini membuat pikiran kamu terus positif dalam menilai seseorang.

Setiap Hari Buatlah Daftar Hal-hal yang Harus Disyukuri, Dengan Begini Kamu Akan Lebih Mensyukuri Hidupmu

Mulai saat ini biasakan diri untuk menulis daftar hal-hal yang patut disyukuri setiap harinya. Dengan melihat daftar tersebut akan membantu kamu untuk mulai berpikir positif. Kamu akan menyadari bahwa begitu banyak hal-hal membahagiakan yang ada dalam hidupmu. Tentu saja hal ini akan membantumu fokus pada apa yang telah kamu miliki. Kalau sudah begini, rasanya tak sulit lagi untuk bisa berpikir positif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top